window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Ternyata Bisa Pakai Bahan-Bahan yang Ada di Dapur

Prasetyo · 13 Mei, 2021 12:00

Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Ternyata Bisa Pakai Bahan-Bahan yang Ada di Dapur 01

Bau rokok di mobil bagi sebagian orang adalah hal yang mengganggu. Karena tidak semua pemilik atau mereka yang duduk di kabin mobil itu adalah perokok. Dan mereka merasakan bau rokok di mobil yang sangat menusuk hidung.

Cara untuk menghilangkan bau rokok di mobil ini, sering kali diatasi dengan meletakkan pewangi atau parfum mobil. Sayangnya pada beberapa kondsi, bau rokok ini begitu kuat sehingga tak mudah hilang dengan bantuan pewangi kabin mobil.

Merokok di Mobil

Kebiasaan merokok sambil nyetir akan meninggalkan bau di kabin

Langkah paling efektif untuk mengilangkan bau tak sedap di mobil ini tentu membawa kendaraan tersebut ke tempat salon atau detailing mobil. Namun biasanya proses ini membutuhkan biaya yang tidak murah serta membutuhkan waktu 1-3 hari untuk membersihkan kabin sampai benar-benar bersih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah kalau mau cara yang cukup efektif tapi murah dan mudah, ternyata ada lho beberapa bahan dapur yang bisa menghilangkan bau rokok di mobil. Penasaran? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Baca juga : Perhatikan! Pastikan Kabin Mobil Bersih Sebelum Semprotkan Disinfektan Anti Virus

1. Bersihkan Dahulu Kabin Mobil

Vacum Mobil

Vacum sampai ke sela-sela terpencil

Sebelum benar-benar mengatasi bau rokok yang ada di kabin mobil, maka sebaiknya bersihkan dulu interior mobil tersebut. Pastikan tidak ada sisa-sisa abu rokok atau puntung rokok yang menjadi sumber bau tidak menyenangkan itu.

Sebaiknya gunakan alat vacum cleaner untuk menyerap semua debu dan kotoran yang ebrsembunyi di lokasi tertentu. Misalnya di bawah jok mobil, di balik karpet lantai, serta di sela-sela lipatan jok.  

2. Bubuk Kopi Bikin Kabin Mobil Jadi Wangi

Kopi Bubuk

Kopi punya kemampuan menyerap bau di sekitarnya

Bahan dapur yang paling mudah untuk menghilangkan bau rokok di mobil adalah bubuk kopi. Karena dikutip dari laman Suzuki Indonesia, kopi mampu menyerap bau-bau tak sedap di sekitarnya.

Tapi perlu diingat, gunakan bubuk kopi yang tidak dicampur gula ya. Karena kalau mengandung gula atau creamer malah bisa membuat semut bersarang di kabin mobil Anda.

Baca juga : Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda

Puntung Rokok di Mobil

Hindari kebiasaan menyimpan puntung rokok di mobil

Cara pakainya juga cukup mudah, letakkan bubuk kopi secukupnya pada wadah kecil. Lalu letakkan di atas karpet lantai mobil atau di kolong jok. Diamkan selama 12 jam atau semalaman.

Supaya kopi bisa menyerap bau rokok dengan sempurna, letakkan pada beberapa bagian kabin, termasuk hingga ke ruang penumpang belakang dan bagasi. Selain itu, sebaiknya letakkan bubuk kopi saat kendaraan tidak digunakan dan dalam kondisi kaca jendela tertutup rapat.

3. Cuka Juga Bisa Menyerap Bau Rokok

Cuka Putih

Gunakan cuka dalam kondisi kabin mobil tertutup rapat

Selain bubuk kopi, cuka juga bisa untuk menyerap aroma di sekitarnya. Bahan yang kerap dipakai sebagai bumbu masak ini bisa dipilih sebagai bahan ampuh untuk menyerap bau rokok di kabin mobil.

Cara aplikasinya pun serupa, yakni letakkan cuka pada wadah terbuka. Kemudian biarkan sekitar 3-5 jam di karpet mobil atau di atas jok mobil. Pastikan mobilt idak digunakan dan diparkir dalam keadaan jendela tertutup rapat.

4. Kulit Jeruk Bikin Kabin Mobil Lebih Segar

Kulit Jeruk

Aroma kulit jeruk akan membuat kabin lebih segar

Untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil dengan mudah lainnya Anda bsia menggunakan kulit jeruk. Jenis jeruknya bisa apa saja. Yang penting pilih jeruk yang masih segar sehingga masih memiliki kandungan asam yang cukup kuat.

Kandungan asam inilah yang kita butuhkan untuk menyerap bau rokok yang menyengat itu. Cukup letakkan irisan kulit jeruk di beberapa titik kabin mobil. Misalnya di karpet lantai, di atas jok, atau di atas dasbor. Biarkan sekitar sepekan, namun tiap 1-3 hari ganti dengan kulit jeruk yang masih segar jika kulit jeruk mengering.

Baca juga: Aksesoris yang Sebaiknya Tidak Dipasang di Mobil, Pengharum Mobil dan Cover Setir Bikin Bahaya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil