window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C

Prasetyo · 28 Feb, 2023 09:06

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 01

Ciri-ciri oli palsu saat ini makin mendekati aslinya. Hal tersebut tentu saja membuat konsumen jadi cemas. Termasuk Anda yang niat hati mau mengganti oli mesin untuk perawatan kendaraan.

Apalagi oli palsu umumnya dijual dengan harga lebih murah dari oli asli. Kondisi ini makin menggoda lebih banyak pembeli untuk beralih pada barang palsu tersebut. Padahal ada banyak bahaya negatif efek oli palsu pada kendaraan.

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 02

Oli palsu bisa merusak mesin

"Penggunaan oli palsu bisa berdampak buruk pada mesin, dalam waktu singkat maupun panjang. Bahkan dalam jangka waktu panjang sanggup memicu kerusakan berat," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan tertulisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi apa iya ciri-ciri oli palsu cuma bisa dilihat dari harga yang lebih murah? Untuk hal ini, Nur membagikan tips mengecek perbedaan oli palsu dan asli. Yaitu menggunakan metode 4C (Congkel, Cabut, Copot, Cek).

Baca juga: Oli Mobil Dipakai untuk Sepeda Motor Boleh, Tapi Ketahui Resikonya

1. Congkel

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 01

Tutup oli TMO dibedakan dari viskositasnya

Oli asli yang dijual pabrikan termasuk oli TMO (Toyota Motor Oil) memiliki kemasan dengan tutup botol sekali pakai. Sehingga untuk mengeluarkan isinya, tutup botol ituharus dicongkel. Jika tutup botol mudah dicobot sebelum dicongkel maka berarti oli tersebut palsu.

2. Cabut

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 02

Tutup oli TMO pakai pelindung ganda

Demi menghindari pemalsuan, Toyota juga mendesain botol TMO dengan sistem ratchet and snap. Yakni tutup botol dan botol menyatu untuk mencegah penggunaan kembali. Cabut tutup botol itu sebelum digunakan.

Baca juga: Salah Ganti Oli Lebih Encer atau Lebih Kental, Apakah Berbahaya Bagi Mesin Mobil?

3. Copot

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 03

Dibagian segel aluminium ada QR Code

Setelah tutup botol oli terbuka, maka ditambah lagi lapisan kertas seal aluminium yang berlogo TMO serta dilengkapi kode QR. Copot seal tersebut dengan terlebih dulu melakukan scan QR code yang tertera.

4. Cek

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 04

Nantinya muncul notifikasi seperti ini

Ketika QR Code sudah di scan menggunakan ponsel berkamera, maka kalau itu oli asli, akan terdpaat informasi kalau Anda melakukan scan QR Code untuk pertama kalinya. Ini membuktikan oli belum pernah digunakan, yang disusul informasi terkait produk yang hendak digunakan tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Oli Mesin Mobil LCGC, Pilih Shell atau Fastron?

5. Beli di Toko Resmi

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 05

SPBU Shell atau Pertamina juga menjual oli mobil dan motor

Cara paling ampuh untuk memastikan oli tersebut bukan oli palsu adalah dengan membeli di toko resmi. Misalnya Anda membutuhkan TMO, maka bisa beli di delaer resmi Toyota atau melalui Auto2000 Digiroom. Kemudian kalau mau beli oli Pertamina, bisa beli di SPBU Pertamina. Pun demikian menghindari oli palsu Shell maka sebaiknya beli di SPBU Shell.

Makin Sulit Dibedakan, Kenali Ciri-ciri Oli Palsu dengan Lakukan 4C 06

Botol oli sebaiknya dirusak supaya tak digunakan kembali

Satu hal yang penting juga dilakukan, guna menghindari peredaran oli palsu, sebaiknya botol oli yang sudah digunakan Anda potong jadi dua atau dihancurkan. Sehingga menghindari kemasan tersebut digunakan kembali oleh oknum pembuat oli palsu.

@autofun.indonesia Pas ganti oli memang #lebihbaikmotul, tapi jangan sampe telat ganti filternya juga ya! #perawatanmobil #oli #mobilseken #reviewmobil ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova - arachang

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil