window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV Siap Dirakit di Karawang Mulai 2024

Herdi · 20 Feb, 2023 16:08

Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV Siap Dirakit di Karawang Mulai 2024 01

Mitsubishi Minicab MiEV dipastikan bakal dijual di pasar otomotif nasional. Bahkan, mobil listrik tersebut akan dirakit secara lokal di Indonesia, di salah satu pabrik milik PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing, di Karawang, Jawa Barat. 

Informasi ini disebutkan langsung Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura saat ditemui di acara Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. 

Baca juga: Live Report IIMS 2023: Mitsubishi XFC Concept Siap Tantang Honda HR-V, Hyundai Hadirkan Creta Dynamic Black Edition

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Minicab MiEV

Mobil listrik komersial

Menurut Nakamura, jika Mitsubishi MiEV diproduksi di Indonesia, maka ini merupakan pertama kalinya Mitsubishi memproduksi mobil listrik di luar Jepang. "Langkah ini juga menandai kiprah Mitsubishi sebagai pabrikan otomotif asal Jepang pertama yang memulai produksi mobil listrik lokal di Indonesia," ungkap Nakamura saat presentasi di IIMS 2023.

Jika tak ada aral melintang, Nakamura menyatakan Mitsubishi MiEV akan mulai rakit secara Completely Knock Down (CKD) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Pembuatan Mitsubishi XFC Concept Banyak Dengarkan Ide dari Indonesia, Termasuk Saran Konsumen

Alasan Minicab Mitsubishi MiEV Dirakit di Indonesia

Mitsubishi Minicab MiEV

Interior Minicab MiEV

Rencana Mitsubishi akan merakit dan menjual mobil Minicab MiEV di Indonesia, tentu saja menimbulkan tanda tanya. Mengapa pabrikan berlogo tiga berlian itu lebih memilih mobil komersial daripada mobil penumpang.

Menanggapi hal tersebut, Nakamura menyatakan bahwa alasannya sangat sederhana, yaitu Minicab MiEV merupakan model tercepat dan fastest battery ev yang bisa Mitsubishi produksi di Indonesia. "Tapi kami sudah punya mobil listrik penumpang di Jepang. Tapi butuh waktu untuk memproduksinya di Indonesia," ujar Nakamura.

Interior Mitsubishi Minicab MiEV

Tampak belakang Minicab MiEV

Namun sayang, saat ditanya berapa harga Mitsubishi Minicab MiEV nanti, Nakamura masih enggan menjabarkan. Namun dia menyatakan jika harga mobil listrik niaga ini harus dijual kompetitif.

"Kami sudah berdiskusi dengan pemerintah Indonesia terkait dengan subsidi untuk EV. Pemerintah saat ini masih terus berdiskusi untuk mendukung EV di Indonesia, jadi kami masih menunggu respon dari pemerintah," tuturnya.

Baca juga: Rp15 Juta Lebih Murah dari Mitsubishi Xpander Bekas, Nissan Livina Seken Juga Menarik

Mitsubishi Minicab MiEV Sudah Diuji Coba

Mitsubishi Minicab MiEV

Beberapa unit sudah dipakai untuk uji coba

Minicab-MiEV sendiri faktanya bukan merupakan barang yang benar-benar baru hadir di Indonesia. Sebab, mobil listrik niaga ini telah dilakukan studi bersama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Tanah Air. 

Seperti diketahui perusahaan yang telah menguji mobil listrik Mitsubishi ini diantaranya PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek sebagai bagian dari GoTo Group, dan DHL Supply Chain Indonesia. 

Tampak wajah Mitsubishi Minicab MiEV

Tampak wajah Mitsubishi Minicab MiEV

Sementara itu untuk area Bali telah dilakukan dalam agenda EV Joint Project untuk mendukung operasional salah satu perusahaan yang bergerak penunjang pariwisata yaitu Be Sanur. Studi bersama yang telah dilakukan menunjukan hasil yang memuaskan dalam kaitan untuk mendukung bisnis secara efektif dan efisien.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia