window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Alasan Bos Besar Toyota Akio Toyoda Lengser, Penggantinya Tak Kalah Hebat

Herdi · 27 Jan, 2023 10:30

Ini Alasan Bos Besar Toyota Akio Toyoda Lengser, Penggantinya Tak Kalah Hebat 01

Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan bahwa Akio Toyoda akan mengundurkan diri sebagai Presiden sekaligus Chief Executive Officer (CEO) dan digantikan Koji Sato. Pergantian struktur organisasi di level atas ini akan mulai berlaku pada 1-April 2023.

Meski Toyoda sudah berusia 66 tahun, namun bukan berarti dia akan langsung pensiun dan leha-leha sambil menikmati hari tua. Sebaliknya dia masih menjabat sebagai Representative Director menggantikan Takeshi Uchiyamada sekaligus menjabat sebagai Chairman. 

Baca juga: Toyota Buatan Sunter dan Karawang Makin Laris di Luar Negeri, Fortuner Tertinggi Peminatnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Akio Toyoda akan mengundurkan diri sebagai Presiden sekaligus Chief Executive Officer (CEO)

Akio Toyoda Adalah Presiden dan Kepala eksekutif Toyota Motor Corp yang sudah menjabat selama hampir 14 tahun

Menurut Toyoda, alasan pengunduran dirinya sengaja dilakukan agar melanjutkan kepada generasi yang lebih muda. "Kami percaya bahwa cara terbaik untuk memajukan transformasi Toyota lebih lanjut adalah dengan mendukung presiden baru sebagai ketua," kata Toyoda dilansir Japantimes.

Toyoda menyadari bahwa dirinya 'from the old school' atau orang lama, namun begitu industri otomotif saat ini dianggap sudah mengalami perubahan besar, seperti masuk elektrifikasi, mobil tanpa sopir, hingga connected vehicles atau kendaraan terhubung.

Baca juga: Intip Penjualan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Menjelang Peluncuran Generasi Barunya

Akio adalah anggota pertama keluarga Toyoda yang memimpin sejak 1995.

Akio Toyoda yang kini beruia 66 tahun adalah cucu pendiri Toyota

"Saya sendiri adalah pembuat mobil yang tidak peduli seberapa jauh saya melangkah. Ada perubahan yang bisa saya lakukan karena saya pembuat mobil, tapi saya tidak bisa lebih dari menjadi pembuat mobil. Saya pikir itu adalah keterbatasan saya,” kata Toyoda.

Maka dari itu, Toyoda meyakini dengan adanya tim baru, maka hal tersebut dapat membuat Toyota beradaptasinya menjadi perusahaan mobilitas dan membuat gebrakan baru yang tidak bisa dilakukan di masa kepemimpinannya. 

Baca juga: Tahun Depan Toyota Siapkan Mobil Elektrifikasi Lebih Banyak, Listrik atau Hybrid?

Koji Sato dan Akio Toyoda

Koji Sato dan Akio Toyoda keduanya kerap melakukan tes drive mobil-mobil Toyota dan Lexus

Selama Toyoda menjabat, dirinya kerap mendapat kecamanan dari investor maupun kelompok pecinta lingkungan karena Toyota dianggap enggan untuk merangkul kendaraan listrik lebih cepat.

Kendati demikian, Akio sendiri kerap disebut kapten Jepang yang memimpin dunia otomotif Japan Avengers. Dia telah berjuang untuk meyakinkan pembuat kebijakan di seluruh dunia untuk mengadopsi strategi multi-pathway untuk mencapai netralitas karbon.

Siapa Koji Sato pengganti Akio Toyoda

Koji Sato

Koji Sato saat ini masih menjabat Operating Officer dan Chief Branding Officer, serta Presiden dari Lexus International dan Gazoo Racing Company.

Menggantikan cucu pendiri Toyota menjadi SEO sudah pasti bukan orang sembarangan. Maka dari itu dipilihlah Koji Sato. Toyoda sendiri meyakini, dengan diangkatnya Koji Sato sebagai CEO, maka itu pilihan tepat mengingat pria berusia 53 tahun tersebut memiliki filosofi dan mewarisi pengetahuan tinggi soal Toyota.

Ya, Sato memang bukanlah orang baru, karena sebelum ditunjuk sebagai bos Toyota, beliau merupakan Operating Officer dan Chief Branding Officer. Dia juga Presiden dari Lexus International dan Gazoo Racing Company.

Akio Toyoda dan Koji Sato

Akio Toyoda dan Koji Sato

Maka dari itu, Sato adalah yang paling dikenal sebagai Executive Chief Engineer di belakang Lexus LC. Namun dengan jabatan baru ini, Sato akan menjalankan estape bisnis otomotif, mulai dari soal investasi mobil listrik berbasis baterai, teknologi hybrid dan tenaga hidrogen ataupun mesin konvensional.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil