Intip Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Eclipse Cross 2021 Berteknologi Hybrid

Bent Aulia · 1 Jan, 2021 22:00

Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Pamor SUV memang semakin tinggi dimana berbagai pabrikan memperkenalkan edisi crossover-nya tersendiri. Dan yang terbaru adalah Mitsubishi Eclipse Cross 2021 yang diperkenalkan Oktober lalu. Bukan hanya memperkenalkan facelift yang lebih sangar dan praktis, Mitsubishi turut menghadirkan tenaga hybrid dengan kehadiran Eclipse Cross PHEV.

Mitsubishi Eclipse Cross 2021 Facelift dan model PHEV

Mitsubishi sebelumnya mengungkapkan teaser mengenai edisi terbaru Mitsubishi Eclipse Cross 2021. Model facelift menghadirkan pembaharuan desain yang nyata, mengoreksi masalah dari gaya SUV Mitsubishi berdesain maskulin ini.

mobil baru Mitsubishi Eclipse Cross 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Pembaharuannya tak begitu radikal di depan. Yang terbaru menggunakan konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi dan pelindung bumper depan terbaru. Ubahan paling signifikan terlihat di belakang dengan jendela dan pintu belakang yang didesain ulang.

Di dalam, pembaharuan tidak ekstensif. Kecuali dengan penambahan trim yang didominasi berwarna hitam dan perak terbaru. Tata letaknya juga sedikit berubah, memposisikan sistem audio-link display audio (SDA) 8.9 inci di tengah.

interior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Sedangkan mesin 1.5T MIVEC direct-injection 4-silinder masih tetap dipertahankan pada edisi facelift ini. Sejak mesin bertenaga diesel diperkenalkan pada 2019, Mitsubishi menambah varian bertenaga hybrid pada Desember 2020.

Eclipse Cross PHEV menggunakan sistem PHEV motor 4WD ganda yang ditransformasikan dari Outlander PHEV. Arsitekturnya terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu di belakang, ditambah baterai penggerak berkapasitas besar dan mesin MIVEC 2.4L.

"Sejak kami mulai memikirkan kembali Eclipse Cross baru, kami ingin menunjukkan sikap performa jalan yang ditingkatkan dan ramah lingkungan, semuanya dengan gaya yang menonjol yang akan membawa SUV ini ke level berikutnya," kata Minoru Uehara selaku kepala spesialis produk Mitsubishi Motors Corporation.

tampilan Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Eclipse Cross 2021 akan dibawa ke Australia dan Selandia baru pada November lalu. Sedangkan pasar Amerika akan mendapatkan ubahan baru pada SUV ini pada kuartal pertama tahun depan. Namun Mitsubishi belum berencana menghadirkan versi PHEV ke Amerika.

Sayangnya belum ada konfirmasi resmi mengenai kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross 2021 ke Indonesia. Pasalnya mobil ini baru masuk ke pasar otomotif Tanah Air sejak 2019 lalu. Meski tak menutup kemungkinan versi facelift akan diperkenalkan akhir tahun 2021 mendatang.

Crossover bergaya maskulin

Mitsubishi Eclipse awalnya adalah mobil sport kompak yang diproduksi dalam rentang 1989 hingga 2011. Namun penjualan yang semakin menurun membuat pabrikan Tiga Berlian ini menyuntik mati dan tak lagi memproduksi nama ini.

Mitsubishi Eclipse 1989

Hingga akhirnya Mitsubishi menghidupkan kembali nama Eclipse dan memberikannya bodi baru. Mengambil bodi SUV kompak yang semakin populer sejak awal 2010-an, Eclipse Cross mengisi slot antara Outlander Sport dan Outlander di jajaran crossover Mitsubishi.

Mitsubishi GC-PHEV

Dirilis sejak Oktober 2017, mobil ini merupakan bagian dari model konsep XR-PHEV dan XR-PHEV II yang terungkap pada tahun 2013 dan 2015. Versi produksi pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Geneva Motor Show ke-87 pada Maret 2017.

Generasi pertama Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Eclipse Cross tersedia di Jepang, Australia, dan Amerika sejak awal 2018. Mobil ini dirilis di Jepang pada Maret 2018 dan diperkenalkan di Meksiko setahun setelahnya dengan pilihan tiga varian; GLX, GLS, dan Limited sebagai varian tertinggi.

Mitsubishi Eclipse Cross 2018

Dari berbagai sumber, model Mitsubishi Eclipse Cross 2020 yang dipasarkan saat ini baru saja berusia satu tahun. Perkenalannya dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show yang diselenggarakan pada Juli 2019. Ada tiga warna yang diberikan dari satu varian yang tersedia; Red Diamond, Silky White, dan Amethyst Black.

Bersaing dengan Honda HR-V maupun Toyota C-HR, ekseriornya menggunakan garis tegas. Membuatnya terasa maskulin layaknya model Mitsubishi lainnya. Fender berkelir hitam dan garis chrome pada jendela dipadukan dengan lampu LED Rear Combination Taillight membentuk garis, membagi jendela belakang menjadi dua bagian.

interior Mitsubishi Eclipse Cross 2018

Masuk ke dalam kabin, Mitsubishi Eclipse Cross memiliki head unit berukuran 7.0 inci serta beberapa ruang penyimpanan tersebar. Seluruh jok berlapis kulit, ditambah kemudahan mendapatkan posisi mengemudi dari kursi depan dengan pengaturan 6-arah.

Fitur yang diberikan cukup banyak, mulai dari Touchpad Controller, konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, ditambah Automatic Climate Control untuk kenyamanan penumpang. Sistem keselamatannya termasuk sistem pengereman ABS+EBD+BA, Hill Start Assist dan Active Stability & Traction Control.

touchpad Mitsubishi Eclipse Cross 2018

Sayang hanya ada satu pilihan mesin yang tersedia. Mitsubishi Eclipse Cross 2020 dibekali mesin berkapasitas 1.5T dipadukan dengan transmisi CVT dengan perpindahan gigi hingga 8-percepatan. Membuatnya menghasilkan tenaga maksimal 150 hp dan torsi 250 Nm.

mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2018

Untuk model tahun 2020 di Amerika, Eclipse Cross menerima beberapa ubahan. Model entry level ES mendapatkan velg 16 inci dengan desain baru dan konfigurasi penggerak roda depan. Model Se dan SEL juga menerima fitur anyar, seperti Forward Collision Mitigation.

Mitsubishi Eclipse Cross 2021 Perbedaan facelift dan edisi sebelumnya

Baru dua tahun dipasarkan, Mitsubishi langsung memperkenalkan edisi terbaru dari facelift serta varian dengan teknologi hybrid yang diambil dari Mitsubishi Outlander PHEV. Perubahan paling signifikan terlihat pada bagian belakang serta penambahan fitur yang tersedia.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Dari segi tampilan, Eclipse Cross mendapatkan revisi pada bagian depan dan belakang. Pengaturan lampu depan dua tingkat yang diubah menampilkan bagian atas yang lebih ramping, berfungsi sebagai lampu LED siang hari. Sementara lampu depan utama berpindah ke bawah dengan detail chrome.

Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Wajah dengan bahasa desain Dynamic Shield khas Mitsubishi masih digunakan seperti sebelumnya, tapi dengan beberapa penyesuaian seperti desain heksagonal halus untuk grille atas yang lebih sempit dan aksen honeycomb pada bagian bawahnya.

Mitsubishi Eclipse Cross 2020

Ubahan paling signifikan terlihat pada bagian belakang. Jendela belakang bergaya split tak lagi digunakan, diganti dengan model jendela standar. Sedangkan revisi lampu belakang mendapatkan model berbentuk L vertikal untuk membantu mengurangi tampilan gemuk pada buritan.

Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Untuk pasar Jepang, daftar peralatan bervariasi, tergantung pada level trim. Termasuk lampu halogen dan lampu depan LED, lampu belakang LED, serta pilihan velg 16 inci dan 18 inci yang membedakan berbagai varian yang ditawarkan di Negeri Sakura tersebut.

Eksterior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

P x L x T

4.404 mm x 1.806 mm x 1.689 mm

Wheelbase

2.670 mm

Ground Clearance

215 mm

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

P225/55 R18

Velg

18 inci

Interior Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Kursi berlapis kulit yang bisa menampung hingga lima orang di dalam kabin masih menjadi daya tarik mobil ini. Berbagai pengaturan di dalam kabin masih belum banyak berubah. Didominasi warna hitam, ada aksen silver yang bisa ditemukan pada beberapa bagian.

dashboard Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Ubahan paling terasa pada bagian dalam adalah sistem infotainment dengan tampilan antarmuka baru serta ubahan tombol volume fisik dan kenop. Touchpad yang terdapat pada konsol tengah yang terlihat janggal telah dibuang. Pengaturan sistem dilakukan melalui layar sentuh yang dibuat dekat ke pengemudi.

kursi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Ruang kaki dan ruang belakang yang diberikan masih cukup baik untuk penumpang dewasa. Pengaturan dan konfigurasi bangku terasa mendukung kepraktisan. Bangku baris kedua bahkan bisa dilipat rata lantai untuk menambah ruang bagasi.

Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Karena berupa facelift, tidak ada yang membedakan mesin yang dipakai dengan Mitsubishi Eclipse Cross 2020. Masih ada mesin 1.5T MIVEC DOHC dengan keluaran tenaga maksimal mencapai 152 hp dan torsi puncak 230 Nm yang bertenaga.

mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Model PHEV menggunakan baterai penggerak 13,8 kWh dengan jangkauan 57,3 km dari WLTC yang bisa ditempuh dengan sekali pengecasan. Disandingkan dengan sistem PHEV 4WD motor ganda dan mesin bensin berteknologi MIVEC 2.4L.

Mitsubishi memberikan tiga mode penggerak; Mode EV dengan motor listrik; Mode Hybrid Seri dengan mesin bensin untuk tenaga dan motor listrik sebagai penggerak; dan Mode Hybrid Paralel dengan mesin sebagai penggerak mobil dengan bantuan motor listrik.

kemudi Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Layaknya model berbahan bakar konvensional, Eclipse Cross menghadirkan transmisi dengan perpindahan otomatis. Semua mode berkendara disebut memungkinkan pengemudi merasakan kenyamanan berkendara di berbagai medan jalan.

Jika dibandingkan dengan dua opsi mesin, varian PHEV menawarkan konsumsi bahan bakar dengan rating WLTC 16,4 km/L. Sedangkan versi bensin mendapatkan konsumsi bahan bakar 13,4 km/L untuk penggerak roda depan dan 12,4 km/L dengan penggerak semua roda.

Perbedaan ini dikarenakan perbedaan bobot dari dua sistem penggerak. Pasalnya Eclipse Cross 1.5L 2WD memiliki bobot antara 1.450 kg dan 1.480 kg, dan 1.5L AWD antara 1.520 kg dan 1.550 kg. Sedangkan model PHEV adalah yang terberat (1.900 kg – 1.920 kg) karena tambahan baterai dan motor listrik.

Mesin Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Tipe Mesin

1.5T 4-silinder MIVEC DOHC

2.4L MIVEC dan motor 4WD + baterai 13,8 kWh

Kapasitas Mesin

1.499 cc

2.360 cc

Tenaga Maksimal

152 hp @ 5.500 rpm

168 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

250 Nm @ 2.000 – 3.500 rpm

232 Nm @ 4.100 rpm

Transmisi

8-kecepatan manual dan CVT otomatis

CVT otomatis

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

4WD motor ganda

Fitur Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Perlengkapan atau fitur yang tersedia tak begitu jauh dibandingkan model sebelum facelift. Bagian kabin mendapatkan pilihan kain, kombinasi suede dan kulit sintetis, maupun pelapis kulit asli. Ada pula pengaturan jok elektrik, delapan speaker, head up display, dan panoramic sunroof elektrik opsional.

head up display Mitsubishi Eclipse Cross

Dari segi sistem keselamatan, tujuh airbag bisa ditemukan. Bersama dengan rangkaian sistem pasif seperti Active Stability Control (ASC), kontrol traksi, Hill Start Assist, dan sistem pengereman ABS+EBD+BA.

Rangkaian teknologi e-Assist Mitsubishi menjadi fitur standar, termasuk Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Automatic High Beam, dan False Start Suppression. Beberapa varian atas mendapatkan Active Cruise Control, Blind Spot Monitor dan Rear Cross-Traffic Alert.

Blind Spot Warning

Satu fitur yang membedakan model PHEV dengan varian standar adalah kehadiran S-AWC (Super-All Wheel Control) yang memastikan tenaga penggerak yang efisien didistribusikan sesuai dengan kondisi berkendara. Mesin juga mendapatkan Active Yaw Control (AYC), vektor torsi dengan rem untuk meningkatkan handling.

Model PHEV mendapatkan tiga level trim, yaitu Eclipse Cross M dengan fitur keselamatan standar, varian G dengan fitur tambahan berupa stop kontak 100 volt dengan maksimal 1.500 watt dan Head Up Display, serta tipe High-end P dengan tampilan yang lebih elegan.

Harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Dengan produksi yang dilakukan di Jepang, tentu saja harganya tak begitu tinggi di pasar dalam negeri. Harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021 mulai dari 2.531.100 yen, atau setara dengan Rp344 jutaan untuk varian entry level 1.5L 2WD.

Mitsubishi Eclipse Cross 2021

Bagi konsumen yang menginginkan fitur yang lebih banyak, harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021 varian tertinggi mencapai 4.477.000 yen, atau Rp609 jutaan. Di Jepang, Mitsubishi menyediakan garansi selama 8 tahun atau 160.000 km dan garasi kapasitas baterai hybrid.

Sama seperti ketika mobil ini diperkenalkan tahun lalu, konsumen Tanah Air hanya bisa menikmati satu pilihan transmisi saja. Harga Mitsubishi Eclipse Cross 2020 saat ini dimulai dari Rp484 jutaan untuk varian Eclipse Cross Ultimate A/T 1.5T.

Kesimpulan

Eclipse Cross mendapatkan beberapa ubahan penting, termasuk revisi jendela belakang guna meningkatkan visibilitas berkendara. Dibuat lebih konvensional dibandingkan edisi pertama menjadikannya lebih menyenangkan untuk dibawa berkendara di jalanan. Tapi harga Mitsubishi Eclipse Cross 2021 yang bisa bertambah tinggi bisa menyulitkannya ketika harus menghadapi pesaing lama semisal Toyota C-HR maupun Honda HR-V.
 


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

Mobil Terbaru