window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia

Ilham · 10 Okt, 2022 17:00

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 01

  • Bus listrik masih didominasi merek Cina.
  • Ada juga INKA sebagai jagoan lokal.
  • Masih fokus untuk bus dalam kota.

Era kendaraan listrik memang sudah di depan mata. Bukan hanya motor atau mobil penumpang, bus listrik pun sudah marak digunakan di Indonesia.

Misalnya, beberapa unit sudah hadir sebagai armada bus Transjakarta. Selain itu di daerah seperti Bali pun, bus listrik digunakan sebagai sarana transportasi massal di sana.

Menariknya, masih banyak potensi yang bisa digarap oleh bus listrik. Mulai dari sarana pengumpan penumpang antar moda transportasi, hingga sebagai armada bus dalam kota. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal ini yang membuat beberapa produsen bus listrik memamerkan unit mereka di ajang Busworld Southeast Asia 2022 pekan lalu di JIExpo Kemayoran.

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 01

Medium bus Golden Dragon

Ada beberapa merek bus asal Cina dan lokal yang hadir di event tersebut. Dan berikut detailnya:

Baca Juga: PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP

Golden Dragon

Buat para Bismania jenama bus asal Cina, Golden Dragon mungkin tak asing. Maklum beberapa waktu lalu, Golden Dragon sempat jadi idola perusahaan otobus (PO) baik pariwisata maupun AKAP. Ini karena harga yang terjangkau, penggunaan suspensi udara dan tenaga besar.

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 02

Dan kali ini Golden Dragon kembali lagi ke Indonesia membawa bus listrik. Ada dua tipe bus listrik yang diboyong. Diantaranya tipe big bus 12 meter dengan lantai rendah (lower deck). Serta compact bus medium 6 meter.

Zhong Tong

Masih dari pabrikan bus asal Tiongkok, kali ini ada Zhong Tong yang memamerkan bus listrik mereka. Ada dua unit yang dipajang di Busworld Southeast Asia 2022.

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 03

Keduanya adalah bus listrik jenis lower deck 12 meter yang selain cocok untuk kebutuhan dalam kota, tapi juga bisa dipakai sebagai bus apron di bandara. Lalu ada juga bus medium berukuran 6 meter. 

Sayangnya, tak ada bus gandeng atau articulated dari Zhong Tong seperti yang saat ini menjadi andalan di armada Transjakarta. Padahal, potensinya cukup besar.

Baca Juga: PO Efisiensi dan PO Subur Jaya Terima Bus Baru Hino R260 Berbodi Jetbus 3+ MHD di Busworld 2022

BYD

Untuk merek BYD, saat ini beberapa unitnya memang sudah hadir sebagai andalan Transjakarta. Namun di Busworld Southeast Asia 2022 mereka menghadirkan model baru berupa big bus berlantai tinggi. 

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 04

Bus yang bodinya memakai tipe Cityline-3 garapan karoseri asal Ungaran, Laksana. Rencananya bus tersebut bakal jadi salah satu armada dalam koridor Transjakarta.

INKA

Produsen lokal pun tak kalah dalam menghadirkan bus listrik mereka. Kali ini hadir dari INKA. Yup, perusahaan pembuat kereta api asal Madiun itu menyiapkan sosok anyar dari bus listrik berjuluk E-Inobus.

Galeri Foto: Beragam Bus Listrik Baru yang Siap Beroperasi di Indonesia 05

Bus dari INKA

Jika versi sebelumnya yang dipakai di Bali bertipe medium bus, maka kali ini tipenya big bus dengan lantai rendah. Bodinya sendiri menggunakan karoseri lokal, Tentrem asal Malang.

Baca juga: Busworld Southeast Asia 2022 Dihelat di JIExpo Kemayoran, Jadi Ajang Pamer Bus Listrik Masa Depan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia