window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter

Yongki Sanjaya · 9 Jun, 2021 16:30

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter 01

Knalpot mobil walaupun terkesan sederhana sebagai pembuangan gas emisi ternyata punya nilai yang 'mahal'. Sebab bagian catalytic converter di knalpot mengandung beberapa logam dengan harga pasaran yang tinggi. Dalam catalytic converter terdapat kandungan platinum, paladium dan rhodium yang bekerja secara kimia mengubah tingkat emisi supaya tidak berbahaya.

Lantaran adanya standar emisi yang lebih ketat, membuat ketiga logam tadi harganya melebihi logam mulia seperti emas. Hal tersebut mendorong pencurian catalytic converter yang meningkat beberapa lipat di beberapa negara.

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai informasi, di India serbuk logam platina, paladium dan rhodium itu bisa dijual dengan kisaran Rp 1,1 jutaan per 10 gram karena permintaan keperluan industri yang tinggi.

Harga Logam Dalam Katalis Knalpot Mobil Cukup Mahal

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter 01

Kasus pencurian knalpot sejauh ini belum terjadi di Indonesia. Namun transaksi knalpot bekas terutama bagian katalis mulai meningkat dan semakin marak di sosial media Facebook. 

Mulai banyak postingan para pengepul yang hanya fokus mencari bagian katalis knalpot bekas. Harganya pun lumayan mahal, hingga jutaan rupiah untuk knalpot dengan katalis ini. 

Sebagai perbandingan menurut Oklahoma APMEX, harga emas di Amerika Serikat berkisar Rp957 ribu per gram. Sedangkan untuk Palladium yang ada dalam katalis knalpot mencapai Rp1,1 juta per gram, Rhodium di kisaran Rp2,9 juta per gram, sementara harga Platinum di kisaran Rp503 ribu per gram. 

Karena logam ini jumlahnya terbatas dan akan habis bila terus menerus ditambang, maka solusinya ialah daur ulang material yang sudah ada. Itulah alasan harganya terus merangkak naik, karena kebutuhan pabrikan kendaraan yang sangat tinggi. Pabrikan membutuhkannya untuk menekan emisi gas buang mobil supaya semakin bersih. 

Lantas, apakah bahaya bila mobil kita tidak memiliki catalytic converter atau kita dengan sengaja melepas bagian tersebut? 

Bahaya Mobil Tanpa Catalytic Converter, Tidak Lolos Uji Emisi

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter 02

Penjelasannya kira-kira begini, komponen platinum, paladium dan rhodium di dalam katalis berfungsi mengubah emisi beracun melalui proses kimia pada katalis yang panas. Bagian katalis bisa mengalami korosi sebagai dampak radiasi panas yang terus menerus, dan bisa diredam karena memiliki logam platinum.

Bagi pemilik mobil, hilangnya peranti itu tentu akan menjadi persoalan, karena membuat mobil tak memenuhi ambang batas standar emisi. Sebab catalytic converter bertugas menyaring gas racun seperti hidro carbon (HC), karbon monoksida (CO), dan nitrogen oksida (NOx). 

Fungsi utama catalytic converter, yakni digunakan menyaring gas buang dari mobil, dan jika dilepas dapat menambah polusi. Biasanya, katalis ini seringkali dilepas dengan alasan supaya tarikan mobil jadi plong dan enteng. Katalis ini seolah menghambat jalannya gas buang sehingga tarikannya seperti tertahan. 

Tidak cuma membuat emisi gas buang jadi makin beracun, melepas katalis juga membuat konsumsi bahan bakar jadi boros. Bisa karena efek tarikan yang makin loss bikin pengemudi jadi injak gas makin dalam. 

Bila melihat secara sistem pembakaran, sensor di knalpot akan mendeteksi campuran udara kebanyakan, karena efek saluran pembuangan yang loss. ECU lantas akan mengurangi udara dan memperbanyak bensin. 

Harga Mahal dan Jadi Target Pencurian, Nih Ruginya Knalpot Mobil Tanpa Catalytic Converter 03

Komponen katalis biasanya terdapat sensor oksigen (O2) dalam memonitor AFR (Air Fuel Ratio) berada di titik optimal. Dengan demikian, mesin dapat bekerja dengan prima dan menghasilkan emisi gas buang yang rendah.

Menurut beberapa pakar, hanya melepas katalis ini sebenarnya tak berdampak signifikan terhadap peningkatan performa. Istilahnya, mobil larinya nggak seberapa tapi bahan bakar borosnya makin terasa. 

Nah, sudah paham kan mengapa catalytic converter alias katalis ini penting? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil