window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Taksi Tanpa Pengemudi dengan Tenaga Listrik Resmi Diluncurkan Baidu

Dhoni · 10 Mei, 2021 15:20

Layanan taksi tanpa pengemudi atau kendaraan otonom resmi dihadirkan oleh Baidu, sebuah search engine dari China pada 2 Mei lalu di Beijing. Dengan kendaraan berteknologi eletrifikasi membuat taksi yang diberi nama Apollo Go Robotaxi ini menjadi yang pertama di China.

Taksi Tanpa Pengemudi dengan Tenaga Listrik Resmi Diluncurkan Baidu 01

Baidu hadirkan Apollo Go Robotaxi sebagai taksi otonom

Apollo Go Robotaxi yang diluncurkan di Industrial Estate Shougang Park, sebagai tempat Olimpiade Musim Dingin 2022. Tentunya layanan taksi tanpa pengemudi ini juga dapat digunakan oleh para pengunjung Olimpiade yang membutuhkan layanan taksi tersebut.

Cara memesan taksi tanpa pengemudi

Untuk menggunakan layanan taksi tanpa pengemudi atau kendaraan otonom, dapat menggunakan aplikasi Apollo Go. Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui letak kendaraan otonom tersebut di area parkir dan membunyikan klakson melalui aplikasi.

Taksi Tanpa Pengemudi dengan Tenaga Listrik Resmi Diluncurkan Baidu 02

Apps Apollo Go untuk memesan taksi tanpa pengemudi

Setelah menemukan Apollo Go Robotaxi, pengguna dapat memindai kode QR untuk melakukan verifikasi identitas. Bahkan untuk mengantisipasi wabah, kode kesehatan akan diminta agar memastikan pengguna bebas dari virus Covid-19 sehingga penyebaran virus dapat ditekan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Setelah memasuki taksi tanpa pengemudi, pengguna dapat menekan tombol ‘start the journey’. Namun kendaraan otonom tersebut baru akan bergerak setelah pintu tertutup dan pengguna memasangkan sabuk pengaman. Jika dibutuhkan secara mendesak, sistem pengontrol jarak jauh dapat diakses.

Taksi Tanpa Pengemudi dengan Tenaga Listrik Resmi Diluncurkan Baidu 01

Menurut Baidu, Apollo Go Robotaxi akan digunakan mengangkut penumpang yang membutuhkan layanan seperti atlet, maupun pengunjung dan penduduk lokal untuk menuju ke lapangan olahraga, ruang kerja, kafe dan hotel yang berada di sekitar Industrial Estate Shougang Park.

Pesaingan Apollo Go Robotaxi

Memang Baidu dapat dikatakan yang pertama kali meluncurkan Apollo Go Robotaxi sebagai layanan taksi tanpa pengemudi secara resmi. Namun sebenarnya masih ada pesaing lainnya, seperti AutoX yang juga memiliki layanan taksi tanpa pengemudi di Shenzen. Namun AutoX masih dalam pengujian dan juga pengembangan secara terus menerus.

Taksi otonom di Indonesia?

Sedang di Indonesia, kemungkinan hadirnya taksi tanpa pengemudi maupun kendaraan otonom masih belum dapat dipastikan. Hal ini mengingat keadaan dan karakter pengemudi di Indonesia masih belum memungkinkan. Hampir sama dengan di Thailand. Hal tersebut sangat penting karena menyangkut keselamatan orang banyak.

Masih ingat dengan layanan taksi online yang sempat diprotes oleh pengemudi taksi konvensional. Tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi di Indonesia, kenyataan yang menyangkut perekonomian banyak pihak.

Taksi Tanpa Pengemudi dengan Tenaga Listrik Resmi Diluncurkan Baidu 02

Taksi tanpa pengemudi - Apollo Go Robotaxi

Namun tentu tidak menutup kemungkinan, Taksi otonom akan hadir di Indonesia. Walau pastinya tidak dalam waktu dekat, kondisi jalan yang banyak rusak juga berpotensi menjadi penghalang kehadiran taksi tanpa pengemudi di Indonesia.

Bagaimana pendapat Anda, apakah Indonesia telah siap kehadiran taksi tanpa pengemudi?

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil