window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya

Herdi · 20 Jan, 2023 12:04

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 01

Presiden Joko Widodo meresmikan Kendaraan Operasional Satuan (Ranops) TNI 4x4 WD terbaru produksi PT Pindad yang disebut Pindad Maung versi ketiga, di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (18/01/2023).

Menurut Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa menyatakan, Maung yang diluncurkan kali ini merupakan versi ketiga dan menjadi kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan serta operasional komandan.

Baca juga: Terlihat Sama, Ini Perbedaan Pindad Maung vs Pindad MV2 4x4

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 01

Diluncurkan oleh Presiden RI

"Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah TANGGUH untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata," ungkap Sigit seperti dilansir situs resmi Pindad.

Menurut Sigit, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver dan dari sisi fungsionalitas bisa multi-purpose.

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 02

Ditandatangani Presiden Jokowi

Diketahui, Ranops Maung merupakan kendaraan operasional satuan  TNI untuk medan  offroad yang diciptakan agar dapat mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Baca juga: Produk Indonesia! Pindad Luncurkan MV2 4x4, Mobil Tempur Baru Temani Rantis Maung

Keunggulan Pindad Maung Versi Ketiga

Seperti disebutkan Sigit, jika kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 03

Kendaraan militer buatan Indonesia

Sigit juga menyebutkan, proses produksi Ranops Maung dilakukan dengan optimalisasi komponen dan ekosistem otomotif nasional sehingga mendukung terciptanya ekosistem industri otomotif yang mandiri. 

Dengan optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri yang dilakukan Pindad dan mitra, aka Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dikembangkan sebesar mungkin hampir sekitar 65 persen yang akan terus ditingkatkan kedepannya.

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 04

Presiden pun ikut menjajal

Diketahui, Ranops Maung yang memiliki lima pintu yang dapat diakses yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang, mampu mengangkut empat orang personel.

Baca juga: Rantis Maung Pindad Mulai Diserahkan Ke TNI, Lihat Spesifikasinya

Spesifikasi Ranops Pindad Maung

Ranops Maung versi ketiga ini tidak hanya diluncurkan, namun Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sempat juga mengendarai mobil tersebut untuk mengajak Presiden Jokowi yang berada di kursi penumpang.

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 05

Dikendarai Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto

Adapun detail spesifikasi dari kendaraan operasional yang satu ini memiliki kap mesin rata tidak seperti Maung sebelumnya. Sedangkan pada bagian fasia depan dilengkapi dengan grill yang memiliki pilar-pilar kecil dengan logo merah putih di tengah, serta diapit oleh dua lampu utama berbentuk bulat. 

Maung tersedia dengan pilihan, dimana tipe pertama dilengkapi atap menggunakan Hardtop, kedua Soft Top dan atau ketiga atap terbuka.

Interior Pindad Maung versi ketiga

Interior Maung versi ketiga

Kabin mobil ini memang terlihat tidak elegan seperti mobil-mobil sipil. Namun interiornya dibalut warna hitam, dengan tambahan head unit dan juga penyejuk udara atau AC. 

Agar tetap nyaman saat berkendara, Ranops Maung ini dilengkapi  suspensi depan menggunakan independent coil spring, sementara suspensi belakang menggunakan rigid/independent with shock absorber.

Presiden Jokowi Resmikan Pindad Maung Versi Ketiga, Ini Kehebatannya 07

Kendaraan TNI

Untuk jantung pacu, mobil ini dijejali mesin diesel 4 silinder, turbocharged yang menghasilkan daya 136 HP dan torsi 320 Nm, yang disalurkan ke transmisi automatic dengan sistem penggerak 4x4. Di atas kertas, Ranops Pindad Maung versi ketiga ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan 100 km per jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil