window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tim Nissan Formula E Siap Taklukkan Panasnya Sirkuit Jakarta E-Prix

Prasetyo · 3 Jun, 2023 12:02

Tim Nissan Formula E Siap Taklukkan Panasnya Sirkuit Jakarta E-Prix 01

Tim Nissan Formula E menargetkan bisa menguasai jalannya balapan mobil listrik di Jakarta E-Prix, Ancol, Jakarta Utara.

Babak kualifikasi akan berlangsung pada pukul 10:40 WIB pada 3 dan 4 Juni 2023, sementara balapannya berlangsung pada pukul 15:00 di kedua hari tersebut.

Tim Nissan Formula E percaya, ketangguhan pembalap Sacha Fenestraz dan Norman Nato mampu konsisten untuk meraih poin terbanyak.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Balapan Formula E 2023

Nissan Formula E Driver

Norman Nato dan Sacha Fenestraz

Namun baik Fenestraz maupun Nato akan menghadapi ujian unik pada kalender Formula E kali ini, baik dari segi teknis maupun fisik.

Pasalnya Sirkuit Jakarta E-Prix sepanjang 2,4 kilometer memiliki suhu 30 derajat Celcius dengan kelembapan yang sangat tinggi akibat dekat dengan Pantai Ancol.

"Jakarta akan berat untuk semua orang. Suhu yang sangat panas, lembab, dan berat secara fisik bagi para pembalap. Kondisi ini juga akan sangat berat bagi semua tim. Dengan mempertimbangkan hal ini, kami berfokus untuk menemukan set-up terbaik untuk menjaga mobil sehebat mungkin dan merawat ban," kata Tommaso Volpe, Direktur Pelaksana dan Kepala Tim, Tim Nissan Formula E di Jakarta, Jumat (02/06/2023).

Baca juga: 3 Fakta Menarik Formula E Jakarta 2022, Gelaran Balap Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Tim Nissan Formula E Harus Hadapi Panasnya Jakarta

Media Round Table Nissan Formula E

Siap balapan akhir pekan ini

Hambatan akan cuaca ekstrim juga diakui oleh Fenestraz, yang juga menganggap sirkuit dengan 18 tikungan di Jakarta E-Prix begitu menarik.

"Balapan terpanas tahun ini dan semua orang memberi tahu saya betapa sulitnya itu! Tapi treknya terlihat menarik, mirip dengan Monaco atau Cape Town dalam beberapa tikungan dan karakteristik trek, jadi saya berharap kami akan menjalani akhir pekan yang hebat," kata dia.

"Saya senang balapan di Jakarta, tempat baru bagi saya. Ini akan sangat sulit secara fisik bagi tim dan pembalap karena suhu yang tinggi. Kami akan berusaha memenuhi janji yang telah kami tunjukkan di Monaco, dan semoga bisa menempatkan kedua mobil di  tempat terbaik," timpal Nato.

Baca juga: Mengenal Tentang Formula E, Balapan Ramah Lingkungan yang Punya Fitur Ala Video Game

Pakai Mobil Baru

Mobil balap Nissan Formula E

Lebih ringan dan lebih kencang

Volpe menjelaskan, tim Nissan menggunakan mobil Musim 9 Generasi 3 (Gen3) yang memang baru untuk balapan kali ini.

Tentunya ada penambahan daya serta pengurangan bobot mobil yang telah dilakukan tim tersebut.

Namun ia mengakui, pemakaian ban baru juga menjadi tantangan, bahkan bukan buat timnya, namun dialami seluruh peserta.

"Ya, ban baru ini memang sebuah tantangan tersendiri. Tapi saya akan coba menghemat ban mengingat kondisi trek yang sangat panas," katanya.

Targetnya di Jakarta, kata dia, adalah mengulang kesuksesan di Monte-Carlo ketika Sacha dan Norman berhasil berada di posisi tiga besar dalam kualifikasi, dan akhirnya Fenestraz mengklaim posisi keempat dalam balapan.

Ini juga jadi tujuan Nato sesaat sebelum membalap di Jakarta akhir pekan ini.

"Menjadi kedua dan ketiga di kualifikasi adalah pencapaian yang luar biasa, tetapi kami harus selalu berusaha untuk meningkatkan dan melanjutkan momentum yang sudah kami peroleh. Akhir pekan ini kami akan menepati janji dan mengubahnya menjadi dua yang kuat, untuk memulai paruh kedua musim 9 dengan awal yang baik," tukasnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia