window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Kelemahan Honda Civic Turbo, Harga Bekas Menarik Tapi Perhatikan Hal Ini

Prasetyo · 17 Okt, 2023 12:03

kelemahan honda civic turbo bekas

Ada beberapa kelemahan Honda Civic Turbo bekas yang harus diperhatikan jika Anda hendak membelinya meskipun harganya kini sudah sangat menarik.

Honda Civic Turbo bekas adalah pilihan menarik karena menawarkan sebuah kendaraan dengan performa yang mengesankan serta fitur yang cukup lengkap. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apalagi harga bekas Honda Civic generasi kesepuluh ini sekarang harga sekennya sangat menggoda.

honda civic turbo sedan

Tipe sedan diluncurkan lebih dulu daripada varian hatchback (Foto: Mobil123)

Dipasaran, harga Civic Turbo bekas sudah sentuh Rp300 jutaan saja, banderol tersebut tentunya sangat menggiurkan mengingat hanya setara Toyota Veloz kondisi baru.

Meskipun dibalut dengan beberapa keunggulan, namun seperti semua kendaraan, Civic Turbo juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. 

Baca juga: Harga Honda Civic Turbo Bekas Kini Setara Toyota Veloz Baru, Hatchback Turbo yang Digilai Anak Muda

Honda Civic Turbo Pertama Kali Keluar Tahun 2016

honda civic turbo hatchback

Varian hatchback sepintas tak jauh berbeda (Foto: Mobil123)

Sedikit kilas balik, PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali meluncurkan Civic Turbo pada 2016 lalu dalam tipe body sedan tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

"All New Honda Civic dikembangkan berdasarkan reputasi besar dari generasi-generasi sebelumnya, sambil mendobrak batasan baru untuk menciptakan model Civic terbaik yang pernah ada," kata Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM saat itu.

Pada saat diluncurkan, All New Civic tersedia dalam lima pilihan warna yakni, Cosmic Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, dan Modern Steel Metallic. 

@garasi.autofun Di angka Rp200 jutaan kecil, menurut kalian Honda Civic FB facelift ini sip atau skip? #mobilbekas #tipsmobilbekas #bekasberkualitas #mobilseken #reviewmobilbekas #reviewmobil ♬ Adult Bitter Groove Jazz-Store Video(1132713) - ImoKenpi-Dou

Kemudian pada Juni 2017, HPM menawarkan Civic Turbo dengan body hatchback meskipun secara platform, mesin, hingga fitur, keduanya serupa.

Kala pertama muncul, Honda ingin menyasar pelanggan yang saat ini menggunakan Honda Jazz serta konsumen berusia muda mengingat ketika itu Jazz memang telah direncanakan untuk discontinue di Indonesia.

Jonfis Fandy yang ketika itu menjabat sebagai Marketing Director and After Sales Service HPM menyebutkan, hatchback ini ditujukan buat mereka yang mau upgrade dari Honda Jazz lantaran penghasilannya mulai mapan dan ada yang mulai berkeluarga.

"Dari Honda Jazz mau upgrade ke atas, kan belum ada, sekarang kan adanya SUV, nah kini ada pilihan Civic Hatchback. Jadi ini menyasar anak-anak muda yang pendapatannya sudah lebih meningkat. Misalnya di bidang start up company, mereka mampu beli mobil baru dan ingin tampil beda," ujar Jonfis.

honda civic turbop hatchback rs

Peluncuran varian Vivic Turbo Hatchback RS

Lantas di Februari 2020, HPM kembali menawarkan Civic Turbo Hatchback tetapi dengan tambahan varian RS yang tampil lebih sporty dengan beberapa aksesoris pembeda.

"New Honda Civic Hatchback RS memadukan Heritage dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang merupakan Global Sporty Icon dari Honda, sehingga menghasilkan model yang semakin sporty dan semakin stylish sesuai dengan tema Sexiness Intensified yang diusungnya," papar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM.

Beberapa hal yang beda dari Civic Hatchback RS ini adalah penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang, dan Side Sill Garnish di bagian samping. 

Lalu velg alloy berukuran 17 inci tampil dengan desain Two-Tone, sementara bagian belakang kini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher dan ada emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang.

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Honda Civic Turbo Hatchback

Kelemahan Honda Civic Turbo

Dalam artikel ini, kami akan mengungkap beberapa kelemahan Honda Civic Turbo terutama kondisi bekas yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

1. Harga Honda Civic Turbo Bekas 2023 Depresiasinya Cukup Tinggi

honda civic turbo sedan bekas

Harga bekasnya varian sedan sudah setara Avanza Veloz baru (Foto: Mobil123)

Satu dari beberapa kelemahan Honda Civic Turbo adalah depresiasi harga unitnya yang relatif tinggi jika dibandingkan harga barunya saat diluncurkan sekitar 5-6 tahun lalu. 

Pada kondisi baru, harga Civic Turbo cenderung lebih mahal daripada beberapa pesaingnya di kelas yang sama, seperti Toyota Altis dan Mazda 3. 

Saat diluncurkan, harga Civic Turbo sedan Rp475 juta, sementara versi hatchback nya Rp399 juta (tipe S), Rp438 juta (tipe E), dan Rp499 juta (tipe RS).

Dan saat ini harga bekas Civic Turbo sedan mulai dari Rp290 jutaan, sementara Civic Turbo hatchback bekas mulai dari Rp310 jutaan tergantung kondisi.

Berarti ada depresiasi harga sekitar Rp100 juta antara banderol saat diluncurkan pertama kali dengan harga sekennya.

2. Pemakaian Bahan Bakar

bbm non subsidi

Wajib konsumsi BBM minimal RON 92

Mesin turbocharged yang digunakan dalam Civic generasi ke-10 ini memang memberikan performa yang luar biasa, namun ini membuat pemakaian bahan bakar yang tidak terlalu efisien. 

Mesin 1.5-liter turbocharged memiliki kecenderungan untuk lebih boros daripada mesin non-turbo dalam situasi penggunaan sehari-hari. 

Ini berarti bahwa pemilik Civic Turbo mungkin perlu lebih sering mengisi bahan bakar dan menghadapi biaya penggunaan BBM yang lebih besar mengingat mobil ini direkomendasikan pakai bahan bakar dengan oktan minimal RON 92.

Sebagai catatan, harga BBM dengan nilai oktan tersebut per Oktober 2023 paling murah adalah Pertamax dari Pertamina sebesar Rp14.000/liter, kalau mau isi Pertamax Turbo maka harganya Rp15.900/ liter.

Sementara Shell Super Rp15.380/liter, Shell V-Power Rp15.650 /liter dan V-Power Nitro+ Rp16.010 /liter.

Adapun Vivo Revvo 92 Rp14.460 /liter, Revvo 95 Rp15.450 /liter, dan BP 92 Rp13.500 /liter serta BP Ultimate Rp15.650 /liter.

Baca juga: Konsumsi BBM Sedan Mana Paling Irit, Honda Civic Turbo atau Mazda 3?

3. Suspensi yang Keras

honda civic turbo meter cluster

Hadirkan kenikmatan berkendara tapi terkonsekuansi suspensi kurang nyaman (Foto: Mobil123)

Honda Civic Turbo dikenal memiliki suspensi yang lebih keras dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. 

Ini dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat melewati jalan berlubang atau kasar.

Kendaraan ini cenderung lebih keras pada suspensinya untuk mempertahankan karakteristik handling yang kuat, namun hal ini dapat mengorbankan kenyamanan dalam perjalanan sehari-hari.

4. Ruang Kabin yang Terbatas

honda civic turbo jok belakang

Akomodasi jok penumpang belakang juga tidak terlalu luas (Foto: Mobil123)

Meskipun Honda Civic Turbo adalah hatchback yang menarik, beberapa orang mungkin merasa ruang kabinnya terbatas. 

Ini terutama berlaku untuk penumpang belakang, dimana ruang kaki dan ruang kepala terasa cukup sempit. 

Bagasinya juga memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada mobil sekelasnya, yang mungkin membuat kendaraan ini kurang cocok bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan saat berpergian.

5. Tidak Tersedia Varian Hybrid

honda civic turbo mesin

Andalkan mesin turbo (Foto: Mobil123)

Baik Civic Turbo sedan maupun hatchback sama-sama menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo berkode L15B dengan teknologi Earth Dreams Technology.

Mesin berkapasitas 1.498 cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 173 PS di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 220 Nm pada putaran 1.700 - 5.500 rpm.

Tetapi di tengah meningkatnya permintaan untuk kendaraan ramah lingkungan, Honda belum menyediakan Civic Turbo dalam varian hybrid di Indonesia. 

Padahal Honda telah menghadirkan beberapa model hybrid di pasar internasional termasuk Civic e:HEV yang debut di Thailand pada Juni 2022.

Namun varian Civic ini belum tersedia di pasar Indonesia yang mungkin bisa menjadi kelemahan bagi mereka yang mencari opsi kendaraan lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Baca juga: Mahal Mana Biaya Servis Honda Civic Turbo atau Toyota Corolla Altis?

6. Belum Punya Honda Sensing

honda sensing

Civic Turbo generasi ini belum dilengkapi Honda Sensing

Beberapa perangkat keselamatan di Civic Turbo yaitu struktur rangka G-Con dan ACE, 6 SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Load Limiter, Isofix, dan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold.

Kemudian ada juga Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Sayangnya mobil ini belum dilengkapi Honda Sensing sebagai perangkat keselamatan standar, padahal tipe low end Honda seperti WR-V dan City hatchback sudah memiliki fitur keselamatan aktif tersebut.

7. Potensi Biaya Perawatan Tinggi

bengkel resmi honda

Mobil turbo butuh perawatan lebih ekstra

Mesin turbocharged seringkali lebih rumit daripada mesin non-turbo, dan hal ini dapat berdampak pada biaya perawatan yang lebih tinggi. 

Perawatan dan perbaikan pada mesin turbocharged mungkin memerlukan biaya lebih mahal daripada mesin konvensional. 

Penting untuk mempertimbangkan biaya perawatan jangka panjang ketika membeli Civic Turbo.

Kesimpulan

Meskipun harga Honda Civic Turbo bekas saat ini cukup menarik apalagi didukung banyak keunggulan seperti dari segi desain termasuk performa mesin dan gaya mengemudi yang menyenangkan, kendaraan ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli Honda Civic Turbo, sangat penting untuk mempertimbangkan kelemahan-kelemahan ini dan memastikan bahwa kendaraan ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil