window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Enda · 7 Nov, 2021 11:00

Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mudah Memperbaikinya 01

Cara mudah memperbaiki kaca mobil retak

Kaca mobil retak adalah hal yang menyebalkan. Selain mengganggu pandangan pengemudi, kaca yang retak juga bisa mengakibatkan masalah baru apabila tidak segera diganti.

Namun sekarang ini keretakan kaca mobil bisa diperbaiki. Dengan begitu kalian tidak perlu merogoh isi dompet tertalu dalam untuk menggantinya dengan yang baru.

Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah tips memperbaiki kaca mobil yang retak dari Auto2000.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ngantuk Saat Nyetir Itu Taruhannya Nyawa!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kaca Mobil yang Bisa Diperbaiki

 

Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mudah Memperbaikinya 01

Kaca mobil retak jangan langsung diganti

Cara memperbaiki kaca mobil retak pada umumnya dengan menggunakan teknik suntik kaca atau las kaca. Teknik ini dilakukan dengan memasukkan resin ke dalam retakan tersebut. Perlu diketahui bahwa suntik kaca hanya bisa dilakukan pada kondisi seperti berikut.

1. Retakan Maksimal 35-36 cm

Kaca depan mobil yang biasanya menggunakan tempered glass atau laminated glass. Untuk retakan yang bisa diperbaiki maksimal dengan panjang 14 inci atau sekitar 35-36 cm.

2. Retakan Kaca Tidak Tembus Hingga Sisi Dalam

Memperbaiki kaca mobil yang retak juga tidak bisa dilakukan apabila kedalaman retakannya sampai ke bagian dalam interior. Selain itu, retakan kaca juga tidak boleh terjadi di bagian sudut dan menyebar ke tengah.

Baca juga: Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi

Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak

 

Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mudah Memperbaikinya 02

Memperbaiki kaca mobil yang retak

 

1. Bersihkan kaca 

Cara memperbaiki kaca mobil retak yang pertama adalah dengan pembersihan. Bersihkan serpihan kecil kaca mobil, debu, pasir, tanah, dan kotoran lain. Pastikan tidak ada partikel yang kemungkinan bakal mengganggu proses penyuntikkan resin ke dalam retakan.  

2. Bisa Melakukan Pengeboran Terlebih Dahulu

Setelah dibersihkan, kaca harus dilubangi dengan cara di bor. Hal ini bertujuan agar resin nantinya bisa dimasukkan ke dalam lubang sehingga kaca mobil bisa merekat utuh kembali. Dalam melubangi, sebaiknya buat lubang sesuai dengan ukuran yang diperlukan. jangan terlalu lebar dan jangan terlalu kecil. 

3. Memasukkan Cairan Resin

Selanjutnya kalian bisa memasukkan cairan resin ke dalam lubang yang sudah dilubangi. Isikan cairan ini pada lubang hingga permukaannya tertutup. Setelah itu, tunggu beberapa jam untuk menunggu resin mengeras. 

4. Gunakan Lapisan Film

Setelah didiamkan beberapa jam, retakan kaca kembali rapat dengan cairan resin tersebut. Langkah terakhir, lakukan proses penyinaran sinar UV. Selanjutnya untuk membuat kaca kembali sempurna, kalian bisa menggunakan lapisan film.

Baca juga: Bikin Tambah Keren Honda Civic 2022 Pakai Aksesoris Modulo, Gak Perlu Khawatir Garansi Hangus

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil