Mitsubishi Pamer Siluet Eclipse Cross Baru, Bakal Lahir dengan Mesin PHEV

Joe · 21 Sep, 2020 20:21

Mitsubishi Pamer Siluet Eclipse Cross Baru, Bakal Lahir dengan Mesin PHEV 01

Mitsubishi Pamer Siluet Eclipse Cross Baru, Bakal Lahir dengan Mesin PHEV

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) kabarnya akan segera meluncurkan Mitsubishi Eclipse Cross terbaru.

Hal tersebut ditunjukkan dari foto siluet yang diunggah secara resmi oleh Mitsubishi Motors Corporation di situs resminya.

Generasi terbaru Mitsubishi Eclipse Cross ini akan hadir dengan berbagai pembaharuan.

Berdasarkan keterangan resmi yang dikirimkan pihak MMC, Mitsubishi Eclipse Cross terbaru akan menggunakan mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) baru yang ramah lingkungan.

Secara tidak langsung, Mitsubishi Eclipse Cross akan menyusul Mitsubishi Outlander yang sudah lebih dahulu hadir dengan menggunakan jenis mesin tersebut.

Tidak hanya bagian dapur pacu saja, disebutkan juga tampilan dari Mitsubishi Eclipse Cross terbaru ikut mendapatkan penyegaran.

Kabarnya bakal ada ubahan besar pada bagian eksteriornya, yang membuat SUV Crossover ini tampil lebih sporty jika dibandingkan model sebelumnya.

“Desain baru ini mendapat inspirasi dari Mitsubishi e-Evolution Concept yang menekankan kekuatan dan dinamika dari warisan SUV Mitsubishi sekaligus meningkatkan gaya elegan SUV ala coupenya,” ujar Seiji Watanabe, selaku Division General Manager of Design MMC dalam keterangan resminya, Kamis (17/9/2020).

Disebutkan dalam pres rilis itu, perubahan tersebut disematkan pada bagian fascia atau tampangnya dan bagian buritan.

Watanabe menambahkan, kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross PHEV juga sebagai penanda gaya baru dari Mitsubishi Motors di masa mendatang.

"Eclipse Cross ini sebagai langkah awal generasi baru Mitsubishi Design, ke depannya akan banyak yang menyusul," pungkasnya.

Jika sesuai jadwal, Mitsubishi Motors berencana untuk meluncurkan Eclipse Cross PHEV terbaru pada tahun fiskal 2020.

Adapun tahun fiskal Mitsubishi Motors dimulai sejak 1 April 2020 kemarin dan tutup buku pada 31 Maret 2021 mendatang.

Artinya tidak sampai setengah tahun lagi pengusung nama Sedan Eclipse dengan bodi SUV ini akan segera dirilis.

Lantas apakah Mitsubishi Eclipse Cross PHEV terbaru bakal masuk ke Indonesia juga seperti Mitsubishi Outlander PHEV?

Mitsubishi Pamer Siluet Eclipse Cross Baru, Bakal Lahir dengan Mesin PHEV 02

Perlu diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mulai memperkenalkan Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia tahun lalu.

Peluncuran SUV bergaya crossover ini dilaksanakan pada ajang pameran otomotif nasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Kehadiran SUV anyar Mitsubishi yang mengusung nama besar sedannya Eclipse ini menjadi penantang Honda CR-V yang sebelumnya sudah hadir di pasaran tanah air.

Secara dimensi, pesaing Honda CR-V dari Mitsubishi ini memiliki panjang 4.405 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.685 mm. 

Dengan panjang sumbu rodanya 2.670 mm, radius putar Mitsubishi Eclipse Cross mencapai 5,3 meter atau 5.300 mm.

Karena saat itu belum ada varian dengan mesin hybrid, jadi Mitsubishi Eclipse Cross  hanya ditawarkan dengan mesin kombusi saja.

Ada mesin bensin berkapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder segaris sodium-filled exhaust valce MIVEC dengan 16 valve turbocharged di balik kap mobil dengan logo tiga berlian ini.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 160 PS pada 5.500 rpm dengan padanan torsi 250 Nm yang dihentakkan pada putaran mesin antara 1.800 rpm sampai 4.500 rpm.

Kalau dibandingkan sih masih, performanya masih kalah dengan Honda CR-V yang ang dibekali mesin 1.5L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW yang dapat menghasilkan tenaga 190 Ps pada 240 Nm.

Namun perlu diketahui, Mitsubishi Eclipse Cross didukung dengan transmisi otomatis INVECS-III CVT yang membuat konsumsi bahan bakar semakin efisien, serta mendukung akselerasi yang lebih baik.

Jadi ada plus minus dari komparasi keduannya.

Mitsubishi Pamer Siluet Eclipse Cross Baru, Bakal Lahir dengan Mesin PHEV 03

Berpindah ke bagian dalam atau interior, para konsumen Mitsubishi Eclipse Cross dijamin tidak akan kecewa karena mobil ini memiliki desain interior yang mewah, tetapi juga karena banyaknya fitur canggih yang disematkan.

Untuk kenyamanan pada bagian jok sudah dilapisi dengan material genuine leather dengan warna hitam. 

Lalu pada bagian panel intrument dapat memberikan informasi berupa kecepatan, putaran mesin, serta advance features yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, pengemudi juga bisa mengatur kecerahan gambar dan tinggi layar agar mudah menerima informasi saat berkendara. 

Ada juga fitur Touchpad Controller yang berguna untuk memudahkan pengendara dalam mengatur smartphone-link display audio dengan sentuhan jari pada touchpad yang terletak di samping tuas transmisi.

Lanjut ke bagian fitur keselamatannya, mobil ini bisa dibilang memiliki fitur keselamatan lebih dari cukup.

Seperti adanya tujuh SRS airbags dan forward collision mitigation system. 

Fitur yang terakhir tersebut mampu untuk mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser, serta berbagai fitur keamanan lainnya.

Tak heran, Mitsubishi Eclipse Cross mendapatkan peringkat tinggi dengan 5 stars dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) .

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Eclipse Cross 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru