Jangan Tunggu Sampai Besok, Mobil Habis Kena Air Hujan Sebaiknya Langsung Dilap Kering Ya

Prasetyo · 18 Okt, 2021 16:09

mobil kena air hujan

Musim hujan telah datang, namun tentunya aktifitas tak boleh berkurang. Menggunakan mobil pribadi pada saat musim penghujan tentu hal yang sangat direkomendasikan. Sebab Anda bisa terlindung untuk melakukan perjalanan di tengah guyuran hujan sampai ke tujuan. Namun ada yang perlu Anda ketahui juga akibat mobil sering kena air hujan.

Meskipun kata sebagain orang mobil kena air hujan bisa sekaligus melunturkan debu, namun ada efek negatifnya. Terutama pada saat air hujan tersebut sudah mulai mengering yang menyebabkan noda serta jamur di permukaan cat mobil.

mobil kena air hujan -1

Mobil sering kehujanan bukan berarti jadi bersih

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka jamur dan kotoran yang menumpuk akan sangat sulit dibersihkan. Bahkan tak jarang membuat warna cat menjadi pudar.

Trus gimana dong solusinya kalau tetap harus beraktifitas di musim penghujan tapi ingin mobil selalu kincong? Tenang... Triknya ternyata mudah kok, asal mau sedikit keluar keringat aja hehehe...

Baca juga : Saat Musim Hujan, Perhatikan Cara Memilih Wiper Terbaik Untuk Menembus Derasnya Air

Hati-hati Air Hujan Mengandung Asam Perusak Cat Mobil

mobil kena air hujan -2

Ketika mengering, air hujan merusak lapisan cat mobil

Rifat Sungkar memberikan tips bagaimana jika mobil kena air hujan. Menurut dia, ada hal yang patut Anda ketahui tentang sifat air hujan itu sendiri. Karena air yang turun dari langit ini punya kandungan mineral berbeda dibanding air sumur atau air minum di rumah.

"Air hujan itu kandungannya lebih asam dari air tanah. Air tanah memang ada kandungan asamnya tapi tidak setinggi air hujan," kata Pembalap Nasional ini melalui video conference beberapa waktu lalu.

mobil kena air hujan -3

Efek mobil kena air hujan yang sudah mengering

Sifat asam dari air hujan inilah yang kata Rifat sangat berbahaya bagi cat kendaraan seperti mobil. Asam akan merusak lapisan clear coat pada cat mobil. Jika dibiarkan menumpuk dan mengering, lama-lama lapisan clear coat tersebut akan terkikis. "Bisa membuat flek atau jamur dengan sangat cepat," jelas dia.

Jangan Biarkan Air Hujan Mengering di Permukaan Bodi Mobil

mobil kena air hujan -4

Boleh dicuci tapi setelah selesai hujan ya...

Karena sifat asam yang bisa merusak permukaan cat inilah maka ada tindakan yang sebaiknya Anda lakukan apabila mobil habis kena air hujan. "Sebaiknya langsung guyur dengan air biasa setelah mobil terkena hujan," saran dari Rifat.

Tidak perlu dicuci menggunakan sabun, namun cukup basuh dengan air bersih menggunakan air tanah, kemudian di lap sampai kering. Namun kalau kondisi saat itu tidak memungkinkan di bilas dengan air, maka minimal sisa air hujan yang ada di bodi mobil di lap sampai benar-benar kering.

Baca juga : Sering Turun Hujan, Begini Hindari Risiko Tabrakan Beruntun

Lap Juga Air Hujan di Kaca

mobil kena air hujan -5

Jamur yang nempel di kaca akan ganggung pandangan pengemudi

Selain di bodi mobil, pastikan Anda melakukan tindakan yang sama pula untuk bagian kaca mobil. Karena air hujan yang menempel di kaca pun akan meninggalkan noda jamur. Dan kalau jamur ini sudah timbul cukup banyak, maka untuk membersihkannya kembali butuh obat dan teknik khusus yang terkadang biayanya tidak murah.

"Kalau kaca, terutama kaca depan banyak noda-noda jamur, itu malah membuat pandangan kita sebagai pengemudi terganggu yang akibatnya bahaya untuk keselamatan berkendara. Jadi pastikan selesai hujan, langsung lap kaca juga," pesan Rifat.

Baca juga : Santai Hadapi Musim Hujan dan Banjir, Nih Pilihan Mobil Terjangkau dengan Ground Clearence Tinggi!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru