window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masuk Musim Penghujan, Sebelum Berkendara Wajib Periksa Bagian Ini

Enda · 13 Sep, 2022 19:00

Komponen mobil yang harus dicek sebelum berpergian

Indonesia saat ini sudah masuk pada musim penghujan. Dengan begitu kalian diwajibkan untuk mengecek lebih detail kondisi mobil sebelum memulai perjalanan.

“Sambut musim hujan, lakukan pengecekan menyeluruh komponen kendaraan supaya dapat bekerja optimal sehingga tidak menyulitkan saat hujan turun,” ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Seperti yang disampaikan Nur, dalam pengecekan sendiri setidaknya terdapat beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian lebih. Supaya berkendara terasa nyaman dan aman, berikut beberapa persiapan dalam pengecekan yang harus dilakukan sebelum mulai berkendara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Lampu Check Engine Nyala Akibat Sensor Oksigen, Coba Atasi Pakai Cara Ini

Periksa Kondisi Telapak Ban

Komponen mobil yang harus dicek sebelum berpergian

Cek kondisi TWI

Dalam penjelasannya Auto2000 menyampaikan bahwa sebelum berkendara pemilik mobil diwajibkan memeriksa tingkat keausan telapak ban dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban.

Telapak ban yang kehilangan coraknya serta melewati batas TWI bisa mengakibatkan pengendalian mobil menjadi sulit dikendalikan saat berada di jalan licin. Tak hanya itu, kalian juga diharuskan untuk mengecek tekanan angin pada ban sesuai dengan standarnya supaya terasa lebih aman.

Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal juga dapat menjaga performa mobil saat berkendara di jalan basah.

Baca juga: Arti Nomor Rangka (VIN) di Mobil Kamu, Identitas Kendaraan yang Berlaku Internasional

Kondisi Rem Sampai AC Harus Diperhatikan

Komponen mobil yang harus dicek sebelum berpergian

Periksa kondisi rem

Hal terpenting lainnya sebelum memulai perjalanan pengemudi juga diharuskan untuk mengecek kondisi rem. Salah satunya melihat volume minyak rem pada tabung. Jika volumenya di bawah batas minimal, sebaiknya untuk menambahkan jangan lebih dari batas maksimal.

Selain itu juga cek kondisi aki serta sistem pengisiannya guna menjaganya agar tetap optimal. Tak ketinggalan bagian terpenting yang tidak boleh luput dari perhatian ialah wiper, washer serta air pembersih kaca. Untuk sistem pencahayaan mulai dari lampu utama, sein hingga stoplamp juga perlu dicek sebelum memulai perjalanan.

Oh iya, musim hujan seperti ini AC juga mempunyai peran sangat penting agar tidak timbul embun pada kaca. Apabila mempunyai masalah pada AC, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar berkendara tetap terasa aman dan nyaman.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil