window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Terlihat Keren Tapi Ada Bahaya pada Mobil Berwarna Hitam, Nomor 5 Bisa Mengancam Nyawa

Nussa · 26 Des, 2021 08:03

Terlihat Keren Tapi Ada Bahaya pada Mobil Berwarna Hitam, Nomor 5 Bisa Mengancam Nyawa 01

Mobil hitam butuh perawatan ekstra
  • Mobil berwarna hitam sampai kini masih jadi favorit
  • Ada problem khas pada mobil hitam

Mobil berwarna hitam dijadikan favorit banyak orang. Sebab, mobil dengan warna hitam dinilai banyak orang terlihat lebih elegan, misterius, dan keren.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa mobil berwarna hitam sebenarnya punya beberapa masalah atau penyakit yang khas. Apa saja itu? Mari kita ulas bebreapa diantaranya.

 

1. Bodi Mudah Kotor

Mobil berwarna hitam memberikan kesan agresif, misterius, dan elegan

Debu dan kotoran mudah terlihat di cat warna hitam

Ada beberapa warna cat tertentu yang tampaknya membuat kotoran jadi lebih mudah terlihat. Sayangnya, hitam adalah salah satunya. Jika kotoran yang dimaksud juga hitam, tentu tidak jadi masalah. Tapi jika itu adalah kotoran seperti lumpur, debu, atau hujan, maka kotoran tersebut akan terlihat sangat jelas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

 

2. Lecet Berbentuk Pusaran Mudah Terlihat

Terlihat Keren Tapi Ada Bahaya pada Mobil Berwarna Hitam, Nomor 5 Bisa Mengancam Nyawa 01

Swirl mark di mobil berwarna hitam

Jika dibandingkan dengan warna cat lainnya, mobil berwarna hitam akan lebih jelas terlihat lecet berbentuk pusaran (swirl mark). Lecet halus ini akan mudah terlihat apabila terkena pantulan cahaya lampu. Sedangkan pada mobil berwarna putih atau cerah, efek tersebut tidak akan begitu terlihat.

Baca juga : Bikin Rusak dan Kotor, Ini Cara Usir Tikus dari Mobil Anda

3. Sangat Terlihat Bedanya Jika Sudah Pudar

Terlihat Keren Tapi Ada Bahaya pada Mobil Berwarna Hitam, Nomor 5 Bisa Mengancam Nyawa 02

Jika tidak dirawat mudah pudar

Mobil yang sering diparkir di luar ruangan atau bahkan terkena sinar matahari langsung, dapat membuat kondisi catnya cepat mengalami perubahan. Begitu pula pada mobil berwarna hitam. Efek memudarnya akan lebih jelas terlihat sering waktu. Maka itu, sebaiknya sekarang Anda mulai berpikir untuk memarkirnya di tempat yang teduh sesering mungkin.

4. Mudah Menyerap Panas

Mobil berwarna hitam akan lebih terlihat bedanya jika sudah pudar

Warna hitam lebih menyerap panas

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa warna hitam menarik panas lebih dari warna lain. Jadi, jika Anda memarkir kendaraan berwarna hitam di tempat terbuka dan di bawah panas matahari yang terik, jangan jeran jika kondisi kabin sangat panas. Analoginya sama saja seperti kita menggunakan baju berwarna hitam di siang hari. Tentu akan terasa lebih gerah dibandingkan menggunakan baju berwarna putih atau cerah.

5. Lebih Rawan Kecelakaan

Mobil berwarna hitam rawan kecelakaan saat di malam hari

Tidak terlihat di penerangan minim

Menurut penelitian, mobil berwarna hitam cenderung lebih sering mengalami kecelakaan. Khususnya, kecelakaan karena tabrakan dengan kendaraan lain. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Monash di Austrialia. Menurut hasil penelitian, mobil berwarna hitam 12 persen lebih mungkin ditabrak kendaraan lain saat siang hari dibandingkan mobil berwarna putih. Sedangkan pada malam hari, kemungkinannya meningkat menjadi 47 persen, karena visibilitas yang buruk.

Baca juga : Ingat, Mengemudi Pelan di Lajur Sebelah Kanan Jadi Penyebab Tabrakan Beruntun!

 

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil