window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sudah Tahu Posisi Ban Serep Mobilmu? Beda Jenis Mobil Beda Letaknya Lho!

Prasetyo · 4 Agu, 2021 09:01

Ban serep mobil

Ban serep adalah perangkat wajib di setiap mobil. Sesuai namanya, serep alias cadangan, ban ini akan diperlukan untuk mengganti jika ada satu ban di mobil tersebut yang kempis atau robek. Dengan demikian Anda bisa terus melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan atau ke bengkel ban terdekat.

Posisi ban cadangan umumnya ada di bagian belakang mobil. Namun ternyata posisi ban serep mobil ini berbeda-beda tergantung masing-masing jenis mobilnya. Misalnya ban serep Toyota Alphard posisinya berbeda dibanding ban cadangan di Daihatsu Terios lawas.

Ban serep mobil -1

Ban serep sangat dibutuhkan keberadaannya

Nah supaya Anda tidak kerepotan mencari dimana posisi ban cadangan kendaraan Anda, maka berikut ini akan kami beri tahu dimana letak ban cadangan tersebut dari masing-masing jenis mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Ban Cadangan Citycar, Hatchback, dan Sedan

Untuk mobil-mobil dengan kapasitas tempat duduk 4-5 orang seperti citycar, hatchback, dan sedan, umumnya posisi ban serep ada di balik bagasi belakang. Misalnya untuk posisi ban serep mobil Toyota Agya, atau ban serep Honda Brio, Anda bisa menemukannya di bagian bagasi belakang.

Ban Serep Mobil -3

Ban serep ada di balik lantai bagasi

Caranya buka bagasi, maka di balik karpet lantai bagasi akan ada penutup dari plastik atau lembaran kayu. Buka penutup tersebut, maka Anda akan menemukan ban cadangan untuk kendaraan itu. Umumnya di samping ban cadangan ini juga diletakkan toolkit untuk membuka kunci ban.

2. Posisi Ban Serep Toyota Avanza atau MPV Sejenisnya

Bagi Anda pemilik Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga, maka posisi ban cadangan ada di bagian kolong belakang. Tepatnya di balik bemper belakang dekat knalpot. Ban ini posisinya terbuka dengan diberi besi pengait.

Ban serep mobil -3

Buka pengait ban

Supaya ban bisa dikeluarkan, Anda harus mengendurkan baut dari pengait ban cadangan tersebut. Caranya, Anda harus memutar baut klem ban serep yang posisinya ada di dekat sistem penguji pintu bagasi. Putar berlawanan arah jarum jam untuk mengendurkannya.

3. Ban Serep Mobil Jip

Nah terakhir buat Anda yang punya pemilik mobil jenis jip, seperti Jeep Wrangler, Suzuki Grand Vitara, Suzuki Jimny, atau Toyota Rush dan Daihatsu Terios lama. Maka umumnya posisi ban serep sangat mudah terlihat. Sebab ban cadangan ini diletakkan di bagian luar pintu bagasi belakang. Ban cadangan ini pun kerap disebut "konde".

Ban serep mobil -4

Ada ban serep yang ditutup dan ada yang dibiarkan terbuka

Untuk membukanya tinggal mengendurkan baut pengunci ban cadangan tersebut. Namun jangan langsung di lepas, cukup kendurkan sedikit demi sedikit satu persatu. Karena kalau langsung dibuka seluruhnya, khawatir ban akan langsung terjatuh dan membuat permukaan velg rusak atau menimpa kaki Anda.

Baca juga : Jangan Panik, Ini Sebab Ban Kempes Saat Parkir Terlalu Lama

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil