window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Setelah Xiaomi dan Huawei, Giliran OPPO yang Tertarik Bikin Mobil Listrik Pesaing Apple Car

Prasetyo · 6 Mei, 2021 11:00

Setelah Xiaomi dan Huawei, Giliran OPPO yang Tertarik Bikin Mobil Listrik Pesaing Apple Car 01

Tentunya Anda pernah mendengar kabar jika Apple sedang mengerjakan proyek untuk mobil listrik pintar. Bahkan produsen iPhone ini juga sempat dikabarkan menggandeng sejumlah merk otomotif dunia. Yang pernah didekati Apple antara lain Hyundai dan KIA.

Selain Apple, perusahaan teknologi lainnya yang juga dikabarkan tengah mempersiapkan diri terjun ke industri otomotif yaitu Xiaomi dan Huawei. Tetapi kini kabar terbaru mencuat, jika OPPO juga berniat melakukan hal yang sama.

Dilansir dari Wapcar Malaysia, Kamis (06/05/2021), OPPO dilaporkan juga tengah mengincar investasi di sektor industri otomotif. Produsen ponsel asal China ini sedang menjajaki beberapa ide pengembangan bisnis di industri otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Masuk dalam Agenda Besar OPPO

OPPO CEO

Tony Chen, CEO OPPO

Baca juga: Nissan X-Trail Tak Hanya Bermesin 3 Silinder, Tapi Dengan Teknologi PHEV

Adalah Tony Chen, CEO OPPO yang menegaskan sendiri kalau keinginan untuk terjun ke industri otomotif sebagai rencana global prioritas tinggi perusahaan tersebut. Namun belum bisa diputuskan ke arah mana pergerakan OPPO nantinya.

Belum jelas apakah perusahaan ini ingin membangun mobil dengan merknya sendiri seperti yang tengah dilakukan Apple. Atau apakah OPPO akan memasok perangkat lunak dan layanan mobile untuk sejumlah kendaraan baru di masa depan seperti yang dilakukan Huawei. Keduanya juga belum diputuskan secara pasti.

Namun yang jelas, menurut Chen, beberapa petinggi perusahaan sudah mulai menggalang pertemuan dengan sejumlah perusahaan di industri otomotif. Termasuk juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah pemasok komponen otomotif. Misalnya bertemu dengan perwakilan CATL dan perusahaan pemasok komponen baterai untuk mobil-mobil Tesla.

OPPO Tertarik Buat Bikin Mobil Listrik

Apple Car

OPPO ingin saingi Apple

Dari beberapa pertemuan yang sudah dilakukan sejumlah petinggi OPPO, muncul persepsi jika produsen ponsel ini tertarik membuat kendaraan listrik. Hal tersebut dikuatkan lagi dengan pengajuan lebih dari 3.000 hak paten yang telah dilakukan perusahaan. Hak paten ini untuk beberapa barang dan teknologi yang terkait komponen mengemudi otonom seperti radar, kamera, dan sensor

Perusahaan ini juga diyakini sudah melakukan perekrutan besar-besaran beberapa bulan terakhir. Bahkan sejumlah teknisi otomotif terkenal pun ikut digaet. Namun mengingat ekspansi di industri otomotif sedan gencar, maka OPPO harus selektif memilih siapa orang-orang penting di industri ini yang akan mereka pilih.

Satu dari beberapa teknisi otomotif yang sudah direkrut OPPO adalah Eric Guo yang sebelumnya bekerja untuk perusahaan kendaraan listirk, Xpeng. OPPO juga kabarnya akan membentuk divisi khusus untuk pengembangan mobil mereka.

Baca juga: VW T-Cross, SUV Eropa Lawannya Toyota Raize Seharga Rp300 Jutaan

Diprediksi Mobil OPPO Hadir Tahun 2024

Ponsel OPPO

OPPO saat ini menjadi produsen ponsel terbesar kedua asal China

Kabar mengnai OPPO yang berniat memproduksi sebuah merk mobil memang masih dini. Walau begitu, sejumlah pihak memprediksi jika perusahaan ini ingin memperkenalkan kendaraan mereka sebelum Apple melakukan hal serupa. Jadi jika Apple berniat meluncurkan mobil listirknya sekira tahun 2024 atau 2025, maka boleh jadi mobil OPPO dirilis tahun 2024 atau bahkan mungkin lebih cepat dari itu.

Perlu diketahui, saat ini OPPO merupakan produsen ponsel terbesar kedua di China. Tahun lalu, perusaan ini tercatat sanggup menjual 112 juta ponsel secara global. OPPO juga memiliki pangsa pasar ponsel sebesar 8 persen di seluruh dunia.

Baca juga: Hyundai Santa Cruz, D-Cab Andalan Hyundai Lawan Toyota Hilux di Pasar Global

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil