window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hati-hati, Parkir Kelamaan Saat Ngecas Mobil Listrik Bisa Kena Denda

Herdi · 28 Mei, 2023 08:01

Hati-hati, Parkir Kelamaan Saat Ngecas Mobil Listrik Bisa Kena Denda 01

Perkembangan populasi mobil listrik ternyata dapat menimbulkan masalah baru, yaitu adanya konflik antara para pemilik mobil.

Bukan karena ditabrak atau saling membunyikan klakson, konflik para pemilik mobil listrik dikarenakan mereka yang sudah mengisi daya baterai di charging station, ogah berpindah tempat.

Alhasil, tak sedikit mobil listrik yang ingin melakukan pengisian daya harus antri panjang dan memakan waktu cukup lama. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Subsidi Mobil Listrik Dikritik Anies Baswedan, Gaikindo Malah Komentar Ini

Mobil listrik sedang mengisi daya di parkiran

Mobil listrik sedang mengisi daya

Sedangkan sang pemilik tidak tahu dimana rupanya, karena meski daya baterai sudah penuh, mobil tidak beranjak dari tempat pengisian daya. 

Diperkirakan, pemilik sengaja meninggalkan mobil di charging station, agar dia tidak kesulitan untuk mencari lokasi parkir lagi.

Sengaja parkir di lokasi station charging dipastikan sangat mengganggu dan sangat mengesalkan, karena sama seperti sebuah mobil bensin sengaja parkir dalam waktu lama di dekat mesin dispenser di SPBU. 

Baca juga: Dapat Subsidi Tapi Mobil Listrik Masih Sepi Peminat, Ini Kata Gaikindo

Parkir di Charging Station Didenda

Mobil listrik Tesla sedang mengisi daya bataerai

Mobil listrik Tesla sedang mengisi daya baterai

Mobil listrik yang mengisi daya di tempat pengisian umum, namun melanggar waktu yang sudah disediakan, ternyata akan mendapatkan sanksi berupa denda.
 
Setidaknya denda tersebut diberikan di beberapa negara yang jumlah mobil listriknya mengalami peningkatan, termasuk di kawasan Eropa maupun Australia. 

Bahkan pada April 2023, beberapa tempat yang populasi mobil listriknya cukup tinggi di kawasan Eropa memberikan denda dengan tarif berbeda-beda.

Baca juga: Mau Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah? Segini Biayanya

Mobil listrik untuk pengisian daya listrik

Pengisian daya listrik cuma boleh untuk mobil listrik

Seperti yang dilakukan pemerintah kota Aberdeen, Skotlandia, pemilik mobil akan dikenai denda hingga 30 Poundsterling atau sekitar Rp555 ribu setelah lebih dari 1 jam pengisian selesai. Hal ini sengaja dilakukan pemerintah kota untuk menegur penggunanya. 

Sedangkan beberapa perusahaan penyedia daya listrik memberikan denda dengan jumlah berbeda-beda, seperti ESB Energy dendanya sekitar 8 Pound sterling (Rp148 ribu) per jam, kemudian Geniepoint 10 pound sterling (Rp185 ribu) setelah satu setengah jam, dan tambahan 10 pound sterling setiap 90 menit sesudahnya. 

Sementara itu, Tesla Supercharger juga memberikan biaya tambahan bagi mereka yang sudah tidak lagi mengisi daya namun parkir di lokasi pengisian berupa 50 pence (Rp9222) per menit sampai 1 pound sterling (Rp18.500) per menit.

Mobil listrik Wuling Air ev

Mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU PLN

Namun lain halnya jika baterai mobil sudah terisi 100 persen, dan dalam waktu lima menit mobil dipindahkan, maka biaya tambahan tersebut bisa dihapuskan. 

Menurut Tesla, biaya tambahan tersebut bukan dirancang agar Tesla mendapatkan keuntungan, melainkan saling berbagi kebahagian dengan sesama pengisi daya.

Ehm, kalau di Indonesia sendiri mobil listrik dan stasiun pengisian dayanya belum sebanyak seperti di Eropa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia