window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa!

Prasetyo · 9 Feb, 2023 18:06

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 01

Mungkin Anda juga akan mengalami kepanikan yang sama saat melihat ada mobil di depan dengan pintu bagasinya yang terbuka. Lantas ada kaki manusia yang tampak di bagasi mobil itu. Apakah ini kasus penculikan atau penyekapan di bagasi mobil? Mungkin itu yang langsung terlintas di benak Anda ketika melihat kejadian tersebut.

Sama halnya dengan kejadian viral yang belum lama ini ada di Shanghai, Cina. Dikutip dari Autohome, Kamis (09/02/2023), seseorang menggunggah video saat ini berkendara. Video itu memperlihatkan bagian pintu bagasi mobil di depannya yang sedikit terbuka.

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 02

Bagasi sedikit terbuka dan terlihat ada kaki seseorang

Pengunggah video itu merasa ketakutan. Karena dari balik bagasi terlihat ada sosok satu orang dengan posisi duduk dan kaki ditekuk. Sementara tubuh bagian atasnya tidak terlihat. Ia pun berpikir apakah ini kasus penculikan dimana korban berusaha meminta pertolongan dengan membuka pintu bagasi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Viral, Lampu Depan Porsche Panamera Dicuri Cuma Butuh 14 Detik, Dijual Bisa Dapat Toyota Avanza Bekas

Pengemudi Mobil Langsung Dibekuk dan Ditahan, Tapi...

Selain memvideokannya, saksi yang melihat kejadian ini pun langsung menghubungi polisi. Pihak Kantor Polisi Xinqiao yang merespon laporan itu lantas melakukan penyelidikan. Mereka memantau CCTV di area jalan yang dilintasi kendaraan dengan kondisi pintu bagasi terbuka tersebut.

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 01

Pengemudi langsung digiring ke kantor polisi

Kemudian polisi juga mencocokkan antara video yang diunggah, dengan video yang dikirim si pelapor. Alhasil, polisi pun mengunci akses jalan mobil Nissan Murano dengan bagasi belakang terbuka ini. Kemudian polisi membekuk Wang, si pengemudi SUV putih tersebut.

Sempat ditahan beberapa jam, Wang pun akhirnya diinterogasi. Saat dimintai keterangan, ia menyebut kalau ia sebenarnya baru saja pulang dari rumah temannya. Dan ia membawa meja kayu dari rumah temannya itu.

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 02

Wang meminta istrinya Lu untuk memengang meja dan pintu bagasi selama perjalanan

Karena ruang bagasi di mobilnya terbatas yang membuat meja tidak bisa masuk sepenuhnya agar pintu bagasi tertutup rapat, maka ia meminta istrinya Lu duduk di bagasi belakang. Lu bertugas menopang meja kayu tersebut agar tidak merosot, sekaligus menjaga supaya pintu bagasi tidak terbuka sepenuhnya selama perjalanan. 

Meskipun Wang mengaku jarak rumahnya dengan rumah temannya tak terlalu jauh, namun polisi tetap memberikan denda 100 yuan atas kecerobohannya itu. Ia dinilai membahayakan penumpang dan pengguna jalan lain karena pintu bagasi mobilnya tidak tertutup rapat, serta membawa beban berlebih di mobil bukan pengangkut barang. 

Baca juga: Viral Kendaraan Mogok Pasca Isi Pertalite Campur Air di SPBU, Hati-hati Kerusakannya Bikin Jebol Kantong

Kasus yang Lebih Parah Banyak Terjadi di Indonesia

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 03

Mobil angkut barang hingga motor

Mungkin untuk kejadian di Shanghai bukan hal yang lumrah. Namun kalau kita lihat kondisi di Indonesia terutama di daerah pelosok, bagasi mobil terbukan lantaran membawa barang berlebih sangat sering dilakoni.

Tentu saja ini bukan tindakan yang patut dicontoh karena bisa membahayakan bukan cuma pengemudi mobil tersebut. Tapi juga penumpang di dalam kendaraan, dan pengguna jalan yang lain.

Pengemudi Diciduk Polisi karena Bawa Barang dan Orang Sampai Bagasi Mobil Terbuka, Indonesia Mah Biasa! 04

Kasus seperti ini banyak terjadi di Indonesia

Ini lantaran visibilitas pengemudi ke arah belakang jadi tidak maksimal akrena tertutup barang bawaan. Sementara buat pengguna jalan lain adalah bahaya barnag yang diangkut itu tercecer dan menimpa mobil atau motor di belakangnya.

Baca juga: Viral Pesepeda Ngeyel Ditegur Polisi karena Tidak Menggunakan Jalur Khusus

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil