Bukan Cuma Honda BeAT Street 2021, Ini Daftar Skutik Kecil Dengan Tampil Macho

Tak bisa dipungkiri memang jika skutik entry level masih menjadi favorit mayoritas masyarakat Indonesia. Motor skutik kecil ini dipakai untuk beragam kebutuhan, seperti pergi ke sekolah, transportasi online, mengangkut barang dan lain-lain.

Harga jual yang murah dan spesifikasi cukupan, menjadi daya tarik skutik-skutik entry level tersebut. Pemainnya pun cukup beragam, termasuk dari tiga besar merek otomotif asal Jepang seperti Honda, Yamaha dan Suzuki.

Dan yang pasti tak hanya Honda BeAT Street 2021 saja, melainkan juga ada dua model lainnya yang layak dipilih, seperti Yamaha X-Ride 125 2021 atau pun Suzuki Nex Crossover 2021.

Dari ketiganya, apa sih yang jadi keunggulan dari masing-masing produk? Yuk langsung disimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Honda BeAT Street 2021 mengincar pasar anak muda laki-laki.

Honda BeAT Street 2021

Honda BeAT Street 2021 saat ini merupakan generasi kedua dan dikenalkan pada tahun 2020 lalu. Sosoknya hadir bersamaan dengan pengenalan generasi terbaru Honda BeAT, yang menjadi basis dari skutik ini.

Ada banyak sekali perubahan pada skutik ini mulai dari desain, yang tetap ramping namun punya garis sporty yang kuat. Lampu depan tipis dan dijejali teknologi LED.

Baca juga : Harga Nyaris Rp.18Juta, Suzuki Nex Crossover 2021 Siap Lawan Yamaha X-Ride 2021?

Honda BeAT Street 2021 dibangun menggunakan rangka terbaru Honda yang disebut eSAF (enhanched smart architecture frame). Rangka yang pertama kali digunakan untuk Honda Genio itu, menjadi platform baru untuk skutik entry level Honda.

Lampu depan LED dan panel meter Honda BeAT Street 2021.

Mengenai kelengkapan, Honda BeAT Street cukup memuaskan walau statusnya adalah skutik entry level. Panel meter digital, lampu depan sudah LED, kunci kontak berpengaman magnet dan sepasang laci di bawah setang.

Kemudian rem sudah Combi Brake System (CBS), ACG Starter yang membuat proses menghidupkan mesin lebih halus, Side Stand Switch, bagasi berkapasitas 12 liter hingga tangki bahan bakar yang kini membesar jadi 4,2 liter.

Baca juga : Intip Skema Kredit Yamaha X-Ride 2021, Skutik Macho Anti Pasaran Lawannya Honda BeAT Street 2021

Salah satu image yang dikenal masyarakat adalah keiritan konsumsi bahan bakar Honda BeAT Street. Tak heran karena masih mesinnya sama dengan Honda BeAT, yakni eSP (enhanced Smart Power) berkapasitas 110 cc.

Rangka eSAF.

Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dan injeksi PGM-FI khas Honda. Mesin ini berkarakter over stroke yang memang difokuskan untuk performa mesin pada putaran bawah sampai tengah yang kuat.

Tenaga yang mampu dihasilkan diangka 9 PS di 7.500 rpm, dengan torsi mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai 60,6 km/liter. Sangat irit bukan?

Baca juga : Ada Potongan Rp 300 Ribu, Angsuran Termurah Honda BeAT Street 2021 Cuma Rp 700 Ribuan Saja

Tiga opsi warna Honda BeAT Street 2021.

Saat ini Honda BeAT Street 2021 ditawarkan dengan harga Rp 17,365 juta on the road Jakarta.

Yamaha X-Ride 2021

Bisa jadi inilah skutik entry level macho yang memiliki desain berbeda dari skutik entry level satu merek. Yamaha X-Ride tak menunjukkan lekuk bodi dari Yamaha Mio Series sama sekali.

Bagian depannya memiliki sudut yang tajam, menjorok ke depan dengan body moulding yang tegas dan berkesan kokoh. Tampak mukanya memang terlihat gahar dan juga modern.

Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Skutik Murah Anti Mainstream, Cicilannya Hanya Rp 600 Ribuan Saja

Yamaha X-Ride 2021 tak pakai bodi yang sama dengan skutik Yamaha lainnya.

Penggunaan setang model telanjang telah menjadi ciri khas dari skutik murah bergaya adventure, begitu pula dengan Yamaha X-Ride. Namun bentuknya terlihat proporsional, dengan peletakkan panel meter dan lampu sein yang pas.

Secara fisik, dimensi dari Yamaha X-Ride ini terlihat tinggi namun tetap mudah digunakan siapa saja. Ini lantaran tinggi jok yang hanya 760 mm, dan ground clearance diangka 135 mm.

Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini

Yamaha X-Ride juga dilengkapi fitur kekinian, seperti adanya Answer Back System dengan remote model terpisah dari anak kunci kontak. Kemudian lampu hazard yang sudah menjadi standar skutik Yamaha masa kini.

Lampu depan LED dengan penampilan gahar.

Tapi ingat, fitur ini hanya boleh digunakan saat kondisi darurat, bukan saat melewati perempatan atau saat berkendara biasa ya! Lalu bagasi berukuran besar, ban tubeless dengan profil ban lebar, Eco indicator sampai suspensi belakang model tabung.

Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dengan injeksi bahan bakar. Mesin tersebut juga sudah mengandalkan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston yang jadi teknologi andalan pabrikan asal Jepang tersebut.

Ban besar dengan mesin irit jadi andalan Yamaha X-Ride 2021.

Output maksimal yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 9,5 PS pada putaran 8.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang mampu diraih diangka 9,6 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Tapi Yamaha X-Ride ini juga jadi yang paling mahal dari kompetitor sekelas, karena dijual dengan harga Rp 18,84 juta on the road Jakarta. Wajar sih, toh fiturnya pun terhitung lengkap.

Baca juga : Intip Skema Kredit Yamaha X-Ride 2021, Skutik Macho Anti Pasaran Lawannya Honda BeAT Street 2021

Suzuki Nex Crossover 2021

Jika Anda ingin sosok skutik entry level dengan kemampuan off-road cukup baik, Suzuki Nex Crossover ini pilihannya. Bagaimana tidak, hanya skutik inilah yang dibekali ban dual purpose, kompetitornya justr pakai ban aspal.

Yamaha Nex Crossover lebih siap disiksa.

Sosoknya dibangun dari basis Suzuki Nex II, yang punya desain sporty dengan garis-garis tegas. Hal itu bisa dilihat pada bentuk bodi depan yang tajam dengan lampu utama berlekuk agresif.

Maka pembeda utama antara Nex II Crossover 2021 dengan Nex II adalah area setangnya. Tak ada lagi batok setang karena untuk model ini mengusung setang telanjang, untuk menunjang gaya petualangnya.

Secara dimensi, skutik ini masih terbilang ringkas dengan panjang 1.890 x 765 x 1.055 mm. Bobotnya pun terbilang ringan, dengan berat kosong hanya 94 kg saja.

Baca juga : Ini Dia Yamaha Zuma 125 2022, Lebih Keren Dari Yamaha X-Ride 125 2021!

Suzuki Nex Crossover dibekali ban dual purpose.

Panel instrumen digital ukuran besar dengan informasi lengkap, tombol starter Easy Start System, bagasi di balik jok depan hingga standar samping yang akan mematikan mesin otomatis, menjadi kelengkapan standarnya.

Terkait dapur pacu, Suzuki Nex Crossover punya mesin 113 cc, piston tunggal, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, yang disokong dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance).

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 8,9 Hp @ 8.000 rpm serta torsi hingga 8,5 Nm @ 6.000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 49 km/liter.

Panel meter digital berukuran besar milik Suzuki Nex Crossover.

Suzuki Nex Crossover 2021 menjadi skutik bergaya macho yang dijual cukup tinggi, yakni Rp 18,5 juta. Harganya selisih tipis dengan Yamaha X-Ride 125 2021.

Kesimpulan

Skutik entry level dengan harga murah memang menjadi tulang punggung penjualan pabrikan motor di Indonesia. Masyarakat pun banyak yang menggunakan motor jenis ini karena praktis, mudah dikendarai dan harganya terjangkau.

Dari ketiganya, mana yang paling pas untuk Anda?

Namun untuk yang tampil beda, skutik entry level bergaya macho tadi bisa menjadi pilihan menarik. Selain tampilannya lebih keren, namun masih bisa mendapatkan benefit dari skutik entry level yang jadi basisnya, yakni konsumsi bahan bakar yang  hemat.

Jadi dari ketiganya, Anda mau memilih yang mana? 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat