Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Motor sport di Indonesia memang tak sebanyak penjualan motor jenis skuitk yang sangat mendominasi pasar sepeda motor nasional. Namun motor ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin motor nyaman, performa mumpuni dan bisa dipakai untuk perjalanan jauh.

Salah satu yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Produk motor sport paling muda dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), setelah sebelumnya ada Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150.

Dari desain yang ditawarkan, motor ini diciptakan dengan mengutamakan kenyamanan yang diperlihatkan dengan penggunaan tempat duduk model tandem. Posisi setang juga dibuat tinggi supaya posisi berkendara menjadi lebih nyaman.

Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Autofun/Harry

Lekuk fascia depan memiliki penerangan utama yang sudah LED, dengan lampu positioning lamp V-shape yang tepat ada di atasnya. Shroud tangki bahan bakar menambah kesan gagah dari motor ini, sekaligus melindungi komponen radiator.

Bagian tengah motor sedikit menipu karena diberikan cover penutup rangka bagian tengah, yang membuatnya seolah-olah menggunakan rangka deltabox. Bodi belakang tak terlalu menjulang, dengan berhiaskan lampu penerangan belakang berukuran besar.

Meski begitu komponen kaki-kaki identik dengan dua saudaranya tadi. Suspensi jenis teleskopik mengawal pergerakan roda depan, yang ditemani rem cakram dengan kaliper dua piston.

Lantas kaki-kaki belakang percayakan suspensi monosok, yang bertumpu pada lengan ayun. Urusan penghenti laju roda belakang, juga berjenis cakram dengan kaliper piston tunggal.

Pun begitu dengan desain pelek yang digunakan, model palang 10 berdesain sporty, yang terbungkus karet hitam ukuran 90/80-17 dan 130/70-17 dengan ban dari Dunlop D102 yang sudah tubeless pastinya.

Empat pilihan warna Suzuki GSX-150 Bandit 2021.

Soal posisi berkendara pun masih nyaman untuk rata-rata postur orang Indonesia, berkat dimensi yang tak terlalu besar dan berat. Suzuki GSX-150 Bandit 2021 memiliki panjang 2.000 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.035 mm. Sementara bobot basah hanya 135 kg.

Terkait performa mesin tak perlu diragukan lagi. Jantung mekanis identik dengan Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150, yang mengandalkan kubikasi mesin 147,3 cc piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan.

Suzuki GSX-150 Bandit 2021 ditawarkan dengan empat pilihan warna yakni metallic matte titanium silver, brilliant white/aura yellow, stronger red/titanium black dan titanium black. Harga jualnya cukup terjangkau karena dijual hanya Rp 26,9 juta (on the road Jakarta) saja.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX-150 Bandit 2021

Motor ini diciptakan untuk menjawab akan keluhan dari produk motor sport Suzuki yang telah ada sebelumnya, sekaligus untuk memenuhi ekspektasi pasar yang masih membutuhkan motor sport yang nyaman dan bisa diandalkan untuk aktifvitas sehar-hari.

Maka kami menyimpulkan beberapa kelebihan dari Suzuki GSX-150 Bandit yang bisa menggoda Anda:

1. Penggunaan tempat duduk model tandem jelas langsung mendongkrak sisi kenyamanan dari Suzuki GSX-150 Bandit, khususnya saat dipakai berboncengan dengan sub-frame yang dibuat lebih landai. Ini jauh berbeda dari Suzuki GSX-S150 apalagi Suzuki GSX-R150.

Semuanya ditunjang dengan ketinggian tempat duduk yang  hanya 790 mm, serta lekuk tempat duduk pada bagian pengendara, dibuat lebih ramping. Berkendara lama menggunakan motor ini pun akan semakin menyenangkan.

Panel instrumen digital Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Autofun/Harry

2. Handling diklaim lebih baik dari Suzuki GSX-S150, beberapa hal jadi penyebabnya. Pertama, bobot motor ini lebih berat lima kilogram dari GSX-S150. Hal ini membuat handling motor terasa lebih berisi dan stabil.

Kedua karena penggunaan ban jenis baru yakni Dunlop D102 dengan profil ban U, yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari, berbeda dengan ban GSX-S150 yang mengandalkan IRC Exato dengan pola tapak ban sporty dan cenderung V.

3. Karakter mesin khas Suzuki GSX-S150, apalagi kalau bukan karena spesifikasi mesin yang dipakai identik, berkubikasi 147,3 cc piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan. Yang andalkan piston berukuran 62 mm dan langkah piston 48,8 mm.

Mesin berkarater overbore ini memiliki ciri khas putaran menengah sampai atas yang lebih kuat. Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 18,9 Hp @ 10.500 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm @ 9.000 rpm.

Mesin Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Autofun/Harry.

4. Fitur yang disematkan juga lumayan lengkap, misalnya rem cakram pada kedua roda dengan cakram petal disc. Lalu engine cut off, passing lamp dan easy start system.

Kemudian ada panel instrumen digital dengan informasi lengkap, seperti odometer, konsumsi BBM rata-rata, trip meter A-B dan ada shift light. Sementara untuk keamanan, sudah dibekali kunci kontak berpengaman magnet, jadi enggak gampang dibobol.

5. Harga yang ditawarkan masih bersahabat loh, hanya Rp 26,9 juta on the road Jakarta. Hanya beda Rp 500 ribu saja dengan Suzuki GSX-S150 tipe termurah. PT Suzuki Indomobil Sales nampaknya ingin memberikan pilihan berbeda untuk konsumen.

Jika mau bergaya lebih sporty dan mengarah untuk hobi, konsumen akan ditujukan untuk memilih Suzuki GSX-S150. Lantas jika tujuannya untuk penggunaan harian dan sesekali melakukan perjalanan jauh bersama pasangan, maka pilihan tepat adalah Suzuki GSX-150 Bandit.

Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Autofun/Harry

Tapi dari semua itu, juga ada sejumlah kekurangan dari Suzuki GSX-150 Bandit:

1. Posisi berkendara masih identik Suzuki GSX-S150. Ya dari sisi pembonceng akan lebih nyaman dengan tempat duduk model tandem, tapi untuk pengendara, maka feeling yang ditawarkan masih sama dengan Suzuki GSX-S150.

Utamanya dari posisi pijakan kaki yang masih terbawa gaya sporty ala Suzuki GSX-S150, letaknya masih sama. Hal ini akan membuat cepat pegal dibagian paha, terutama untuk mereka yang belum terbiasa.

2. Dibanding kompetitor, konsumsi bahan bakar Suzuki GSX-150 Bandit bukanlah yang paling hemat. Itu lantaran spesifikasi mesin berkarakter overbore, yang justru kuat pada putaran tengah sampai atas.

Untuk penggunaan sehari-hari yang stop & go, respon mesin terasa kurang sigap. Pengendara harus memancing putaran mesin sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan respon mesin optimal, alhasil konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.

Lampu depan Suzuki GSX-150 Bandit 2021. Autofun/Harry

3. Secara tampilan sebenarnya Suzuki GSX-150 Bandit cukup menarik. Tapi berkesan kalau Suzuki kurang niat untuk membuat sosok motor ini lebih segar dan tampak berbeda, ini karena beberapa komponen bodi terlihat serupa dengan motor Suzuki yang sudah lebih dulu eksis.

Jika melihat lampu depan, maka seperti mencomot dari Suzuki Satria F150. Begitu pula melihat buritan, bentuk lampunya masih identik motor bebek 150 cc tersebut, hanya saja mikanya berganti merah dengan lampu sein terpisah seperti motor sport pada umumnya.

4. Image motor Suzuki dan jaringan purna jual sudah tak sekuat dulu jadi kekurangan berikutnya. Hal ini berimbas pada harga jual kembali yang lebih rendah dari motor sekelas.

Apalagi banyak masyarakat Indonesia sebelum membeli kendaraan, sudah memikirkan harga jual kembali. Tapi secara produk, kualitas dari motor racikan Suzuki tak perlu diragukan lagi.

Kesimpulannya, Suzuki GSX-150 Bandit memang layak menjadi pilihan menemani aktivitas harian dan nyaman dipakai berboncengan, ditunjang performa yang memuaskan. Namun konsumsi bahan bakar lebih boros serta harga jual yang lebih rendah jadi pengaruh yang cukup signifikan.

Beberapa pemain disegmen sport naked 150 cc.

Harga Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Rp 26,9 Juta, Paling Murah?

Disegmen motor sport naked 150 cc, harga jualnya bermain direntang Rp 20 sampai Rp 30 jutaan. Dan dari sisi harga, Suzuki GSX-150 Bandit 2021 termasuk punya banderol harga terjangkau yakni hanya Rp 26,9 juta on the road Jakarta.

Tapi dibandingkan kawan-kawan sekelasnya, masih ada Honda CB150 Verza yang dilepas Rp 20 Jutaan. Lalu ada Yamaha Byson FI yang dilepas dengan nominal Rp 22 jutaan.

Dari segmen ini paling mahal ada Yamaha MT-15 yang dilepas Rp 36,93 juta. Harga motor sport naked 150 cc selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga Motor Sport Naked 150
 Suzuki GSX-150 Bandit  Rp 26,9 juta
 Suzuki GSX-S150

 Rp 27,4 juta (Shutter Key)

 Rp 27,9 juta (Keyless Key)

 Honda CB150 Verza

 Rp 20,082 juta (SW)

 Rp 20,733 juta (CW)

 Honda CB150R Streetfire

 Rp 28,127 juta (STD)

 Rp 29,227 juta (SE)

 Yamaha Vixion

 Rp 27,945 juta

 Rp 28,65 juta (MotoGP Edition)

 Yamaha Vixion R  Rp 31,63 juta
 Yamaha Xabre  Rp 30,7 juta
 Yamaha Byson FI  Rp 22,95 juta
 Yamaha MT-15  Rp 36,93 juta
 Yamaha XSR 155  Rp 36,58 juta

Kesimpulan

Suzuki GSX-150 Bandit merupakan motor sport naked 150 cc yang potensial, dengan performa unggul serta fitur yang cukup lengkap, namun dilabeli dengan harga terjangkau. Posisi berkendara nyaman untuk berboncengan dan melakukan perjalanan jarak jauh.

Namun image dari motor Suzuki dengan harga jual tak sebaik kompetitor lainnya, dan ketersediaan jaringan penjual serta bengkel resmi yang semakin berkurang, sangat berpengaruh terhadap minat konsumen pada Suzuki GSX-150 Bandit 2021.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki GSX 150 Bandit
Lihat