Cegah Pencurian Honda BeAT 2021, Intip Daftar Kunci Tambahan Untuk Kuda Besi Kesayangan

Belakangan kasus pencurian motor kerap terjadi di lingkungan tempat tinggal, hal ini dikarenakan ada kesempatan untuk bertindak. Motor yang kerap menjadi favorit untuk digasak oleh pencuri salah satunya Honda BeAT 2021.

Alasannya karena populasinya banyak dan cepat terjual di pasar gelap. Nah supaya tak menjadi korban pencurian moktor, ada baiknya  Anda sebagai pemilik kendaraan memberikan kunci tambahan pada kuda besi kesayangan.

Kasus pencurian tertinggi ada pada motor yang menggunakan kunci kontak pengaman magnet, terlebih jika motor jenis skutik. Biasanya pelaku curanmor menggunakan alat bantu kunci letter T untuk membobol kunci magnet dan kunci kontak dengan kurun  waktu yang terbilang kilat.

Kunci tambahan pada ban.

Belajar dari pengakuan para pelaku curanmor yang tersebar di media sosial tentunya kita harus bisa mengantisipasi untuk memperlambat pelaku dalam menjalankan tindakan pencurian.

Salah satu caranya adalah kunci setang menghadap kanan. Cara ini cukup menyulitkan pelaku curanmor untuk membobol kunci kotak karena terhalang setang kemudi.

Baca juga : Murah, Biaya Servis Tahun Pertama Honda PCX 160 2021 Tak Sampai Rp 150 Ribu!

Itu hanyalah salah satu trik saja, namun akan lebih aman jika Anda menambahkan kunci pengaman ekstra kala memarkirkan sepeda motor. Apa saja ragam kunci pengaman tambahan yang bisa dipakai?

1. Gembok

Gembok pagar yang digunakan untuk menguci piringan cakram.

Ada banyak jenis gembok yang bisa digunakan untuk kunci tambahan, ada gembok cakram dan ada juga gembok yang biasa digunakan untuk mengunci gerbang pagar rumah.

Penggunaan gembok ini biasanya terletak di piringan rem cakram, namun ada juga yang menggunakan di gir belakang. Alhasil cakram atau gir tadi tak bisa berputar karena terhalang gembok.

Baca juga : THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas

2. Alarm Motor

Alarm motor untuk semua jenis motor.

Alarm menjadi salah satu pengaman yang sangat membantu, pasalnya setiap alarm biasanya dilengkapi dengan suara yang bisa membuat maling resah.

Dalam pemasangan alarm dihubungkan dengan kelistrikan pada sepeda motor, selain penempatan alat yang tidak terlihat dari luar, letak alat ini juga harus aman dari air, semisal dibagasi bawah jok motor atau di dalam bodi depan.

Baca juga : Pajak Motor Habis Saat Libur Lebaran? Mari Simak Solusinya Agar Tak Kena Denda

Alarm ini dilengkapi dengan sensor gerak, jadi ketika maling menggerakkan motor atau saat sedang berusaha membobol kunci kontak, alarm akan berbunyi kencang untuk menarik perhatian sekitar.

3. Kunci Rahasia

Selain membobol kunci kontak tentunya pelaku curanmor harus mencari kunci rahasia untuk menghidupkan motor.

Seperti namanya, tak ada orang yang tahu di mana letak alat ini selain kita si pemilik motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah mengetahui di mana letak kunci rahasia ini diletakan.

Seperti halnya alarm, kunci rahasia juga berhubungan dengan kelistrikan. Bedanya, kunci rahasia bisa dibuat dengan mengambil jalur kabel negatif kelistrikan motor.

Baca juga : Ingin Suspensi Honda PCX 160 Awet, Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan

4. Grip Lock

Penguncian pada handle rem dan hand grip gas.

Seperti halnya gembok pengaman, grip lock bisa terlihat jelas oleh pelaku pencurian kendaraan. Namun penggunaan grip lock bisa mengulur waktu, pasalnya alat ini akan mengunci handel rem kanan ke handle grip gas.

Dengan begitu gas dan handel rem motor tidak bisa digunakan tanpa membuka kunci grip lock. Selain itu kalau mau dipaksa didorong pun akan sulit, karena rem depan juga aktif.

Baca juga : Pemilik Honda PCX 160 2021 Jangan Sampai Telat Ganti Oli, Efeknya Bisa Fatal!

5. Baut dan Mur

Ilustrasi piringan cakram yang bisa dikunci dengan baut dan mur.

Alat bantu yang satu ini terbilang murah. Baut dan mur dengan ukuran lubang ring cakram bisa kalian manfaatkan untuk mengunci laju roda depan motor matic. Jadi motor pun tak akan bisa dipakai meski kunci kontak sudah berhasil dibobol.

Baca juga : Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini

Kesimpulan

Beberapa alat yang disebutkan tadi hanyalah menjadi alat bantu untuk memperlambat pelaku pencurian motor, oleh karena itu Anda sebagai pemilik motor wajib meletakan motor di tempat yang aman dan tentunya tidak di pinggir jalan.

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat