window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq?

Dhoni · 17 Mar, 2021 07:00

KIA Motors baru saja merilis EV6, sebuah kendaraan listrik pertama dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Dengan model crossover modern, KIA EV6 hadir mengusung platform E-GMP, yang juga digunakan pada mobil Hyundai Ioniq 5.

Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq? 01

KIA EV6 menggunakan platform E-GMP yang sama pada mobil Hyundai Ioniq 5

Baca juga: Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik

Perkenalan KIA EV6 menjadi langkah awal dari target produsen asal Korea Selatan ini dalam menghadirkan line up mobil berteknologi elektrifikasi. Target dari KIA Motors akan menghadirkan berbagai jenis mobil seperti Sedan, Suv compact, hatchback dan SUV hingga tahun 2027.

Performa KIA EV6, Praktis dan Responsif 

Memang KIA EV6 baru akan menjalani debutnya pada bulan depan, sehingga detail spesifikasinya masih tersimpan rapi. Jika mengacu pada Hyundai Ioniq 5 yang juga menggunakan platform E-GMP, maka diperkirakan untuk spesifikasi tenaga pada mobil full EV diperoleh dari hardware 800V.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemampuan pengisian baterai hingga 220kW hanya membutuhkan 18 menit untuk mengisi dari kondisi baterai 10% hingga 80%. Dalam kondisi kapasitas baterai terisi penuh, KIA EV6 tersedia dalam sistem gerak roda belakang dan All-wheel Drive (AWD) dapat menempuh jarak lebih dari 484 kilometer.

Jarak tempuh yang ditawarkan oleh KIA EV6 dapat mengungguli dari varian sebelumnya, yakni KIA Soul EV dan KIA e-Niro. Keunggulan lain dari KIA EV6 terletak pada kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam. Pihak KIA megklaim bahwa EV6 dapat menembus kecepatan 100km/jam hanya dalam hitungan 5,0 detik saja.

Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq? 01

Untuk kecepatan tertinggi yang dapat disentuh oleh KIA EV6 adalah 200 km/jam. Dengan beragam kemampuan yang dimiliki KIA EV6, maka dapat setara dengan Ioniq 6 sebagai mobil sedan andalan Hyundai.

Secara desain, KIA EV6 terinspirasi dari ‘alam dan kemanusian’ dengan lima pilar sebagai disain utamanya yang terdiri dari “Bold for Nature, Joy for Reason, Power to Progress, Technology for Life dan Tension for Serenity”.

Hasilnya tampilan KIA EV6 mengusung desain yang disebut ‘Opposite United’ menjadi lebih tajam dengan garis sederhana tetapi tetap tampil modern. Sebagai produk pertama, rancangan KIA EV6 juga akan menjadi cikal bakal dari desain mobil listrik lainnya.

Tampilan KIA EV6 yang telah tersemat logo teranyar KIA dengan grill tiger nose model terbaru yang berukuran kecil memanjang di antara kedua lampu utama. Kesan futuristic pada kendaraan berteknologi elektrifikasi memang cukup terlihat. Terlebih pada bagian belakang dengan lampu LED dari sisi luar bodi hingga pada sisi lainnya.

Interior Berbahan Ramah Lingkungan Seperti Hyundai Ioniq 5

Berada di dalam kabin KIA EV6 mengusung desain sederhana dan terkesan luas. Cukup berbeda dengan desain interior yang diusung Hyundai Ioniq 5, yang juga lapang tetapi sarat dengan teknologi sehingga lebih tampil futuristik. Untuk material atau bahan pada interior, KIA EV6 juga mengunakan bahan daur ulang seperti halnya pada Hyundai Ioniq 5.

Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq? 02

Interior KIA EV6

Untuk sistem infotaiment dan cluster instrument, KIA EV6 akan mengunakan model dua layar sehingga berbeda dengan tampilan yang saat ini beredar.

KIA EV6, Lebih Simple Namun Tetap Canggih 

Secara tampilan KIA EV6 memang lebih ‘manusiawi’ dibanding Hyundai Ioniq 5 yang sangat futuristic, Namun untuk kesan gagah, tentu saja Ioniq 5 yang mengusung karakter sangat tegas lebih unggul.

Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq? 03

KIA EV6

Dalam persaingan di segmen crossover, tentu saja keduanya saling mengandalkan keunggulan pada fitur-fitur berteknologi terbaru sebagai ciri khas kendaraan modern. Namun tentunya tidak saling berbeda signifikan, mengingat kedua produsen terikat kepemilikan saham. Hal yang lumrah dalam industri otomotif saat ini.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil