window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil

Yongki Sanjaya · 23 Feb, 2022 18:00

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 01

Plafon atau langit-langit mobil sering kali terabaikan kebersihannya. Padahal tanpa disadari ketika kamu membuka kaca pada mobil, secara otomatis plafon terkena debu dari luar jendela. Pada akhirnya ini meninggalkan debu ataupun kotoran di plafon mobil, dan perlu cara tersendiri untuk membersihkan.

Tanpa kita sadari, plafon mobil atau langit-langit mobil merupakan salah satu bagian yang seringkali lupa dibersihkan. Agar lebih nyaman, kebersihan interior mobil harus diperhatikan mulai dari dashboard, sisi masing-masing pintu, jok, dan plafon. Perlu kamu ketahui, untuk membersihkan plafon mobil tergolong susah, karena material yang sulit dibersihkan.

Penyebab Plafon Mobil Kotor dan Dekil, Karena Debu dan Asap Rokok

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak cuma debu yang bisa membuat plafon jadi kotor tapi juga paparan asap rokok. Merokok tidak dianjurkan saat kalian tengah di dalam mobil.

Merokok selain bisa tanpa sengaja membuat jok mobil kalian berlubang kecil-kecil, juga dapat menimbulkan efek menguning pada atap plafon mobil. Ini disebabkan paparan asap rokok yang terserap di kain plafon, berdampak pada menguningnya warna plafon.

Kalau dibiarkan, plafon yang kotor ini membuat interior terkesan dekil. Bercak-bercak kotoran di plafon membuat interior jadi terlihat jorok. Lantas seperti apa cara membersihkan plafon mobil tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Seka Menggunakan Lap Microfiber

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 01

Cara pertama untuk membersihkan plafon mobil yang pertama adalah menggunakan lap microfiber. Lap ini memang memiliki kemampuan untuk mengangkat debu serta kotoran di plafon mobil Anda. 

Namun jangan menggunakan lap ini dalam keadaan basah. Anda harus menjaganya tetap kering dan bersih untuk menyeka plafon. Lap microfiber ini digunakan untuk membersihkan kotoran yang masih ringan, atau belum lama menempel. 

Dikutip dari laman Auto2000, cara membersihkannya yaitu menyeka searah dengan arah kain dan lakukan beberapa kali. Penggunaan kain yang lembut dipilih karena kain tersebut tidak akan merusak serat plafon pada mobil kamu. Dengan cara ini, maka kotoran yang bisa dibersihkan menjadi lebih banyak lagi.

Hindari penggunaan vacuum cleaner ketika membersihkan plafon. Ini karena daya hisap vacuum yang kuat dapat membuat serat pada plafon mobil cepat mengendur.

Gunakan Campuran Air dan Cuka untuk Menghilangkan Noda Minyak di Plafon Mobil

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 02

Untuk menghilangkan minyak yang menodai plafon, bisa dengan menggunakan campuran air dan cuka. Cairan pembersih ini cukup efektif untuk membersihkan karena tidak akan merusak lem yang merekatkan kain ke plafon mobil. 

Caranya, campur kedua bahan itu dengan perbandingan 3:1 (air 3 bagian, cuka 1 bagian). Jika sudah tercampur merata, masukkan lap microfiber ke dalam larutan cairan ini lalu seka noda minyak di plafon.

Cara Aman Membersihkan Plafon Mobil yang Kotor

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 03

Untuk membersihkan plafon, tidak bisa sembarangan karena bahannya yang rapuh. Langkah pertama, kamu harus membasahi kain microfiber dengan larutan di atas, namun jangan terlalu basah. 

Peras kain sampai tinggal lembabnya agar tidak ada air yang menetes dari kain. Jika menggunakan kain yang terlalu basah, hal tersebut dapat membuat plafon pada mobil menjadi lembab. 

Plafon yang lembab dan agak basah malah menjadi tempat berkembangnya bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan bau pada mobil.

Setelah membasahi kain, usapkan kain tersebut pada bagian plafon yang kotor secara lembut, sehingga bahan plafon tidak rusak ataupun sobek.

Apabila pada plafon terdapat noda membandel, kamu dapat menambahkan cairan pembersih khusus. Tuangkan cairan pembersih pada kain, jangan menyemprotkan langsung pada plafon mobil. Usapkan kain dan cairan pembersih hingga noda tersebut hilang.

Sebagai catatan, ketika sedang membersihkan kotoran pada plafon, gosoklah kain dengan lembut dan searah dengan serat plafon mobil. Membersihkan kotaran dengan kain secara searah ini bertujuan menjaga serat plafon tetap rapi dan tidak cepat rusak.

Cara Membersihkan Noda Membandel di Plafon Mobil, Perlu Upaya Ekstra 

Cara Membersihkan Plafon Mobil, Biar Interior Nggak Kelihatan Dekil 04

Apabila plafon mobil masih kotor sesudah dibersihkan, maka tunggu dahulu plafon mengering. Pastikan plafon benar-benar kering untuk mencegah lem dan kain plafon lepas.

Kemudian bersihkan kembali dengan mengunakan cairan pembersih dan kain. Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga noda tersebut hilang. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil