Uji Emisi di Bengkel Resmi BMW Bebas Antri, Segini Biaya yang Dibutuhkan

Yongki Sanjaya · 11 Jan 2021 12:46

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong pemilik kendaraan bermotor supaya melakukan uji emisi. Untuk itu, selama bulan Januari ini Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membuka layanan uji emisi gratis. Pihak swasta dan bengkel resmi juga diberi kesempatan untuk melakukan uji emisi bagi kendaraan bermotor namun akan dikutip biaya. 

Pemerintah DKI Jakarta telah menetapkan Peraturan Gubernur No. 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Aturan ini akan mulai berlaku pada 24 Januari 2021 mendatang ke seluruh kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. 

Dalam pengawasannya, peraturan tersebut juga akan terkait dengan perundangan-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. Apabila pemilik kendaraan melakukan pelanggaran akan diancam denda maksimal Rp500.000,- untuk mobil dan Rp250.000,- untuk sepeda motor.

Selain itu, sertifikat lolos uji emisi juga menjadi syarat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku pajak kendaraan bermotor. Uji emisi ini berlaku dengan usia minimum kendaraan yaitu tiga tahun. Ketentuan uji emisi ini bila lulus maka membuat kita terhindar dari jeratan denda tilang maksimum hingga ratusan ribu rupiah. 

BMW Astra telah mempersiapkan layanan uji emisi ini sejak tahun 2019. Pada saat itu kami menjadi salah satu bengkel yang ditunjuk secara resmi sebagai bengkel uji emisi. BMW Astra adalah satu-satunya diler BMW di Indonesia yang ditunjuk sebagai bengkel uji emisi,” ucap Fredy Handjaja selaku CEO BMW Astra. 

BMW Astra didukung teknisi yang sudah melewati pelatihan serta peralatan yang terstandarisasi. Tidak perlu khawatir karena hasil dari uji emisi ini terhubung dengan Sistem Informasi Uji Emisi di pemerintah provinsi. 

BMW Astra Menyediakan Booking Layanan Uji Emisi, Segini Biayanya

Uji emisi ini berlaku untuk semua mobil dari berbagai tahun.

Dalam pelaksanaan uji emisi gratis yang disediakan oleh DLH DKI Jakarta ini disambut antusias oleh masyarakat. Hasilnya pun sudah ditebak, antrian kendaraan pun membludak ingin melakukan uji emisi. Untuk menghindari antrian, maka pemilik BMW dan MINI bisa booking terlebih dahulu bila ingin uji emisi di bengkel BMW Astra. 
Untuk melakukan uji emisi kendaraan bermotor di bengkel resmi BMW Astra ini, pemilik kendaraan harus membayar sebesar Rp 350 ribu. Biaya ini sama saja baik untuk pemilik BMW ataupun MINI. 

“Bagi para pelanggan BMW dan MINI yang ingin melakukan uji emisi, bisa langsung datang ke BMW Astra Sunter dan BMW Astra Cilandak. Anda bisa menjadwalkan kedatangan dengan menghubungi 1-500-898 tekan 4,” tutup Fredy.

Komentar