window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Anggap Sepele, Ini Hal yang Bisa Bikin Selang Radiator Mobil Bocor

Enda · 21 Nov, 2021 08:00

Penyebab radiator bocor

Penyebab selang radiator mobil bocor

Selang radiator merupakan bagian terpenting pada mobil karena tugasnya mengalirkan air dari radiator menuju mesin dan sebaliknya sebagai pendingin utama mesin kendaraan. Dengan begitu, kalian diharuskan untuk selalu mengecek kondisi selang jangan sampai bocor. Apabila terjadi kebocoran dan tidak segera diperbaiki, maka mesin mobil tidak mendapatkan pendinginan secara maksimal yang berujung mengalami kerusakan serius.

Agar tidak mengalami kebocoran, ketahui penyebab utama selang radiator mobil menjadi bocor.

Baca juga: Pilihan Ban Offroad dari Delium, Ada Diskon Khusus Nih Selama GIIAS 2021

1. Selang yang Tertekuk dan Berkerut

Penyebab radiator bocor

Selang radiator ketekuk bisa menyebabkan bocor

Pada umumnya selang radiator mobil ada dua, yaitu selang radiator atas dan selang radiator bawah yang terbuat dari bahan karet yang elastis. Cara kerjanya, cairan pendingin dialirkan ke radiator untuk pendinginan, kemudian mengembalikannya kembali ke mesin, sehingga dapat mempertahankan suhu yang tepat dan bekerja pada efisiensi terbaik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selang yang tertekuk tentunya bisa mengurangi aliran air menuju ruang mesin sehingga mengakibatkan mesin menjadi sangat panas. Disisi lain, kerutan jangka panjang yang dibiarkan akan menjadi masalah serius.

Bagian ini akan menjadi melemah menciptakan retakan kecil yang semakin lama semakin besar. Biasanya hal seperti ini seringkali terjadi karena material selang yang kurang baik.

2. Selang atau Konektor Mengalami Kerusakan

Indikator yang cukup krusial sebagai tanda kebocoran pada selang radiator adalah tetesan yang ditemukan di sekitar klem dan konektor selang. Selang atau konektor yang rusak dapat dilihat dengan jelas. Untuk mengatasinya, kalian hanya cukup mengencangkan klem. Apabila klem yang kencang tetap memperlihatkan kebocoran, kalian bisa menambahkan sealent khusus untuk radiator pada penghubungnya dan kemudian kencangkan kembali klem menggunakan obeng atau kunci khusus.

Baca juga: Sering Bikin Kesal, Ini Penyebab Gas Mobil Jadi Lemot dan Brebet

3. Digigit Tikus

Penyebab radiator bocor

Selang radiator mobil bocor bisa disebabkan karena digigit tikus

Hewan perengat seperti tikus bisa menyebabkan kebocoran pada selang radiator. Hal ini terjadi karena tikus menggigiti area selang. Jika hal itu terjadi, kalian diwajibkan untuk sesegera mungkin mengganti selang radiator dengan yang baru.

4. Terkena Gesekan dari Bagian Mesin

Pastikan selang radiator memiliki ruang cukup luas dan tidak berdekatan dengan benda yang berputar di mesin, seperti: alternator, kompresor AC, tensioner maupun pully. Jika terkena gesekan secara terus menerus, tentunya dapat mengakibatkan selang menjadi tipis yang berujung kebocoran.

Baca juga: Naik Mobil Saat Hujan Lebat, Penumpang Didalamnya Apa Bisa Tersambar Petir?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil