window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru!

Ilham · 24 Feb, 2022 10:34

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru! 01

  • Jangan ditiru, mengganti mounting karet support sokbreker pakai bahan kayu.
  • Modifikasi yang sangat berbahaya.
  • Mounting karet support berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Entah sekadar iseng atau ingin viral, bisa juga motif lain seperti budget yang mempet membuat pengguna mobil kerap melakukan 'akal-akalan' untuk kendaraannya. Tak sedikit ada yang sukses, tapi banyak juga yang justru mengundang bahaya.

Baca Juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil

Mounting Karet Support Diganti Kayu

Salah satunya yang viral dari akun Facebook Komunitas Starlet Klasik. Di mana bagian mounting support sokbreker mobil lawas, Toyota Starlet 'Kotak' coba dikreasikan dengan menggunakan bahan kayu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru! 01

Pemilik membuatnya secarahandmade

Oleh empunya yang berasal dari Haurgeulis, Jawa Barat, alasan mengganti dudukan atau mounting karet support tersebut dengan kayu karena soal biaya dan tampilannya yang bakal terlihat lebih tinggi. "Beli karetnya mahal, Rp30 ribu dan butuh 4, jadi pakai kayu," tulisnya.

Modifikasi yang Sangat Berbahaya

Ditinjau dari sisi teknik dan safety, akal-akalan dengan mengganti mounting karet support pada bahan kayu tentu sangat tidak direkomendasikan. Karena mulai dari kekuatan bahan baku hingga daya tahannya belum teruji.

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru! 02

Bikin suspnesi jadi lebih tinggi

Sehingga akan sangat berbahaya jika dipaksa untuk berjalan. Apalagi suspensi menjadi salah satu penunjang handling, kenyamanan dan keselamatan berkendara. Sehingga peran besarnya akan sulit optimal jika ada bagian yang tak lagi berfungsi baik.

Seperti dijelaskan oleh Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau saat Autofun hubungi pada Selasa (22/2/2022). Menurutnya, kekuatan bahan dari kayu tentu berbeda dengan logam, terutama saat kayu tersebut terkena air.

"Bagaimana jika kayu tersebut tiba-tiba rusak/pecah saat kendaraan sedang berjalan, tentu sangat berbahaya," wantinya. Dirinya mengatakan jika kekuatan material tentu berpengaruh. Karena alih-alih sokbreker yang patah, tapi justru bahan kayu itu yang bakal kalah saat meredam guncangan.

"Malah ada kemungkinan kayu yang patah juga ya. Karena tidak mampu meredam getaran yang diberikan dari shock," ucapnya.

Baca Juga: Kecuali Carry Pick Up, Suzuki Ertiga dan XL7 Terdepak dari 20 Besar Penjualan Januari 2022

Fungsi Mounting Karet Support Sokbreker Mobil

Perlu Anda ketahui, mounting karet support adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan dari support sokbreker. Secara luas, fungsinya sebagai bantalan atas sokbreker mobil yang terhubung dengan bodi. Letak dari peranti mounting karet support ada di bagian ujung atas sokbreker, biasanya ada di bawah kaca depan mobil.

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru! 03

Karet support untuk menjembatani antara sokbreker dengan bodi mobil

Di beberapa tipe kendaraan seperti Toyota Starlet Kotak ini, mounting karet support bisa terlihat saat kap mesin di buka. Tapi ada juga mobil lain yang agak repot untuk mengeceknya, karena perlu membuka bagian windshield covernya.

Ketika komponen mounting karet support rusak, sebenarnya tidak sulit untuk mendeteksinya. Karena biasanya ada bunyi gluduk-gluduk dari roda yang disebabkan karet support sokbreker rusak. Bunyi itu akan terdengar dari roda saat mobil melewati jalan bergelombang atau polisi tidur.

Mau Disumbang Netizen

Akal-akalan mengganti mounting karet support dengan kayu ini lalu viral. Netizen pun banyak yang memberi komentar mengenai hal tersebut.

Viral Pemilik Toyota Starlet Ganti Mounting Karet Support Sokbreker Mobil Pakai Kayu, Jangan Sampai Ditiru! 04

Karet support rusak sebenarnya mudah dideteksi

Tak sedikit yang menyayangkan kreasi tersebut. Karena dianggap berbahaya untuk penggunannya dan juga pengguna jalan lain. Tak sedikit bahkan yang coba membantu dengan menyumbangkan komponen tersebut ketimbang penggunanya malah mencelakakan diri dan keluarganya saat mobil tersebut dibawa jalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil