window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Indonesia Sudah Siap Jadi Pemasok Baterai EV di Dunia, Harga Mobil Listrik Bisa Lebih Murah?

Prasetyo · 25 Jun, 2021 11:00

Baterai Mobil Listrik

Tren kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di seluruh dunia, tentunya akan membuat kebutuhan baterai mobil listrik juga jadi meningkat. Dan ternyata Indonesia wajib berbangga. Sebab negara ini sudah siap untuk menjadi pemasok baterai EV demi kebutuhan di seluruh dunia.

Demikian ditegaskan Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI). "Indonesia menargetkan untuk mengembangkan industri komponen terutama berupa baterai EV, motor listrik dan inverternya," kata Menteri melalui keterangan tertulisnya.

Menurut dia, ini karena diprediksi permintaan akan kendaraan listrik akan terus meningkat hingga 2050. Karenanya, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan mengenai pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baterai Mobil Listrik

Indonesia punya bahan baku baterai lithium yang berlimpah

Kebijakan ini pun sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Peridustria Nomor 27 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Roadmap, dan Perhitungan Kandungan Lokal dari kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga : Mobil Listrik Kurang Ideal dengan Kondisi Iklim Panas Indonesia, Hoax Atau Fakta?

Indonesia Siap Jadi Penyedia Baterai Mobil Listrik

Masih lanjut Taufiek, Indonesia memiliki keunggulan sebagai penyedia baterai EV karena negara ini menyimpan kandungan material yang berlimpah sebagai bahan baku yang dipakai untuk baterai jenis lithium ion.

Saat ini kata dia, Indonesia punya lima perusahaan penyedia bahan baku baterai mobil listrik. Antara lain untuk pengolahan nikel murni, nikel ferro, kobalt murni, dan hidroksida campuran. Sementara ada empat perusahaan lain akan berperan sebagai manufaktur dan perakitan untuk baterai listrik.

Baterai Mobil Listrik

Ada rantai manufaktur hingga daur ulang baterai

"Dengan demikian Indonesia mampu mendukung rantai pasokan baterai EV mulai dari penyedia bahan baku, kilang, manufaktur baterai sel, sampai perakitan baterai," tegasnya.

Baca juga : Indonesia Hanya Akan Jualan Mobil Listrik di 2050, Populasi Mobil Mesin Konvensional Siap Dihentikan

Harus Ada Solusi Daur Ulang Baterai Listrik

Selain penyedia bahan baku dan perakitan baterai, Taufiek juga menekankan faktor lain yang penting dari proses penyediaan rantai baterai lithium adalah proses daur ulang baterai tersebut. Limbah baterai haruslah dapat diolah dengan cara komprehensif agar proses pemurnian dapat dilakukan.

Baterai Mobil Listrik

Limbah baterai harus bisa jadi barang-barang bermanfaat

"Limbah baterai bisa didaur ulang untuk dihasilkan beberapa jenis produk yang bernilai tinggi," katanya. Dan di Indonesia menurut dia punya perusahaan yang sudah siap menangani proses daur ulang baterai.

Selain itu, ia juga menekankan meski Indonesia punya ketersediaan bahan baku baterai yang berlimpah, tetapi diharapkan ada inovasi untuk bisa membuat baterai EV dari bahan lain. Sehingga diharapkan harga baterai juga semakin murah yang membuat kendaraan listrik juga harganya jadi main terjangkau.

Baca juga : Songsong Era Mobil Listrik di Indonesia, Mercedes-Benz Tak Ingin Gegabah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil