window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Fuso Yakin Truk Listrik eCanter Bisa Naikkan Cuan Pengusaha Indonesia

Herdi · 15 Mar, 2024 10:01

mitsubishi fuso ecanter

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter dipastikan bakal meluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang dihelat pada Juli tahun ini.

Kendati demikian, Aji Jaya selaku Sales and Marketing Directors PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso, mengungkapkan kalau pihaknya tidak muluk-muluk untuk menargetkan angka penjualan truk berteknologi listrik tersebut di awal peluncurannya. 

"Kita mulai jual bulan Juli 2024 artinya pertengahan tahun ini, minimal kita targetkan 10 unit," ungkap Aji saat ditemui di sela acara buka bersama di markas PT KTB Pulomas, Jakarta, Kamis (15/3/2024) malam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Truk Listrik Fuso eCanter Siap Meluncur di GIIAS 2024, Sudah Dibuktikan Sebagai Armada 8 Perusahaan

Fuso Bukber

Novian Taufiq-General Manager Sales Planning Unit PT KTB,  Aji Jaya- Sales and Marketing Director PT KTB, Kei Kubota - Sales and Marketing Director PT KTB, Kenta Yamamoto – General Manager After Sales Unit PT KTB 

Memang target ini tidak besar seperti model kendaraan komersial bermesin konvensional, namun Aji punya alasan sendiri kenapa hanya menyebutkan 10 unit.

Bagi Aji, dengan menghadirkan truk listrik eCanter, maka hal ini menjadikan PT KTB sebagai pelopor kendaraan truk listrik di Indonesia.

"Tentunya ini akan berpotensi besar, sebagai tahap awal kita coba minimal 10 unit, tapi saya yakin lebih dari itu," ucapnya. 

Baca juga: Test Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Nanjak Tol Cipularang Nggak Pakai Repot

Truk Fuso eCanter

Truk Fuso eCanter 

Namun begitu, penjualan truk listrik atau konvensional sekalipun untuk mencapai kesuksesan tergantung kondisi pasar. 

Aji meyakini, Mitsubishi Fuso eCanter dipercaya dapat membantu kebutuhan para pelaku bisnis di Indonesia, karena truk listrik berbeda dalam hal teknologi dengan versi konvensional. 

"Terutama biaya operasional tidak membutuhkan bahan bakar dan pelumas, filter-filter, karena semuanya bertenaga listrik, otomatis secara faktanya biaya perawatannya jadi lebih murah," jelas Aji.

Dia juga menyebutkan, kelebihan lain dari Fuso eCanter  adalah ramah lingkungan karena bebas emisi alias zero karbon. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Fuso Canter Bus, Sanggupkah Pemilik Toyota Hiace Berpaling?

Truk Fuso eCanter

Truk Fuso eCanter 

"Dari sisi kenyamanan tentunya juga sangat membantu terutama driver saat mengoperasikan kendaraan," ucapnya. 

Diketahui, PT KTB sudah melakukan kerja sama Proof of Concept Fuso eCanter selama dua tahun dengan delapan perusahaan logistik di Tanah Air. 

Bahkan, kata Aji, dari pengujian yang dilakukan, banyak yang memberikan masukan sarana dan kritik, serta berminat meminang Fuso eCanter sebagai armada bisnis.

Adapun tahap awal penjualan akan dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, dengan target utama dari sektor bisnis logistik. 

Strategi Mitsubishi Fuso di 2024

Lini produk Mitsubishi Fuso di GIICOMVEC 2024

Lini produk Mitsubishi Fuso di GIICOMVEC 2024

Selain menyiapkan truk listrik Fuso eCanter, di tahun 2024 Mitsubishi Fuso akan memasuki usianya ke 53 tahun di Indonesia. 

Hal ini pula yang membuat Mitsubishi Fuso berniat untuk menerapkan strategi terbaru guna meningkatkan penjualan di pasar otomotif nasional tahun ini.

Aji menyebutkan, berkaca dari kesuksesan Mitsubishi Fuso di tahun 2023 dalam penjualan termasuk spare part yang naik 17 persen, maka hal ini akan ditingkatkan kembali di tahun 2024.  

"Dengan semakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka,” ucap Aji.

Sejumlah line up Fuso diharapkan mengalami peningkatan penjualan di 2024

Sejumlah line up Fuso diharapkan mengalami peningkatan penjualan di 2024 

Selain itu, di tahun 2024 PT KTB mengusung strategi Customer First dan menargetkan untuk meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41 persen atau tumbuh sebesar 1,8 persen dengan total unit 34.850. 

"Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen,” tambah Aji Jaya.

Adapun beberapa strategi lainnya adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner. 

Promo Mitsubishi Fuso bulan Ramadan 2024

Fuso Canter

Selama bulan Ramadan, Fuso hadirkan Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service

Di bulan Ramadan, Mitsubishi Fuso juga menyediakan berbagai promo service yang menguntungkan bagi konsumen. 

Diantaranya, untuk konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10 persen untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20 persen untuk oli mesin, dan diskon 10 persen untuk jasa pengerjaan. 

Disamping itu, Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service juga tetap beroperasi penuh selama bulan Ramadhan sampai Lebaran.

@autofun.indonesia Cocok buat usaha gak nih, atau skip dulu? #mobilbaru #reviewmobil #mitsubishi #l100ev ♬ Groove-Break-Jazz-Store-PV etc.(991755) - ImoKenpi-Dou

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi L300 Cab Chasiss 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia