window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak

Prasetyo · 9 Okt, 2022 10:09

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 01

  • Ngecas hp di mobil bisa bikin aki mobil soak.
  • Dapat pula merusak baterai ponsel tersebut.
  • Ada cara aman untuk ngecas ponsel di mobil.

Ngecas hp alias handphone di mobil sering dilakukan banyak pengemudi. Alasannya supaya ponsel (telepon selular) tersebut bisa terus aktif selama perjalanan. Terlebih lagi untuk Anda yang mengaktifkan fitur GPS atau peta navigasi digital di ponsel yang cenderung menguras daya baterai.

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 02

Ngecas hp di mobil dengan harapan ketika tiba di tujuan baterainya sudah 100%

Tapi banyak beredar anggapan kalau ngecas hp di mobil bisa menimbulkan banyak kerugian. Satu diantaranya aki (accu) mobil cepat rusak atau soak. Benarkah mitos seperti ini?

Baca juga: Kelihatannya Baru Tapi Ternyata Bekas, Ini Ciri Aki Mobil Rekondisi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Aki Mobil Bekerja Lebih Berat

Pertanyaan yang sering timbul di pengguna kendaraan roda empat adalah apakah ngecas hp di mobil bisa membuat aki cepat soak? Sebenarnya bukan semata-mata karena ponsel tersebut.

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 01

Beban aki bertambah saat ponsel di charge

Seperti dikutip dari rekan kami Autofun Thailand, ada beberapa hal yang bisa memperpendek usia aki mobil. Misal aki mobil umumnya memiliki usia pakai selama 2 tahun. Namun masa pakai ini bisa lebih singkat.

Kondisi tersebut apabila si pemilik kendaraan hampir setiap hari mengisi daya baterai ponsel melalui slot USB, lantas di kabin itu juga terpasang air purifier yang tersabung ke bagian soket pematik rokok, serta penumpang belakang juga menggunakan soket USB buat ngecas hp untuk bermain game, maka kondisi ini akan membuat aki bekerja lebih keras.

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 02

Ngecas ponsel sambil bermain game juga membuat aki bekerja lebih berat

Kalau itu dilakukan berulang setiap hari dan dalam jangka waktu lama, bisa dipastikan masa pakai komponen tersebut juga berkurang dengan cepat. Akibatnya aki soak lebih cepat dari masa pakainya.

Baca juga: Awas Aki Mobil Meledak Tiba-tiba, Kondisi Ini yang Jadi Penyebabnya

Ponsel Bisa Cepat Rusak

Selain risiko aki mobil soak, ngecas ponsel di mobil juga berpotensi merusak komponen pada perangkat selular itu sendiri. Umumnya pengguna kendaraan roda empat ini menggunakan soket pematik rokok dengan daya 1A atau 2.1A sebagai sumber pengisian daya listrik ponsel.

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 03

Soket pematik rokok ini yang biasa dipakai buat charger ponsel

Daya ini sebenarnya cukup untuk mengisi baterai hp hingga full 100%. Namun disarankan lakukan hal itu saat kondisi mobil diam. Hal ini lantaran pasokan daya listrik akan stabil untuk mengisi baterai ponsel.

Tetapi pada kondisi mobil bergerak, headunit diaktifkan, AC menyala, lampu depan juga menyala, maka arus listrik yang tersalur ke baterai ponsel naik turun. Sebab aki akan membagi kebutuhan listrik untuk komponen lain di mobil tersebut. Jika dibiarkan, maka baterai ponsel cepat bocor, menggembung, mudah panas, hingga risiko baterai meledak.

Baca juga: Sering Mati Tiap Dua Tahun, Begini Cara Gampang Menjaga Kondisi Aki Mobil Agar Awet Lebih dari 3 Tahun

Cara Ngecas Hp di Mobil yang Aman

Mau Ngecas Hp di Mobil? Ketahui Caranya Biar Aki Gak Cepat Soak 04

Jangan ngecas pada kondisi mesin mobil belum dinyalakan

Kalau memang cukup berbahaya buat mobil dan ponsel itu sendiri, lantas bagaimana jika hendak mengisi daya baterai ponsel pada kondisi darurat? Sebaiknya lakukan langkah berikut ini:

  • Gunakan soket USB bukan pematik rokok, lebih aman gunakan fitur wireless charging yang mulai ada di beberapa mobil baru;
  • Jangan colokkan kabel ke ponsel sebelum mesin mobil hidup;
  • Biarkan mesin hidup sekitar 1 menit baru colokkan ponsel ke slot USB;
  • Sebaiknya charger ponsel pada kondisi mobil berhenti;
  • Matikan headunit, lampu-lampu, hingga AC pada saat charger ponsel di mobil;
  • Lakukan hanya untuk waktu singkat, misalnya cukup sampai kondisi baterai terisi 20%;
  • Sebaiknya bawa baterai ponsel cadangan atau powerbank untuk melakukan pengisian daya ponsel sementara waktu di jalan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil