window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Peraturan Lalu Lintas yang Aneh di Berbagai Negara (Part 2), Mobil Warna Hitam Dilarang

Herdi · 17 Okt, 2023 13:02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski akan terkesan konyol, namun ketika Anda berkunjung ke negara tersebut tentu saja harus mematuhinya, karena bisa terkena sanksi yang merugikan diri sendiri.

Nah, setelah melihat 1-10 peraturan aneh di beberapa negara, maka keanehan lainnya akan Autofun sajikan kembali, yaitu:

Larangan mereokok sambil mengemudi

Larangan mereokok sambil mengemudi

11. Pengemudi dilarang merokok di dalam mobil, jika ada anak di bawah umur 12 tahun

Aturan aneh juga terjadi di Yunani, dimana pengemudi boleh merokok di dalam mobil, namun hal itu akan sangat dilarang jika ada anak di bawah umur 12 tahun.

Kenapa aturan ini diberlakukan demikian ya? Padahal bisa saja ada penumpang yang usianya di atas 12 tahun atau pengemudi merasa risih dan bau jika harus menghirup asap rokok di dalam mobil.

12. Dilarang mengemudi kecepatan di atas 30 km

Petugas polisi di Austria bisa melakukan penilangan jika mobil melaju dengan kecepatan lebih dari 30 km per jam. 

Disebutkan, petugas sendiri bisa mengetahui mobil yang melaju dengan kecepatan lebih dari 30 km per jam hanya dengan mata telajang. 

Memang aturan ini cukup aneh, mengingat kecepatan 30 km per jam, bisa dikategorikan cukup lambat. Kendati demikian, warga Austria rupanya memang sangat dilarang kebut-kebutan. 

Emh, sopir bus antar AKAP dari Indonesia bisa menangis jika di Austria.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Menjadikan Anda Mahir Mengemudi dengan Aman dan Nyaman

13. Wanita dilarang mengemudi mengenakan gaun

Seroang wanita mengemudi

Seorang wanita mengemudi di California tidak boleh pakai sembarang pakaian

Seorang wanita sudah pasti ingin terlihat cantik saat ke sebuah acara.  Hanya saja, di California, Amerika Serikat, seorang wanita dilarang mengemudi jika sudah mengenakan gaun.

Meski aturan ini terkesan rancu, kemungkinan otoritas setempat bermaksud melarang penggunaan gaun cukup panjang dan heboh, karena bisa membuat pengemudi wanita jadi tidak nyaman.

14.  Tidak Boleh mengganti pakaian di dalam mobil dengan tirai tertutup

Aturan yang cukup aneh juga terjadi Evanston, Illinois, dimana seseorang tidak boleh berganti pakaian dengan tirai tertutup, hal tersebut dianggap melanggar hukum. 

Akan tetapi aturan tersebut bisa dilanggar jika kecuali terjadi kebakaran. 

Ehm, cukup aneh aturan ini, karena mereka yang ingin berganti pakaian di dalam mobil dan ditutup tirai bermaksud agar tidak ada yang melihat bagian tubuhnya, karena itu privasi. 

15. Dilarang mengemudi telajang dada

Seorang pria mengemudi telanjang dada

Mengemudi bertelanjang dada dilarang di Thailand

Aturan kocak, juga dilakukan di Thailand, dimana pengemudi dilarang bertelanjang dada, meski itu seorang laki-laki. 

Namun disebutkan juga, aturan ini harus diterapkan laki-laki maupun wanita, saat bepergian baik menggunakan kendaraan pribadi, maupu umum.

Adapun bagi Thailand, menggunakan pakain yang layak adalah sudah seharusnya dilakukan untuk menjaga norma dan kesopanan.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Jangan Jadi Kesempatan Buat Kebut-kebutan! 

16. Pengemudi boleh telajang

Jika Thailand melarang pengemudi bertelajang dada, maka berbeda dengan aturan di Jerman, dimana pengemudi diperbolehkan bugil.

Menurut aturan Jerman, mereka boleh mengemudi sambil bertelanjang, untuk merasakan angin menerpa tubuh mereka. Hal ini dikarenakan mobil dianggap menjadi ruang pribadi.

Akan tetapi, ketika saat turun dan keluar dari mobil, pengemudi tetap harus mengenakan pakaian, dan sangat dilarang untuk bertelanjang di ruang publik.

17. Menyalakan Radio di Taxi Harus Bayar

Radio atau head unit merupakan fitur yang ada pada sebuah mobil.

Radio atau head unit merupakan fitur yang ada pada sebuah mobil, tapi di Finlandia saat menumpang taksi mendengarkan radio harus membayar pajak. 

Di Indonesia, penumpang meminta untuk sopir taksi untuk menyalakan radio atau musik itu hal biasa. Bahkan sang sopir kerap inisiatif menanyakan nya. 

Namun hal itu ternyata tidak bisa dilakukan sembarang ketika Anda ada di Finlandia. 

Bagaimana tidak, jika Anda ingin mendengarkan radio di dalam taksi, maka harus dikenakan pajak terlebih dahulu.

18. Dilarang duduk membaca koran di tengah jalan 

Aturan aneh juga diterapkan di Michigan, Amerika Serikat, dimana ada larangan duduk di tengah jalan sambil membaca koran.

Tentu saja ini aneh, mengingat apakah ada orang yang membaca koran di tengah jalan?

Walaupun sudah pasti membaca buku di tengah jalan akan sangat mengganggu pengguna jalan dan juga tidak aman serta nyaman. 

19. Dilarang berhenti untuk pejalan kaki

Para pejalan kaki

Para pejalan kaki

Sudah jadi hal lumrah pengemudi berhenti ketika akan ada pejalan kaki yang melintas. Terlebih jika di Jepang, pejalan kaki pasti diutamakan.

Namun begitu, tidak dengan di China, khususnya Beijing, berhenti untuk memberikan jalan pada pejalan kaki disebut-sebut perbuatan ilegal.

20. Dilarang mengelap mobil dengan pakaian bekas

Ketika mobil kotor, tidak ada salahnya mencuci, dan menggunakan peralatan seadanya seperti baju bekas untuk membasuh atau melakukan perawatan. 

Namun, di San Fransisco mengeringkan atau memoles mobil dengan pakaian bekas ternyata perbuatan ilegal dan dilarang

21. Mengendarai mobil hitam pada hari Minggu

Di Denver, Colorado

Di Denver, Colorado mobil warna hitam dilarang digunakan pada hari minggu

 Kebijakan aneh juga diterapkan di Denver, Colorado,  dimana mengendarai mobil berwarna hitam pada hari minggu adalah tindakan ilegal. 

Tentu saja ini jika warga +62 pindah ke wilayah tersebut tentu akan keberatan, karena di Indonesia sendiri, mobil warna hitam banyak digemari.


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil