window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Omoda E5 Lagi Jadi Bintang, Chery Terus Perkuat Jaringan Infrastruktur Mobil Listrik

Prasetyo · 25 Apr, 2024 16:45

chery omoda e5

Kehadiran Chery Omoda E5 sepertinya memang membuat sebagian masyarakat Indonesia terbuai dan antre untuk memesannya.

Terbukti, sejak resmi diluncurkan saat pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu, sudah lebih dari 1.000 unit Omoda E5 yang didistribusikan Chery kepada konsumennya di Tanah Air.

Para pemesan mobil listrik asal Tiongkok ini pun bukan cuma datang dari Jakarta, namun sejumlah kota lain, termasuk Karawang, Jawa Barat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hal ini diungkapkan Faesal Khadapi, Regional Manager Regional 2 PT Chery Sales Indonesia (CSI).

chery omoda e5

Pesanannya terus mengular

"Untuk Omoda E5 memang cukup tinggi, karena kita tau mobil ini diluncurkan Februari kemudian ada momen Lebaran dimana seperti tahun-tahun sebelumnya setiap Lebaran permintaan mobil baru selalu tinggi," kata dia saat ditemui di Chery Arta Karawang, Kamis (25/04/2024).

Bahkan menurutnya, disaat kondisi pasar otomotif Nasional yang mengalami penurunan, jumlah peminat terhadap Omoda 5 versi listrik ini justru masih stabil.

Hal yang sama juga diungkapkan Ridwan Jaelani selaku Branch Manager Chery Arta Karawang, yang menyebut pesanan Omoda E5 sudah mulai berdatangan.

"Kita sendiri pasang target 15 unit per bulan, itu termasuk Omoda E5 yang memang lagi jadi FOMO di masyarakat," katanya.

Baca juga: Sah, Chery Omoda E5 Jadi Mobil Listrik yang Dirakit di Bekasi

Chery Terus Perkuat Infrastruktur Mobil Listrik

chery omoda e5

Chery tus perluas jaringan dealer yang siap menangani EV

Mengingat peminat terhadap Omoda E5 yang terus tinggi, Setia Hariadi sebagai Head of Dealer and Networking PT CSI menjelaskan kalau saat ini pihaknya terus memperluas cakupan layanan bagi para konsumen mobil listrik berbasis baterai (BEV).

Antara lain soal kesiapan jaringan dealer dan bengkel resmi, jika saat ini baru ada 17 dealer Chery se-Indonesia yang sudah siap melayani perbaikan mobil listrik, maka kedepannya akan bertambah 20 dealer lagi secara Nasional.

"Tapi kita harus pahami juga kalau pasar EV ini belum besar dan infrastruktur dari pemerintah juga belum merata. Mungkin di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Karawang sudah banyak jaringan chargings station, tapi kalau kita lihat di daerah-daerah lain misalnya Kalimantan, Sulawesi, pasti tidak sebanyak disini. Jadi kita tidak mau paksakan semua dealer harus bisa melayani EV," katanya.

Selain soal kesiapan dealer, ketersediaan SDM (Sumber Daya Manusia) seperti mekanik untuk mengatasi permasalahan yang ada di mobil listrik, menurutnya juga jadi perhatian pihak Chery.

"Karena cara penanganan EV itu kan juga jauh berbeda dengan mobil ICE. Misalnya mobil EV punya tiga komponen utama yaitu baterai, motor listrik, dan bodi mobilnya itu sendiri. Jadi perlu disiapkan juga mekaniknya," ucap Hariadi.

Baca juga: Mobil Listrik Chery Diminta Pemerintah RI Ikut Pakai Baterai Nikel

Chery Resmikan Dealer di Karawang

chery arta karawang

Peresmian dealer Chery Arta Karawang

Satu dari beberapa cara untuk mempersiapkan infrastruktur kebutuhan akan kendaraan listrik, lanjut Hariadi, adalah dengan memperluas jaringan dealer dengan layanan 3S (Sales, Service, Spare part).

Karena itulah, CSI meresmikan jaringan dealer terbarunya di wilayah Karawang, Jawa Barat melalui Chery Arta Karawang.

Karawang dinilai sebagai kota satelit Jakarta yang saat ini terus berevolusi, sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang kian pesat.

Potensi pasar di Karawang ini unik karena tidak masuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), namun jadi satu wilayah antara Karawang, Cikampek, Subang dan Purwakarta. Yang pertumbuhannya paling besar dari area ini untuk wilayah Jawa Barat selain Bandung ada Karawang, Cikampek dan Subang. Inilah kenapa kita buka di Karawang," lanjut Heriadi.

Chery Arta Karawang tepatnya berlokasi di Jl. RSUD Raya Galuh Mas No. 152, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. 

chery arta karawang

Dealer 3S Chery di Karawang

Memiliki fasilitas 3S, dealer ini berdiri di atas lahan seluas 585 meter persegi dengan luas bangunan 870 meter persegi.

Chery Arta Karawang dilengkapi dengan fasilitas showroom, bengkel, dan layanan purnajual yang komprehensif. 

Tim penjualan dan teknisi juga telah dipersiapkan untuk mengakomodasi para konsumen yang memerlukan konsultasi produk secara informatif dan rinci.

PT Arta Bumi Motor sebagai pengelola Chery Arta Karawang juga sebelumnya telah sukses menjalankan empat dealer Chery yang berada di Jakarta dan Tangerang Selatan yaitu di Pluit, Kelapa Gading, dan Serpong. 

"Kemitraan dengan Chery yang telah berjalan dalam dua tahun ini bertumbuh semakin kuat. Kepercayaan kami akan potensi produk-produk Chery dan kemampuan kami dalam memperkuat jaringan menjadi dasar untuk menjangkau konsumen di Karawang. Kami yakin dealer ini dapat memberikan pengalaman terbaik untuk para konsumen," papar Herman Suryahusada, Direktur PT Arta Bumi Motor.

Baca juga: Omoda E5 Laku Keras, Chery Tetap Tak Mau Hanya Fokus di Mobil Listrik

Harga dan Spesifikasi Chery Omoda E5

chery omoda e5

Harganya mirip Chery Omoda 5

Bagi kalian yang mungkin juga sudah tertarik dengan mobil listrik Chery Omoda E5, berikut ini kami akan paparkan spesifikasi lengkapnya.

Omoda E5 menggunakan baterai LFP (Lithium Iron Phosphate) berkapasitas 61 kWh yang diletakan di bawah kabin dengan menghasilkan daya tempuh sejauh 430 kilometer (km) menurut WLTP, serta 505 km berdasarkan pengetesan NEDC.

Mengenai lama waktu pengecasan dengan memanfaatkan pengisian daya cepat dari 30 hingga 80% kurang lebih membutuhkan 30 menit.

Untuk daya listrik yang tersimpan pada baterai selanjutnya diteruskan ke motor penggerak yang terletak balik bonnetnya.

Menariknya mobil ini telah dukungan Vehicle to Load (V2L), yang mana dapat menjadi sumber energi portabel untuk menyalakan beragam perangkat elektronik saat berada di luar rumah atau sedang berpergian.

chery omoda e5

Interior Chery Omoda E5

Bicara motor listrik yang digunakan, Omoda E5 pasar Indonesia dibenamkan motor listrik berdaya 150 kW atau setara dengan 204 PS yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Untuk akselerasi yang dihasilkan dari motor listriknya mampu menarik mobil dalam kecepatan 0 hingga 100 km/jam cukup 7,2 detik.

Omoda E5 dibekali sederet fitur keselamatan aktif yang canggih untuk mencegah dan memitigasi kecelakaan.

Terdapat 17 fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) tersemat di dalam Omoda E5 guna memberikan keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Inovasi futuristik yang ditampilkan, mobil ini dibekali 540 derajat Panoramic Camera yang memberikan visibilitas menyeluruh, membantu pengemudi saat parkir, bermanuver di ruang sempit, bahkan meningkatkan keselamatan di jalan.

chery omoda e5

Mobil listrik pertama dari Chery di Indonesia

Omoda E5 dibekali head unit 24,6 inci Snapdragon Cockpit Platform Gen 3, SA 8155, perangkat yang akan memfasilitasi perluasan fungsi kendali dengan kecerdasan dan kenyamanan tinggi yang juga berfungsi pada entertainment system dan kelancaran dalam mengoperasikan navigasi, multimedia player, dan konektivitas smartphone dengan Android Auto dan Apple Carplay.

Untuk head unit yang digunakan mampu menghasilkan kualitas suara tingkat atas berkat dipadukannya audio atau speaker garapan Sony.

Tak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan ambient lighting 64 warna yang sekaligus mampu merefleksikan setiap pengguna, panoramic sunroof, pengaturan jok elektrik, serta beberapa fitur penunjang lainnya.

Harga Chery Omoda E5

  • Rp 498.800.000 on the road Jakarta

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Omoda E5

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia