5 Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia yang Pajaknya Bakal Tambah Mahal

Prasetyo · 12 Jul, 2021 16:00

Mobil Hybrid Terlaris di Indonesia

Pemerintah kembali membuat aturan baru di industri otomotif. Kali ini dengan merevisi ketentuan mengenai PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) mobil hybrid.

Adapun aturan baru pajak mobil hybrid itu sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 Tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Dalam aturan baru ini, pemerintah menghapus skema PPnBM 0% pada kendaraan tipe plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Adapun nantinya mobil listrik PHEV bermesin 3.000cc dikenakan pajak PPnBM 15 persen. Sementara mobil listrik murni berbasis baterai (BEV) dan mobil listrik Fuel Cell (FCEV) tetap mendapatkan keringanan PPnBM 0 persen.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mobil Hybrid di Indonesia

Pajak PPnBM mobil PHEV jadi 15 persen

Peraturan Pemerintah (PP) ini sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Juli 2021 dan akan diberlakukan mulai 16 Oktober 2021. Itu artinya, pajak mobil hybrid jenis PHEV akan segera mengalami kenaikan.

Menurut pemerintah, langkah ini dalam upaya mendorong masyarakat beralih menggunakan mobil listrik murni yang dinekai PPnBM 0%. Sebenarnya apa saja sih mobil hybrid di Indonesia yang saat ini beredar? Ternyata cukup banyak loh, dan berikut 5 diantaranya mobil hybrid paling laris di Indonesia.

Baca juga : Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Murni

1.Toyota Corolla Cross hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid Indonesia

Penjualannya lebih laris dari varian mesin bensin

Harga : Rp521.480.000

Berdasrkan data GAIKINDO, predikat mobil hybrid terlaris di Indonesia jatuh ke Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil ini terjual 799 unit periode Januari-Mei 2021. Bahkan model hybrid lebih banyak terjual ketimbang yang varian bermesin 1.8-liter bensin karena hanya laku 157 unit.

Diluncurkan Agustus 2020, harga Corolla Cross hybrid sebenarnya lebih mahal sekitar Rp40 juta dibanding varian mesin bensin. Namun model ini memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien berkat penggunakan mesin 2ZR-FXE 1.8-liter DOHC VVT-i yang dikombinasikan motor listrik. Selain lebih irit BBM, tenaganya juga lebih besar yakni 170 PS dengan torsi 305 Nm.

2. Nissan Kick e-Power

Nissan Kicks e-Power

Mobil hybrid dengan satu pedal

Harga : Rp471.000.000

Nissan Kick e-Power juga masuk dalam daftar mobil hybrid terlaris di Indonesia. Penjualannya di tahun ini sampai Mei 2021 sudah tercatat 277 unit. Banyak keunikan dari mobil hybrid yang satu ini memang menjadi ciri khasnya.

Bagaimana tidak, Kicks e-Power dikategorikan sebagai mobil hybrid karena memakai mesin 1.2-liter 3 silinder HR12DE serta baterai dan motor listrik. Nah tenaga dari mesin bensin itu bukan dipakai untuk menggerakkan poros roda, melainkan mengisi daya baterai. Baru nanti baterai dan motor listriklah yang bertugas menggerakkan roda.

Baca juga : Nissan Kicks Gak Laku, Ini Alasan Orang-orang Ogah Beli

3. Toyota C-HR hybrid

Toyota C-HR Hybrid Indonesia

Diklaim lebih irit BBM 62% dari varian mesin bensin

Harga : Rp560.040.000

SUV compact Toyota yang satu ini juga ternyata banyak dipilih oleh konsumen yang menginginkan satu kendaraan dengan efisiensi bahan bakar cukup baik. Ini dibuktikan dengan penjualan Toyota C-HR hybrid yang sanggup terjual 83 unit di periode lima bulan pertama tahun ini. Bahkan angka ini lebih tinggi dibanding penjualan varian mesin bensin 1.8-liter.

C-HR Hybrid hadir dengan kombinasi mesin bensin dan motor elektrik. Dibalik kap tersimpan mesin berkode 2ZR-FXE yang dikombinasi motor listrik berdaya 34 hp. Bila ditotal, tenaga mobil ini mencapai 134 hp. Selain itu, varian hybrid juga diklaim lebih efisien bahan bakar sampai 62% dibanding varian bermesin bakar konvensional.

4. Toyota Camry hybrid

Toyota Camry Hybrid Indonesia

Sedan menengah yang hemat bahan bakar

Harga : Rp849.500.000

Kalau bicara mobil hybrid di Indonesia, maka rasanya lini produk dari Toyota yang cukup banyak. Misalnya di segmen sedan menengah, ada Toyota Camry Hybrid yang penjualannya juga cukup moncer. Penjualannya 65 unit diperiode Januari-Mei 2021.

Sama seperti Corolla Cross, Toyota juga menghadirkan Camry dalam dua varian mesin, yakni mesin bensin 2.5-liter dan mesin hybrid 2.5-liter. Dan lagi-lagi varian hybrid menjanjikan pemakaian bahan bakar lebih efisien dibanding varian meisn bakar murni.

5. Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyot Corolla Altis Hybrid Indonesia

Tampilan sporty dan mesin yang lebih hemat bahan bakar

Harga Rp595.650.000

Posisi lima besar mobil hybrid terlaris di Indonesia masih dari kubu Toyota. Adalah Croola Altis yang penjualannya tercatat 35 unit sejak awal 2021 sampai bulan Mei.

Corolla Altis Hybird, menggunakan mesin yang sama dengan C-HR dan Prius Gen-4 berkode 2ZR-FXE. Mesin tersebut sanggup memproduksi tenaga sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,47 Kgm di 4.000 rpm. Motor listriknya, menghasilkan tenaga tambahan 72 PS dan torsi 163 Nm.

Baca juga : Komparasi Sedan Kompak Honda Civic Vs Toyota Corolla Altis

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Kicks 2020 1.6L CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru