window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ketahui Arti Marka Jalan Warna Putih dan Kuning Kalau Tidak Mau Celaka dan Ditilang

Enda · 13 Jul, 2021 09:00

Ketahui Arti Marka Jalan Warna Putih dan Kuning Kalau Tidak Mau Celaka dan Ditilang 01

Bus sedang ditindak karena melanggar marka jalan

Garis atau marka yang seringkali kalian temukan di jalan, pada dasarnya memiliki fungsi dan arti. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia penggunaan marka jalan ini menggunakan dua warna, yaitu putih dan kuning.

Ingin tahu fungsi dari masing-masing warna serta model garis yang digunakan? Ketahui ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia yang Pajaknya Bakal Tambah Mahal

Marka Jalan Berwarna Putih

Ketahui Arti Marka Jalan Warna Putih dan Kuning Kalau Tidak Mau Celaka dan Ditilang 02

Marka jalan berwarna putih

1. Garis Putih Tanpa Putus

Garis putih tanpa putus sering digunakan di tengah jalan tikungan dan jembatan. Marka jalan ini memiliki arti bahwa pengendara tidak boleh mendahului kendaraan lainnya. Pengendara wajib berada di tetap jalur masing-masing hingga garis putih tanpa putus telah hilang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

2. Garis Putih Putus-putus

Jika garis putih tanpa putus memiliki arti tidak boleh menyalip, apa arti dari marka jalan ini? Garis putih putus-putus memberikan izin pada pengendara untuk mengubah lajur atau mendahului kendaraan lain. Namun tetap harus melihat kondisi dari arah berlawanan agar tetap aman.

3. Dua Garis Putih atau Kuning Tanpa Putus

Selanjutnya ada dua garis putih atau kuning tanpa putus yang sering digunakan dalam rute utama lintas kota. Untuk Indonesia sendiri, warna yang digunakan untuk marka jalan ini adalah putih. Arti dari marka jalan ini adalah pengendara dapat mendahului kendaraan lain dari tepi samping, namun dengan memperhatikan kondisi mobil lain di sekitarnya. 

4. Garis Ganda Putus-putus dan Tanpa Putus

Garis ganda ini sering digunakan di jalanan perkotaan dengan warna putih. Garis ganda putus-putus ini memberikan izin pada pengendara yang ada di sisi garis putus-putus untuk pindah lajur sebelah. Namun jika pengendara ada di sisi garis ganda tanpa putus-putus, maka tidak boleh berpindah lajur.

Baca juga: Mobil Baru Semakin Modern, Ini Deretan Fitur Mobil yang Perlahan Punah

Marka Jalan Berwarna Putih

Ketahui Arti Marka Jalan Warna Putih dan Kuning Kalau Tidak Mau Celaka dan Ditilang 01

Marka jalan berwarna kuning

1. Satu Garis Kuning Tanpa Putus

Ketika satu garis kuning tanpa putus ini muncul, biasanya ada garis putih pada sisinya. Garis kuning ini memberikan tanda bahwa Anda boleh menyalip kendaraan lain selama di dalam garis putih. Namun jangan sampai keluar dari garis kuning.

2. Satu Garis Kuning Putus-putus di Tepi Jalan

Kemudian ada juga satu garis kuning putus-putus di sisi tepi jalan. Arti dari garis kuning ini adalah menjadi penanda bahwa pengendara diizinkan mendahului kendaraan lain dari sisi tepi tersebut. Tapi tetap harus ingat untuk memperhatikan kondisi kendaraan pengendara lainnya. Jangan sampai mengambil keputusan yang keliru.

3. Yellow Box Junction

Yellow Box Junction (YBJ) biasa ditemukan di persimpangan jalan besar perkotaan dan telah digunakan di Jakarta dan Bandung. Tujuan dari marka jalan ini adalah mencegah persimpangan terkunci ketika kondisi jalan sedang padat. Kendaraan tidak boleh melintas atau berada di dalam kotak garis kuning ini.

Baca juga: Lebih Murah Puluhan Juta, Lebih Baik Ambil Daihatsu Sigra Bekas daripada Barunya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil