window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam

Prasetyo · 28 Apr, 2023 12:02

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 01

Cuci mobil pasca melakukan mudik lebaran 2023, tentunya jadi langkah perawatan mobil yang harus dilakukan. Ini guna menjaga kendaraan tersebut bisa kembali siap digunakan untuk beraktifitas sehari-hari. Termasuk membuat kondisi eksterior dan interiornya bersih dan wangi lagi.

Sepanjang perjalanan mudik, tentu saja Anda mengalami cuaca yang berubah-ubah. Di jalan tol bisa saja alami kondisi panas terik dengan debu dan kotoran berterbangan. Sementara ketika tiba di kampung halaman, hujan deras terus mengguyur. Situasi ini pasti akan membuat eksterior mobil jadi tak sedap dipandang.

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 02

Mobil yang kotor jadi tidak sedap dipandang

Belum lagi sejumlah perbekalan makanan yang tersimpan di bagasi selama berjam-jam. Atau anak-anak dan anggota keluarga lainnya yang makan selama perjalanan, bisa saja meninggalkan sisa-sisa makanan di area lantai kendaraan. Kalau didiamkan remah-remah makanan ini dapat memicu timbulnya jamur, bau tak sedap, sampai mengundang serangga untuk bersarang di mobil Anda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Karena itulah, jangan tunda untuk mencuci mobil pasca selesai digunakan mudik lebaran. Supaya baik eksterior maupun interior kendaraan tersebut kembali bersih dan nyaman digunakan. Nah kalau Anda masih ada waktu sisa libur di rumah, tak ada salahnya cuci mobil sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: 5 Tahapan Cuci Mobil Sendiri di Rumah Biar Bersih dan Gak Timbul Baret-baret

1. Siapkan Peralatannya

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 01

Gunakan shampo khusus cuci mobil bukan sabun pembersih pakaian atau piring

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil sendiri. Seperti air yang dialiri selang, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih interior, dan cairan semir ban. Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior.

2. Pilih Waktu Cuci Mobil yang Tepat

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 02

Jangan mencuci di tempat yang terkena sinar matahari langsung

Dikutip dari laman Toyota Indonesia, usahakan tidak mencuci pada saat kondisi cuaca terlalu panas. Pilihlah waktu di pagi hari atau sore hari. Selain itu pastikan tidak memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung. Dan sebelum mulai mencuci, keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil untuk memudahkan proses pembersihan.

Baca juga: Cuci Kolong Mobil Sehabis Terjang Banjir, Jika Lalai Bisa Bikin Isi Dompet Jebol

3. Mulailah dari Bagian Eksterior

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 03

Bersihkan area ban, velg, dan kolong mobil

Anda bisa mulai mencuci dengan menyemprot air bertekanan sedang dari bagian ban dan kolong mobil terlebih dulu untuk merontokkan kotoran yang menempel. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat. Selanjutnya beralih ke bodi mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat bergerak turun dengan baik.

Jika seluruh permukaan eksterior sudah basah, gunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil. Larutkan shampo ke dalam ember yang dicampur air secukupnya. Jika sudah rata, segera dibilas dengan air bersih yang mengalir untuk meluruhkan kotoran dan sisa-sisa shampo.

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 04

Gunakan kain microfiber jangan lap chamois

Kalau yakin sudah bersih, gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi dan kaca mobil. Lakukan pemeriksaan pada bagian yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

4. Ruang Mesin Juga Perlu Dibersihkan

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 05

Jangan disemprot pakai air bertekanan tinggi, cukup di lap

Sebaiknya tidak mengguyur ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Alih-alih bersih, malah terjadi korsleting atau mobil jadi mogok yang membuat Anda harus keluar biaya untuk perbaikan.

Cukup lap menggunakan mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin. Ada baiknya pakai pula cairan engine cleaner supaya proses bersih-bersih bisa berjalan lebih efektif karena kotoran di ruang mesin cukup sulit dibersihkan. Gunakan sikat kawat lembut untuk celah yang sulit terjangkau.

Baca Juga: Jangan Pernah Takut Cuci Ruang Mesin Mobil, Ini Rahasianya Supaya Tidak Bermasalah

5. Bikin Kabin Mobil Bersih dan Wangi

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 06

Sedot debu hingga ke sela-sela kabin

Kalau eksterior dan mesin sudah bersih, terakhir waktunya membersihkan kabin. Tapi bagian ini memakan waktu cukup lama. Anda juga wajib ekstra hati-hati karena setiap material interior membutuhkan bahan perawatan yang berbeda.

Mulailah dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih pakaian. Kemudian jemur karpet tersebut sampai kering sempurna supaya tidak lembab dan bau.

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 07

Bersihkan juga area setir

Sementara karpet dijemur, gunakan vacum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Mulai dari area lantai kabin, jok, dasbor, konsol tengah, hingga celah-celah yang memiliki potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan.

Jika menggunakan cover jok mobil berbahan fabric atau kain bisa dilepaskan dan dicuci sampai bersih. Tapi kalau jok menggunakan bahan kulit sebaiknya tidak perlu dicopot. Cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner khusus kulit dan kain chamois atau mikrofiber. Cairan itu juga bisa untuk membersihkan area lain seperti doortrim atau plaforn jika terkena noda.

Selesai Mudik Lebaran, Pastikan Cuci Mobil Biar Kembali Bersih Luar Dalam 08

Gunakan cairan seperti ini supaya kabin kembali segar dan harum

Jangan lupakan juga area bagasi, khususnya untuk mobil tipe sedan atau hatchback yang memiliki bagian bagasi terpisah. Gunakan vacum cleaner untuk menyedot semua debu dan kotoran hingga ke sudut dan celah bagasi. Perhatikan kondisi ban serep. Sebaiknya keluarkan ban tersebut untuk membersihkan kotoran yang menyelinap di area itu sekaligus mencuci ban serep.

Kalau karpet dan ban serep sudah kering, semuanya tinggal dimasukkan kembali ke kabin mobil. Terakhir semprotkan pengharum ruangan atau gunakan parfum mobil, supaya kondisi kabin kembali segar dan siap digunakan lagi.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil