window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sebelum Bikin SIM Sebaiknya Ada Pendidikan Sertifikasi Berkendara yang Aman

Herdi · 19 Mar, 2023 15:08

Sebelum Bikin SIM Sebaiknya Ada Pendidikan Sertifikasi Berkendara yang Aman 01

Faktor utama kecelakaan lalu lintas di jalan raya di Indonesia 60 persen diantaranya disebabkan oleh manusia. Sedangkan kecelakaan karena kendaraan hanya tiga persen, dan faktor lingkungan lima persen. 

Tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas karena manusia,  jika dikerucutkan ternyata lebih dari 74 persen melibatkan pengendara sepeda motor. Hal ini ditanggapi serius praktisi keselamatan berkendara sekaligus dosen Politeknik APP Jakarta, Syarif Hidayat. 

Baca juga: 7 Cara Aman Berkendaran Melewati Underpass, Hati-Hati Ada yang Parkir Seperti di Depok

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Polisi melakukan razia untuk mengecek pengendara yang tidak taat aturan

Polisi melakukan razia untuk mengecek pengendara yang tidak taat aturan

Menurut Syarif, untuk masalah keamanan dan keselamatan berkendara yang harus bertanggung jawab bukan hanya kepolisian tapi juga berbagai pihak. "Karena Safety itu ditentukan berbagai hal, termasuk infrastruktur, jalanan, rambu lalu lintas, kemudian regulasinya," ungkap Syarif saat ditemui di acara Vehicle Safety Course 2023/006 di Politeknik APP, Jakarta. 

Syarif yang juga mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian menjelaskan,  kendaraan seperti mobil atau motor bukanlah faktor utama penyebab kecelakaan, karena manufaktur biasanya sudah mendesain dan membuat kendaraan sedemikian rupa, sehingga relatif lebih terkontrol.

Baca juga: 4 Hal Merepotkan Berkendara Mobil Setir Kiri di Indonesia Saat Ini, Pernah Mengalami?

Pengemudi nyetir sambil minum dan telepon

Nyetir mobil sambil minum dan telepon akan sangat mengganggu konsentrasi

"Tapi yang lebih rumit adalah pengemudi atau pengguna jalan. Kita semua tahulah, bagaimana pengendara kita ini seperti kita lihat di jalan kayaknya kurang terdidik, suka melawan arah, nyusul dari kiri, dan lainnya. Jadi kurang terdidik," jelas.

Keselamatan Berkendara Perlu Dilibatkan Pihak Swasta

Syarif sendiri menyadari, untuk membuat pengendara paham soal aturan serta bagaimana meningkatkan skill berkendara yang baik dan benar, maka perlu proses edukasi. Termasuk sebelum mendapatkan SIM. Maka dari itu, dia menyarankan sebaiknya melibatkan pihak swasta untuk memberikan edukasi soal aturan berkendara

Baca juga: Polisi Turun Tangan Tegur Pengemudi Merokok Sambil Berkendara, Begini Reaksi Netizen

Pelajar mengendara sepeda motor tanpa Helm

Pelajar mengendara sepeda motor tanpa helm

"Bisa nggak sih (untuk mendapatkan SIM) dididik dulu? Kalau ada lembaga swasta yang bisa diberi kepercayaan dari pemerintah untuk mendidik, kemudian setelah dididik seminggu atau dua tiga hari baru (bisa bikin SIM)," ujar Syarif.  

Syarif menyatakan, selama melakukan edukasi, pengendara perlu dilakukan uji kompetensi untuk memenuhi tiga unsur utama, yaitu keterampilan, kemampuan atau skil mengemudi, dan juga attitude dan sikapnya secara personal. 

Ujian Prakterk bikin SIM

Ujian Prakterk bikin SIM C

Jika telah mendapatkan edukasi dan dianggap memiliki kompetensi yang baik, maka lembaga tersebut bisa mengeluarkan sertifikat resmi yang nantinya bisa diperlihatkan di kepolisian saat akan membuat SIM. 

"Kalau memang orang yang mau berkendara ini disertifikasi dengan baik dan didik, kemudian lembaga profesional yang mengeluarkan sertifikat bahwa memang kompeten, maka tinggal datang ke kantor polisi dan menyerahkan sertifikat,” tutup Syarif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil