window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi, Bandung - Cirebon Gak Sampai 1 Jam

Herdi · 12 Jul, 2023 17:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Presiden RI Joko Widodo resmi

Presiden RI Joko Widodo resmikan Tol Cisumdawu (Foto: Setkab)

Sebelumnya, warga bandung dan sekitar jika ke arah Cirebon atau arah timur Pulau Jawa, harus melewati jalur alternatif Cadas Pangeran yang berliku-liku, atau tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, kemudian lanjut masuk tol Cikopo-Palimanan.

Menurut presiden yang akrab disapa Jokowi, dengan diresmikannya Tol Cisumdawu, hal ini juga diharapkan dapat mempermudah konektivitas untuk akses menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati.

"Karena urusan pembebasan lahan, airport Kertajati selesai, tolnya belum selesai sehingga ini mengganggu operasional dari airport Kertajati," ungkap Jokowi.

Baca juga: Jalan Tol Cisumdawu Sudah Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Bandung ke Cipali Nggak Lewat Cipularang Lagi

Jokowi berpose dengan beberapa pejabat saat resmikan tol Cisumdawu

Jokowi berpose dengan beberapa pejabat saat resmikan tol Cisumdawu

Lebih lanjut Jokowi menyebutkan, jalan tol Cisumdawu sejatinya dikerjakan bersamaan dengan pembangunan Bandara Kertajati. 

Hanya saja karena adanya sejumlah masalah pembebasan lahan, pembangunan Bandara Kertajati rampung lebih dahulu dibanding jalan tol ini.

Maka dari itu, dengan diresmikan Cisumdawu, maka dapat mempercepat operasional Bandara Kertajati secara penuh. 

Baca juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa 2023, Bisa dari Merak Sampai Banyuwangi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Pasalnya, Bandara Kertajati ini diketahui telah melayani sejumlah aktivitas penerbangan dan mulai diminati beberapa investor dari luar negeri.

“Saya melihat airport Kertajati adalah yang didukung oleh Cisumdawu ini adalah airport masa depan kita karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya ber-partner di airport Kertajati baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada. Ini yang kita harapkan,” tutur Presiden.

Jalan Tol Cisumdawu Masih Gratis

Pintu tol Cisumdawu

Gerbang Tol Pamulihan (Foto: Youtube Eko Suyanto)

Jalan tol yang memiliki panjang 61,6 kilometer, menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun dan dikerjakan selama 12 tahun.

Tentu saja waktu tersebut dianggap cukup lama. Namun begitu, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dari Cileunyi-Cipali mampu mempersingkat waktu hingga 40 menit. 

"Kalau di tol ini kan minimal 80 km/jam," ujar Basuki.

Adapun tol ini masih digratiskan hingga 2-3 minggu ke depan, untuk tarifnya diperkirakan sekitar Rp1.275 per kilometer.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil