Selisih Harga sampai Rp2 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda CB150R Streetfire 2021 dari Rival

All New Honda CB150R Streetfire 2021, faktanya tak hanya mengusung kebaruan desain dan pendukung berkendara. Harga naked bike lansiran PT Astra Honda Motor (AHM) pun melambung dan terpaut jauh dengan kompetitor. Lantas, menarik kah Honda CB150R Streetfire terbaru dibeli ketimbang lawannya? 

Sama seperti sebelumnya, motor ini kembali hadir dalam dua varian yakni Standard dan Special Edition. Untuk harga jual All New Honda CB150R Streetfire 2021 terendah dipatok Rp29,7 juta. Sedangkan tipe tertinggi yaitu All New Honda CB150R Streetfire Special Edition, dijual Rp30,7 juta. 

Di kategori naked bike 150 cc, All New Honda CB150R Streetfire 2021 bersaing dengan Yamaha Vixion dan Suzuki GSX-S150.

Selisih Harganya sampai Rp2 Jutaan

Harganya naik dibanding generasi pendahulu. Padahal, kita tahu jika banderol Honda CB150R Streetfire lama saja paling mahal diantara para rival. Sebut saja Yamaha Vixion (Rp27,945 juta) atau Suzuki GSX-S150 yang dilego Rp27,8 juta (tipe standard) dan Rp28,3 juta (shutered key).    

Dengan penetapannya sekarang, gap harga Honda CB150R Streetfire 2021 dengan Yamaha Vixion menjadi Rp1,755 juta. Keterpautan semakin jauh manakala menyandingkan harga jualnya dengan All New Honda CB150R Streetfire SE. Selisihnya mencapai Rp2,755 juta. 

Kini, keterpautan harga All New Honda CB150R Streetfire 2021 dengan lawannya semakin tinggi.

Baca juga: Harga Makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021

Terlebih lagi dengan Suzuki GSX-S150 yang notabene berstatus naked bike 150 cc termurah. Antarsesama varian termurah saja, CB150R Streetfire lebih mahal Rp1,9 juta. Sementara pada varian tertinggi, Suzuki GSX-S150 lebih murah Rp2,4 juta. 

Gap yang diberikan All New Honda CB150R Streetfire 2021 kepada rivalnya itu cukup jauh. Terlebih diketahui pula bahwa naked bike Honda satu ini, tak benar-benar lengkap ihwal perbekalan. Tengok saja perbandingan antara versi tertinggi Honda CB150R Streetfire dengan Suzuki GSX-S150. 

Dengan harga lebih murah, pembeli Suzuki GSX-S150 tipe tertinggi mendapatkan sistem penguncian keyless.

Baca juga: Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150

Kekurangan All New Honda CB150R Streetfire dari Rival

Kuda besi Suzuki dilengkapi sistem kunci keyless. Ya, pengoperasian On/Off serta pengunciannya sudah menggunakan knop alias tanpa anak kunci. Tak cuma itu, Suzuki GSX-S150 ini juga dibekali remote sebagai pengaman tambahan. Sebaliknya, hanya kunci berpengaman magnet saja yang digunakan Honda CB150R Streetfire 2021 Special Edition. 

Beralih ke kompetitor lain yaitu Yamaha Vixion. Perangkat Assist and Slipper Clutch terintegrasi pada girboks motornya tersebut. Alhasil, gejala roda belakang terkunci akibat adanya afek engine brake akibat down shift cepat dapat ditanggulangi. Tak cuma itu, pengoperasian tuas kopling pada motor Yamaha ini pun menjadi lebih ringan. Sayangnya, sematan ini tak dapat ditemui pada pengembangan terbaru Honda CB150R Streetfire 2021. 

Tidak seperti Yamaha Vixion, All New Honda CB150R Streetfire 2021 belum dilengkapi Assist and Slipper Clutch.

Baca juga: Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch

Lalu menyoal mesin. Tak ada satu pun sektor jantung mekanis yang disentuh pihak PT AHM. Dengan kata lain, All New Honda CB150R Streetfire 2021 dengan mesin DOHC satu silinder 4 katupnya, tetap menghasilkan tenaga 16,9 PS @9.000 rpm. Sedangkan untuk torsi, tercatat 13,7 Nm pada putaran 7.000 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi enam percepatan.  

Bilapun dibandingkan dengan sesama pengusung mesin DOHC, Suzuki GSX-S150 unggul telak dalam hal performa. Tenaga dan torsi yang dihasilkannya masing-masing 19,1 PS @10.500 rpm dam 14 Nm @9.000 rpm. Keunggulan Honda CB150R Streetfire, terutama capaian daya hanya unggul sedikit saja dari Yamaha Vixion. Bersama mesin SOHC-nya, dia mampu mencatatkan output 16,8 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. 

Output mesin All New Honda CB150R Streetfire 2021 sama seperti model pendahulu.

Baca juga: Simak 5 Alasan Kenapa All New Honda CB150R Streetfire 2021 Layak Jadi Penghuni Garasi

Kelebihan All New Honda CB150R Streetfire 2021 

Meski begitu, All New Honda CB150R Streetfire 2021 bukannya tanpa kelebihan. Tak dipungkiri, desain yang ditawarkannya kini lebih segar dan kental aura bike big. 

Bukan saja tampak sangar berkat panel bodi serbabaru. Perawakan Honda CB150R Streetfire pun kina gagah berkat pengaplikasian suspensi upside down (USD) 37 mm. Diantara para kompetitornya tadi, cuma dia yang menggunakan suspensi depan dengan tabung terbalik itu. 

Desain kekar All New Honda CB150R Streetfire didukung oleh penggunaan desain bodi baru dan suspensi upside down.

Baca juga: Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!

Pun halnya mengenai fitur seperti sistem penerangan. Keseluruhan sistem pencahayaan Honda CB150R Streetfire 2021 sudah sepenuhnya LED. Berbeda dengan Suzuki GSX-S150 atau Yamaha Vixion yang masih memakai lampu sein tipe bohlam. 

Kebaruan Rancang Bangun All New Honda CB150R Steetfire 2021

Seperti kami singgung di awal, perubahan desain juga berujung kepada berubahnya dimensi All New Honda CB150R Streetfire 2021. Total ukurannya sekarang lebih besar dari generasi pendahulu. Pun halnya soal jarak sumbu roda. 

Kenyataannya, ubahan perihal rancang bangun All New Honda CB150R Streetfire 2021 pun menyasar kepada posisi berkendara. Jok All New Honda CB150R Streetfire sekarang disetel 795 mm, lebih rendah dari sebelumnya yakni 797 mm. Begitu pula dengan ground clearance yang tercatat 164 mm (Honda CB150R Streetfire lama 169 mm). 

All New Honda CB150R Streetfire mengandalkan suspensi USD jenis SFF-BP (Separate Function front Fork Big Piston) 

Baca juga: Selain Warna, Ini Perbedaan Varian Honda CB150R Streetfire 2021

Pada sektor ini pula, PT AHM mampu mereduksi bobotnya sebanyak 1 dan 2 kg. Jika CB150R Streetfire terdahulu punya berat tubuh 160 kg, maka hasil timbangan All New Honda CB150R Streetfire masing-masing 134 kg (All new Honda CB150R Streetfire 2021 Standard) dan 135 kg (All New Honda CB150R Streetfire 2021 Special Edition). Salah satu pengurangannya dilakukan berkat penggunaan material pelek yang lebih ringan. 

Kesimpulan

Bagi Anda loyalis jenama sayap kepak, kenaikan harga All New Honda CB150R Streetfire 2021 tentu tak jadi soal. Toh, secara desain lebih segar sekaligus sangar dengan sematan USD berspesifikasi SFF-BP (Separate Function front Fork Big Piston). Tak cuma itu, maksimalisasi pengendaraan terhadapnya pun turut ditingkatkan melalui ubahan posisi berkendara. 

Dengan modal dan harga yang ditawarkannya sekarang, layak kah All New Honda CB150R Streetfire 2021 dibeli?

Memang dibanding rival ia minus dalam hal Assist and Slipper Clutch dan sistem penguncian keyless. Terlepas dari adanya kebutuhan akan kedunya, rasanya itulah langkah yang dipilih PT AHM agar harga All New Honda CB150R Streetfire 2021 tak kepalang mahal.  

Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021
DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 2.024 x 796 x 1.083 mm
Jarak sumbu Roda 1.298 mm
Jarak terendah ke tanah 164 mm
Ketinggian tempat duduk 795 mm
Berat kosong 134 kg (tipe standar), 135 kg (Special Edition)
RANGKA
Rangka Diamond (Truss) Frame
Suspensi depan Showa 37mm Inverted Telescopic
Suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Ukuran Ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless)
Rem depan Cakram Hidrolik
Rem belakang Cakram Hidrolik
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Tipe transmisi Manual, 6 Kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto fan
Diameter x langkah 57.3x 57.8 mm
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Daya maksimum 16.9 PS @9.000 rpm
Torsi maksimum 13.8 Nm @7.000 rpm
Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem pelumasan Wet
Starter Pedal & Elektrik
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1.1
KELISTRIKAN
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150R StreetFire
Lihat