window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Polda Siapkan Layanan BPKB Digital, Bakal Pakai Chip Khusus Juga!

Prasetyo · 24 Nov, 2021 13:03

Polda Siapkan Layanan BPKB Digital, Bakal Pakai Chip Khusus Juga! 01

Jajaran Polda di seluruh Indonesia diminta untuk mengembangkan layanan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) berbasis digital. Tujuannya demi makin memudahkan masyarakat mengakses kepengurusan surat-surat kendaraan di lingkup kerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Demikian ditegaskan Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus. Menurutnya, perkembangan teknologi yang semakin pesat harus dapat diiringi kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi serta layanan yang disediakan Polri. Termasuk layanan terkait mengurus BPKB baru, hilang, atau perpanjang.

"Penyelenggaraan pelayanan oleh Polri kepada masyarakat, selain dapat membentuk opini yang baik juga diperlukan adanya upaya polri untuk dapat terus menerus meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya yang lebih baik agar dapat menjadi lebih baik lagi pelayanannya," kata dia dikutip dari situs Korlantas Polri, Rabu (24/11/2021).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengurus BPKB Akan Dilakukan Serba Digital

BPKB Digital

Nantinya tak perlu lagi ke kantor Polda untuk mengurus BPKB

Lebih lanjut Yusri juga menjelaskan kalau pelayanan mengurus BPKB sebaiknya beralih ke sistem digital. Mulai dari pengecekan fisik kendaraan, pengurusan pajak, dokumen pemilik kendaraan, sampai pencetakan BKPB itu sendiri.

"Perlu upaya pengembangan teknologi agar pengurusan BKPB semua proses pelaksanaannya mulai dari cek fisik sampai penataan arsip kendaraan bermotor dilakukan terintegrasi secara digital," katanya.

Semua itu ujar dia, akan berujung pada peningkatan rasa kepercayaan masyarakat terhadap Polri. "Perkembangan jalur informasi di era industri 4.0 akan semakin memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan dan masukannya, termasuk layanan di bidang BPKB," sebut Yusri.

Baca juga : Rumitnya Urus STNK Hilang, Sering Jadi Momok Pembeli Mobil Bekas

BPKB Akan Tersedia Juga Dalam Bentuk Digital

Polda Siapkan Layanan BPKB Digital, Bakal Pakai Chip Khusus Juga! 02

Brigjen Pol Yusri Yunus

Sementara itu Kasubdit BPKB Korlantas Polri Kombes Pol Indra menambahkan, kalau nantinya BPKB akan berubah digital. Polri kedepan akan berinovasi tidak tergantung dengan buku fisik lagi. "Buku itu tetap ada tetapi dunia digital saat ini kita perlu data chip. Jadi selain disimpan di dalam buku, di simpan di chip," ujar dia.

Ia pun mencontohkan pola BPKB digital ini pada prinsipnya akan sama seperti yang telah dilakukan pada Smart SIM. Jadi selain ada fisik SIM itu sendiri, data-data si pemilik SIM sudah tersimpan secara digital di database Polri.

Ada Gedung Khusus Mengurus BPKB Digital

Polda Siapkan Layanan BPKB Digital, Bakal Pakai Chip Khusus Juga! 03

Kombes Pol Indra

Demi melancarkan proses layanan digitalisasi pengurusan BPKB, Polri, kata Indra, juga akan membangun gedung khusus pelayanan BPKB digital. 

"Mudah-mudahan tahun ini harusnya ada 8 wilayah yang memiliki gedung pelayanan BPKB baru diantaranya Cimahi dan dua daerah wilkum Polda Jabar, Maluku, Polres Sumenep, Kalsel, Sultra, Sulteng akan punya gedung pelayanan BPKB Prototype," tukas dia.

Baca juga : Ketahui Syarat Balik Nama BPKB dan STNK, Segini Estimasi Waktu dan Biayanya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil