window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Keluarkan Tubuh Pada Mobil Bersunroof yang Lagi Melaju, Bisa Kena Tilang!

Prasetyo · 29 Mei, 2023 18:01

Jangan Keluarkan Tubuh Pada Mobil Bersunroof yang Lagi Melaju, Bisa Kena Tilang! 01

Mobil bersunroof saat ini sudah semakin banyak pilihannya.

Bahkan bukan cuma mobil mewah, tapi mobil kelas menengah juga sudah dilengkapi atap kaca yang bisa dibuka tutup itu.

Maraknya mobil bersunroof murah, memabuat hampir semua lapisan masyarakat bisa menikmati fitur tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun jika kendaraannya sudah dilengkapi sunroof atau bahkan panoramic roof, sebaiknya gunakan dengan bijak ya.

Baca juga: 3 Kegunaan Sunroof Mobil yang Jarang Kita Ketahui, Apa Saja?

Keluarkan Tubuh dari Sunroof Mobil Bisa Kena Tilang

Mobil bersunroof di jalan

Saat anggota tubuh keluar dari sunroof, maka tidak pakai sabuk keselamatan

Mungkin Anda pernah melihat, penumpang atau pemilik mobil bersunroof yang berdiri dan mengeluarkan sebagian besar anggota tubuhnya dari atap tersebut.

Biasanya aksi ini dilakukan oleh anak-anak di kawasan wisata.

Tapi belakangan juga viral terkait aksi seorang wanita pruh baya yang mengeluarkan badannya dari sunroof dan merekam video menggunakan ponsel.

Aksi itu diduga berlangsung sata mobil yang ia tumpangi melaju di Jembatan Suramadu.

Ibu-ibu viral di mobil bersunroof

Ibu-ibu merekam video sambil berdiri di sunroof saat mobil melaju

Tentu saja kegiatan seperti ini jangan ditiru, sebab jelas-jelas melanggar peraturan lalu lintas.

Dikutip dari Seva.id, Kasat PJR Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa menyebutkan kalau mengeluarkan sebagian besar anggota tubuh dari sunroof adalah perbuatan melanggar aturan.

Utamanya jika hal ini dilakukan ketika kendaraan melaju, karena bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 6 junto Pasal 289.

Pasal 106 ayat 6 sendiri berbunyi: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.

Kemudian Pasal 289 berisi: Setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil tak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

"Kalau berdiri dan badan keluar dari sunroof, berarti perempuan itu tidak menggunakan sabuk keselamatan," jelas Raden.

Baca juga: Simbol Kemewahan, Pilihan Mobil Bekas Dengan Panoramic Sunroof Seharga Rp 200 Juta

Tidak Bijak Gunakan Mobil Bersunroof Berpotensi Kecelakaan

Panoramic sunroof

Ada juga mobil dengan panoramic sunroof

Selain risiko tilang akibat melanggar peraturan lalu lintas, mengeluarkan sebagaian besar anggota tubuh melalui sunroof mobil juga sangat berbahaya.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, penumpang yang keluar dari sunroof mobil berisiko terbentur dahan, pohon atau objek-objek yang tak terduga yang terpental atau melewati atas mobil. 

Yang paling berbahaya adalah, penumpang tersebut bisa terpental keluar mobil, pada saat kendaraan melakukan pengereman mendadak.

Baca juga: Wuling Cortez dan Almaz Pakai Sunroof, Apa Sih Kelemahan Fitur Ini?

Mobil bersunroof

Sunroof bisa memberikan kesan lapang pada kabin mobil

Karena itulah sebaiknya gunakan sunroof dengan bijak sesuai fungsinya.

Antara lain untuk memberikan pandangan lebih luas ke atap mobil dan membiarkan sinar matahari atau udara bebas masuk ke kabin ketika melewati daerah yang sejuk.

Sehingga Anda akan terasa lebih segar, dan membuat sirkulasi udara berlangsung lebih baik, tanpa harus mengeluarkan anggota tubuh dari atap mobil.

Mulai sekarang, bijaklah dalam menggunakan sunroof. Selama kamu berada di dalam mobil, duduklah dengan nyaman dan kenakan sabuk pengaman.

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil-mobil bersunroof ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil