Kei Car Listrik Mitsubishi eK X EV Muncul di Jepang, Cocok Jadi Adik Xpander di Indonesia?

Enda · 23 Mei, 2022 20:00

Mitsubishi eK X EV

Baru-baru ini Mitsubishi Motors Corporation memperkenalkan sebuah kei car listrik eK X EV yang akan dijual melalui platfrom e-commerce di Rakuten Ichiba, pada musim kemarau mendatang di Jepang.

Menganut konsep desain Dynamic Shield sama seperti Xpander, pada bagian fascia, di negara asalnya mobil mungil bertenaga listrik tersebut dibandrol mulai dari 2.398.000 hingga 2.932.600 yen, dan sudah termasuk pajak konsumsi 10 persen. Jika dikonversikan, mobil ini dijual Rp275,4 juta sampai dengan Rp336,9 juta.

Baca juga: Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah Rp260 Jutaan, Inikah Harga Xpander Hybrid?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebagai kei car dengan membawa keluasan kabin MPV bercita rasa SUV, eK X EV memiliki kapasitas daya baterai sebesar 20 kWh dengan menawarkan jarak tempuh yang terbilang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Dalam perhitungan metode WLTC5, dalam kondisi baterai terisi penuh kei car listrik ini mampu menempuh jarak hingga 180 kilometer.

Sama seperti beberapa mobil listrik lainnya, baterai yang digunakan dapat dimanfaatkan dalam keadaan darurat sebagai sumber daya listrik, untuk menghidupi perangkat elektronik melalui adaptor V2L7. Selain itu, dengan perangkat V2H, ini juga membantu meringankan masalah pasokan dan permintaan daya dengan memungkinkan daya digunakan di rumah atau untuk mengisi daya kendaraan.

Sebagai informasi, eK X EV tersedia dalam dua varian, dimana tipe G telah dilengkapi dengan LCD berwarna 7 inci dan Mode Operasi Pedal Inovatif. Sedangkan varian P memperoleh fitur tambahan termasuk SOS Emergency Assistance dan sistem navigasi Smartphone-link (SDA) 9 inci sebagai standar.

Baca juga: Nissan Mitsubishi Sepakat Sama-Sama Produksi Mobil Kecil Listrik, Bakal Dipasarkan Secara Global

Menggunakan Pengisian Cepat Mitsubishi eK X EV Hanya Butuh 40 Menit untuk Mencapai 80 Persen

Mitsubishi eK X EV

Baterai terisi 80 persen, Mitsubishi eK X EV hanya butuh 40 menit menggunakan pengisian cepat

Dalam pengisiannya daya listriknya, Mitsubishi eK X EV dilengkapi dengan dua port pengisian. Dengan pengisian biasa (AC200V/14.5A), membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai pengisian penuh.

Beda halnya jika mengecas di stasiun pengisian umum, dengan mode cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk mendapatkan 80 persen.

Sebagai informasi, Mitsubishi eK X EV memiliki torsi maksimum sebesar 195 Nm, dan motor listrik yang ditingkatkan guna mencapai performa berkendara yang mulus dan bertenaga. Guna menyesuaikan mood pengemudi, mobil ini memiliki tiga mode berkendara, yakni; Mode normal, yang optimal untuk berkendara di kota; Mode Eco, yang mengurangi output motor untuk meningkatkan konsumsi daya; dan mode Sport, yang memberikan respons throttle yang tajam dan responsive.

Mitsubishi eK X EV

Sebagai kei car listrik, performa Mitsubishi eK X EV terbilang responsive

Hebatnya, kei car listrik ini memiliki mode operasi pedal inovatif yang memungkinkan kontrol akselerasi dan deselerasi hanya dengan mengoperasikan pedal akselerator. Hal ini tentunya dapat mengurangi beban pengemudi saat mengoperasikan kendaraan dengan memberikan gaya pengereman yang sesuai dan tanpa perlu beralih dari pedal akselerator ke pedal rem saat melambat.

Namun ketika diharuskan melakukan deselerasi secara lebih cepat, pengemudi harus tetap menggunakan pedal rem untuk memperlambat laju kendaraan.

Baca juga: Sempat Dijajal Jokowi, Mobil Listrik Mitsubishi Minicab-MiEV Siap Dipakai Gojek dan Pos

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

2021 Honda City Hatchback RS 1.5 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru