window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS!

Ilham · 21 Jan, 2022 18:17

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS! 01

Truk hybrid Hino di Rally Dakar 2022
  • Hino juga ikut Rally Dakar 2022
  • Hino satu-satunya produsen Jepang yang pakai truk hybrid
  • Truk hybrid Hino ini tenaganya lebih dari 1.000 PS

Pada event balap terganas dunia, Rally Dakar 2022, pabrikan truk asal Jepang, Hino bikin kejutan. Pasalnya mereka adalah kontestan satu-satunya asal Jepang di kategori truk yang memboyong sistem penggerak hybrid.

Hasilnya, tim Hino Sugawara yang diawaki oleh pembalap Teruhito Sugawara, dengan navigator Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki, naik panggung dengan truk Dakar Rally Seri Hino 600 sebagai peserta yang finish di posisi ke-22.

Hasil tersebut terbilang cukup menggembirakan. Karena, dengan berhasil finishnya Hino pada Rally Dakar 2022 ini menandakan bahwa pabrikan berlogo H itu selalu menyelesaikan balapan sebanyak keikutsertaanya yaitu 31 kali sejak pertama kali pada tahun 1991.

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS! 02

Truk hybrid Hino yang tampilannya gagah

"Perlombaan ini terkenal sebagai reli paling melelahkan di dunia dan dalam beberapa tahun hanya 20,5% dari peserta yang berhasil mencapai garis finish. Sementara tim Hino telah menyelesaikan reli secara berurutan sejak pertama kali ambil bagian ditahun 1991," urai Teruhito Sugawara, selaku pimpinan tim.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS! 01

Hino sukses finish di balapan terganas dunia

Tentu ada rahasia dari kesuksesan truk Hino Seri 600 di ajang kali ini. Apalagi ini merupakan pertama kalinya Hino Motors mengikut reli terganas di dunia ini dengan menggunakan truk hybrid. Lalu seperti apa speknya?

Baca Juga: Biar Lolos Standar Emisi Euro 4, UD Trucks Siapkan Trik Ini

Spesifikasi Hino Seri 600 Hybrid Dakar

Secara basis, truk yang diusung oleh tim Hino Sugawara adalah Hino Seri 600 yang bertipe bonnet alias bermoncong panjang. Secara pemasaran, truk tersebut dihadirkan untuk konsumen di Amerika Serikat dan Kanada. Dimana regulasi truk bermoncong diperbolehkan.

Secara kelas, di segmen medium truck Hino Seri 600 punya saudara Hino Seri 500 atau Hino Ranger yang bertipe cab over engine (mesin kolong). Oiya, Hino Seri 600 terakhir diturunkan pada Rally Dakar 2020 dan absen di seri tahun lalu.

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS! 02

Tenaganya lebih dari 1.000 PS!

Di ajang Rally Dakar 2022 sendiri, Hino sebenarnya turun di kelas khusus, yakni series production truck di bawah 10.000 cc.

Untuk itu, sumber penggerak pada Hino Seri 600 Hybrid Dakar mengombinasikan mesin 9.000 cc bertipe A09C-TI yang bertipe 6-silinder segaris turbo intercooler dengan tenaga 800 PS per 2.800 rpm. Dikombinasikan dengan motor listriknya, maka total output yang dihasilkan mencapai lebih dari 1.000 PS!

“Kendaraan yang dilengkapi dengan sistem hybrid ini dikembangkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun dan merupakan proyek yang didukung oleh banyak orang. Saya percaya bahwa hasil ini akan mengarah ke masa depan,” papar Teruhito Sugawara.

Baca Juga: Tahun Depan Indonesia Mulai Uji Coba Penggunaan Bus Listrik Mercedes-Benz

Ikuti Trend Kendaraan Balap Ramah Lingkungan

Ajang balap dunia makin dekat dengan teknologi ramah lingkungan. Sebut saja balapan kendaraan listrik sekelas Formula E dan MotoE. Di mana Formula E mengadu mobil-mobil formula (open wheeler) dengan penggerak listrik. Dan MotoE, seperti namanya adalah balapan motor listrik.

Hino Jadi Satu-Satunya yang Pakai Truk Hybrid di Rally Dakar 2022, Tenaganya Bisa Sampai 1.000 PS! 03

Toyota Yaris di WRC 2022 juga pakai mesin hybrid

Kemudian jawara balap ketahanan Le Mans 24 Hours yang direbut oleh Toyota TS050 Hybrid yang punya kombinasi penggerak mesin bensin dan motor listrik. Serta regulasi baru balap reli WRC 2022 yang mengharuskan penggunaan penggerak hybrid.

Baca juga : Toyota Kenalkan GR Yaris Peminum Hidrogen, Cocok Buat Petrolhead di Era Ramah Lingkungan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil