Jangan Sampai Keliru, Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan

Enda · 12 Okt, 2021 20:00

Jangan Sampai Keliru, Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan 01

Mobil bisa sedikit bergetar saat AC hidup. 

AC merupakan salah satu bagian terpenting di dalam mobil. Dengan adanya sistem pendingin udara, bekendara tentunya akan terasa lebih nyaman. Selain itu, keberadaan AC juga dapat meningkatkan konsentrasi berkendara.

Baca juga: Ini Ciri Timing Belt Harus Diganti, Jangan Dibiarkan Putus

Ketika ingin berkendara, apakah kalian pernah merasakan getaran saat AC dinyalakan? Jika hal tersebut terjadi, bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan sistem pendingin udara pada mobil.

Apabila mengalami kejadian tersebut sebaiknya kalian jangan langsung panik. Berikut tips dari Auto2000 mengetahui mobil bergetar saat AC dinyalakan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Rusaknya Bearing AC

Jangan Sampai Keliru, Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan 01

Bearing atau pulley AC mobil rusak menyebabkan mobil bergetar

Bearing atau pulley AC yang rusak membuat putaran kompresor AC menjadi tersendat. Saat ada proses tersendat inilah yang membuat muncul gejala getaran.

Apabila sudah mengetahui permasalahan yang ditimbulkan, sebaiknya kalian segera melakukan perbaikan bearing karena kalau dibiarkan terus menerus bagian timing belt juga bisa rusak.

Baca juga: Jangan Gegabah Beli Mobil Bekas Mulus, Sebaiknya Perhatikan Detail Berikut

2. Sistem Idle Up Bermasalah

Gejala mesin mobil yang tiba-tiba bergetar ketika AC dihidupkan, menjadi pertanda bahwa ada faktor penyebab kerusakan dalam sistem idle up. Hal ini terjadi biasanya saat RPM terlalu rendah. Namun saat AC dimatikan, mesin tidak lagi bergetar.

Perihal masalah sistem idle up AC, mesin mobil yang bergetar saat AC dinyalakan ternyata juga bisa mengakibatkan kabin mobil menjadi tidak dingin. Beban mesin yang bertambah saat RPM rendah membuat kinerjanya menjadi bertambah berat. Akhirnya inilah yang membuat kerja kompresor AC juga kurang maksimal. Selain itu, hal ini bisa saja menyebabkan kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Masalah sistem idle up sebenarnya bisa diatasi dengan cepat kalau jika kalian mematikan AC mobil. Dengan begitu sebaiknya segera lakukan pengecekan sistem sensor dan aktuator. Apabila sudah diketahui permasalahan, sebaiknya segera lakukan pergantian.

3. Sistem Pendingin Udara Buntu

Jangan Sampai Keliru, Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika AC Dinyalakan 02

Penyebab terakhir dari mesin mobil yang tiba-tiba bergetar adalah sistem AC mobil buntu. Kasus seperti ini memang jarang diketahui. Biasanya penyebab utamanya adalah terjadi frosting pada bagian saluran AC mobil.

Bagi yang belum tahu, frosting adalah pembekuan freon yang akhirnya membuat alirannya menjadi terhambat. Padahal sistem freon harus memiliki aliran yang jelas dan tidak terhambat agar bisa terus memberikan suhu dingin ke dalam kabin mobil. 

Ini juga yang harus dipenuhi di dalam sistem AC mobil dan jangan sampai ada sistem AC yang terhambat. Apabila alirannya sudah terhambat, bisa dipastikan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan.

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Minyak Rem Mobil Berkurang Bukan Tandanya Harus Ditambah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru