window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia

Yongki Sanjaya · 23 Sep, 2022 13:30

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 01

Truk medium duty selama ini selalu jadi andalan dalam angkutan logistik. Kiprah truk medium duty pun kian penting, dimana kesempatan ini dimanfaatkan oleh Hino merilis Ranger FF di era 80an. Kini model truk tersebut sudah tak lagi dijual dan telah berganti generasi.

Pada era ini juga tiap merek mulai menghadirkan warna khas di truk produksi mereka. Untuk Hino Ranger FF umumnya dicat hijau dari pabrik. 

Hino Ranger yang pertama muncul di Indonesia adalah Hino Ranger FF. Produk ini mulai diperkenalkan oleh ATPM Hino PT National Motor pada tahun 1982. Sasisnya berbentuk mengerucut di akhir bagian belakang dengan GVW-nya 13 ton.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

3 Fakta Menarik Hino 200, Pick-Up yang Bakal Jadi Lawan Berat Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga

40 Tahun Eksis di Indonesia, Ini Model Terlaris Truk Hino yang Jadi 'Raja Jalanan'

Hino Dutro 136 HDL 6x2 Jadi Light Duty Truck Tronton Pertama di Indonesia, Cara Legal Mensiasati ODOL

Pada varian pertama ini warna eksterior kabin Hino Ranger FF standar adalah putih dan kuning muda. Grilnya berwarna hitam, dengan logo “Econo Diesel FF” di sisi kiri atas gril, lampu utamanya berbentuk bulat dengan jumlah 4 buah.

Lantas, apa saja keunggulan dari masing-masing model ini? Berikut ini ulasannya. 

Hino Ranger FF, Awal Mula Kedigdayaan Truk Hino di Indonesia

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 01

Seri Ranger adalah model yg paling populer di lineup Hino Indonesia. Sejarah varian FF ini dimulai pada akhir 1982, saat FF pertama kali diluncurkan oleh PT Nasional Motors

Truk Hino Ranger FF Super Econo didukung mesin H07C-D4 yg memiliki output tenaga 175ps pada 3000rpm serta torsi 461nm pada 1800rpm, yang terkenal galak di putaran atasnya. Nafasnya panjang sangat cocok disandingkan dgn transmisi 6 percepatan maju rasio lebar. 

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 02

Melihat sejarahnya, Hino Ranger FF yang populer ini masuk generasi kedua. Untuk Ranger FF generasi pertama, dahulu masuk secara impor utuh dan populasinya terbilang langka. 

Umur pemasaran truk ini juga tergolong panjang, yakni tepat 20 tahun, sedari 1982 hingga 2002 akhir. Hingga kini, varian FF ini masih tergolong mudah ditemui di jalanan, dan juga masih banyak yang menyukai truk ini karena torsi yang mumpuni.

Perjalanan Hino Ranger FF dari Fase Pertama Hingga Terakhir

Total, selama siklus pemasarannya, terdapat 4 tipe utama Hino Ranger dengan 12 model yg pernah dipasarkan, yakni:

FF "Econo Diesel" 1982-1985

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 03

Generasi awal Ranger FF hadir dengan seri FF172KA dan FF173KA bermesin EH700, 6443cc, 165ps, 6MT. Pada awalnya truk ini memiliki warna exterior kabin standar putih dan kuning muda. Grilnya berwarna hitam, dengan logo "Econo Diesel FF" di sisi kiri atas gril, lampu utamanya berbentuk bulat dgn jumlah 4 buah.

 
Ranger FF "Super Ranger Econo Diesel" 1985-1989

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 04

Ranger FF fase kedua hadir dengan seri FF172LA dan FF173LA yang didukung mesin H07C-D4, 6728cc, 175ps, 6MT. Truk ini memiliki eksterior kabin yg serupa pendahulunya. Perbedaan di exterior hanya pada stiker "Super Ranger" yang melekat di sisi kanan atas grilnya. 

Ubahan lainnya yaitu penggunaan bumper depan model baru yg lebih tebal. Perubahan terbesarnya ada di sektor driveline yang berubah total, mulai dari mesin, transmisi dengan rasio yg sangat besar, hingga gardan belakangnya. 

FF "New Super Ranger Econo Diesel" 1989-1995 

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 05

Truk ini tersedia dalam seri FF172MA dan FF173MA. Bermesin H07C-D6, 6728cc, 180ps, 6MT. FF Fase ketiga Ranger FF diluncurkan dengan minor facelift di bagian kabinnya dengan ciri khas berwarna hijau muda. 

Grilnya memiliki desain baru berwarna silver, dengan emblem "Econo Diesel FF" berbentuk embos, dan lampu utama berbentuk kotak. Model bumpernya juga direvisi dengan kelir warna hitam agar terlihat kokoh. Pada bagian kabinnya, terdapat upgrade dashboard dan panel instrumen dengan desain baru yang lebih modern dari model sebelumnya. 

Mesinnya juga turut disempurnakan yang diganti ke seri D6 bertenaga 180ps. Posisi filter udaranya jg turut pindah ke bawah kabin bagian kiri belakang.

Ranger FF "Super Ranger" 1995-2002

Perjalanan Hino Ranger FF, Kiprah Calon Truk Medium Duty Terlaris di Indonesia 06

Edisi terakhir Hino Ranger FF ini hadir dalam banyak varian yakni FF172NA, FF173NA, FF173NA45, FF173NA48 FF172NA-HD, FF173NA-HD. Seri ini dibekali mesin H07D, 7412cc, 190ps, 6MT. Fisiknya ditandai dengan gril yg kini berwarna hijau metalik, dgn embos baru "Super Ranger FF". Warna bumpernya kini senada dgn kabinnya. 

Mesinnya kini lebih bertenaga dengan transmisi baru yang menyesuaikan output mesinnya. Di generasi Ranger FF ini, ada penambahan wheelbase, yakni varian 4.5m dan 4.8m. Juga tersedia varian HD dengan spring yg lebih banyak, roda ukuran 10.00, dan GVW 15 ton. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil