window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Langsung ke Bengkel Cat, Ini Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Mudah dan Murah

Prasetyo · 27 Mei, 2021 10:00

Jangan Langsung ke Bengkel Cat, Ini Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Mudah dan Murah 01

 

Paling kesal memang kalau setelah melakukan perjalanan tiba-tiba sampai rumah body mobil lecet. Pasti langsung kebayang deh biaya yang harus dikeluarkan untuk menghilangkan baret mobil ini di bengkel cat.

Sebab biasanya meskipun baret di body mobil hanya berukuran kecil, tetapi jika menggunakan jasa bengkel body repair maka biaya perbaikan akan dihitung per panel. Umumnya biaya cat per panel mobil mulai dari Rp 350.000, itu pun tergantung luas panel serta penggunaan bahan cat dan pernishnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari pada mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah, sebenarnya ada lho cara menghilangkan baret mobil yang murah dan juga mudah. Bahkan Anda bisa lakukan sendiri di rumah saat waktu senggang, misalnya ketika akhir pekan. Mau tau? Nih 3 cara menghilangkan baret di mobil dengan bahan bahan murah yang mudah dilakukan.

Baca juga : Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Ternyata Bisa Pakai Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

1. Menghilangkan Baret Mobil Pakai Autan

Mobil Baret

Baret ringan seperti ini bisa hilang pakai Autan

Cara menghilangkan baret pada mobil yang paling mudah dan murah yang pertama adalah menggunakan Autan. Ya, obat nyamuk oles ini ternyata bisa juga untuk menyamarkan baret mobil. Harga obat oles ini juga sangat terjangkau kok. Untuk satu sachet Autan misalnya dijual tidak sampai Rp1.000.

Cara pakainya juga cukup mudah. Cukup siapkan satu sachet Autan atau obat nyamuk oles merek lainnya. Kemudian siapkan juga lap halus kering yang bersih, serta air bersih di dalam ember kecil atau gayung.

Pertama-tama tuangkan obat nyamuk ke lap lalu usap perlahan ke bagian bodi mobil yang baret dengan gaya memutar. Jika sudah merata, biarkan 15-20 detik. Kemudian bilas permukaan yang dioles itu dengan air bersih, lalu keringkan kembali dengan lap.

2. Menghilangkan Baret Mobil Pakai Odol

Pasta gigi untuk mobil

Pasta gigi juga bisa untuk membersihkan baret di bodi

Cara menghilangkan baret di mobil lainnya yang juga murah dan mudah adalah menggunakan odol atau pasta gigi. Tidak perlu satu pasta gigi utuh kok untuk menghilangkan body mobil lecet yang permukaannya tak terlalu luas. Cukup gunakan pasta gigi yang masih tersedia di kamar mandi rumah Anda.

Langkah-langkahnya, pastikan permukaan bodi mobil baret benar-benar bersih. Lalu siapkan kain lembut yang bersih namun dibasahi secukupnya terlebih dulu dengan air yang bersih.

Setelah itu oleskan odol di permukaan kain yang basah tadi. Lantas usapkan ke permukaan bodi yang baret dengan gerakan memutar. Jika sudah rata, usap kembali permukaan tadi dengan lap kain yang lembut namun kering. Ulangi langkah ini sampai baret benar-benar hilang.

Baca juga : Aksesoris yang Sebaiknya Tidak Dipasang di Mobil, Pengharum Mobil dan Cover Setir Bikin Bahaya?

3. Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Pakai Kompon

Car Compound

Hati-hati saat menggunakan rubbing compound

Teknik ini bisa Anda gunakan jika ditemukan baret mobil yang cukup dalam. Sebab kompon memiliki daya kikis yang cukup kuat untuk menyamarkan goresan pada lapisan clear coat cat mobil Anda. Namun teknik penggunaannya harus hati-hati. Sebab jika salah, cat mobil malah akan terlihat belang.

Langkah pertama untuk aplikasinya adalah bersihkan dahulu permukaan cat yang tergores sampai benar-benar bersih dari debu. Kemudian lap permukaan yang basah itu dengan lap kering. Anda bisa gunakan kompon yang biasa dijual di toko-toko cat kendaraan, atau menggunakan rubbing compound seperti merek Kit, atau Turtle.

Oleskan kompon tersebut di permukaan cat yang baret serta ratakan dengan teknik memutar. Jangan berikan tekanan saat mengoles kompon. Dan jika sudah merata, segeralah permukaan itu di lap dengan kain kering yang bersih, jangan tunggu sampai kompon mengering. Ulangi beberapa kali hingga baret mobil hilang.

Mengelap Mobil

Setelah baret hilang, beri lapisan permukaan cat dengan wax supaya kembali bersinar

Nah satu lagi yang perlu Anda ketahui. Ketika baret di mobil sudah hilang, biasanya akan ada bekas perbaikan di lokasi tersebut. Untuk mengatasinya, Anda butuh wax yang dioleskan secara merata ke bagian yang baru dibersihkan tadi. Dengan cara ini kilau cat akan kembali seperti semula, dan kondisi mobil tidak lagi terlihat bekas baret.

Selamat mencoba!

Baca juga : Bukan Cuma Filter Oli, 3 Filter Lain di Mobil Ini Perlu Diperiksa dan Diganti Secara Berkala

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil