Harga Yamaha Lexi 125 Bekas Mulai Rp 15 Jutaan, Mending Ini Atau Honda BeAT 2022?

Mencari skutik dengan dimensi yang agak besar serta memiliki performa yang mumpuni, Yamaha Lexi 125 bisa menjadi pilihan. Apalagi harga bekasnya sudah terjangkau, mulai Rp 15 jutaan saja untuk rakitan 2018.

Harga Yamaha Lexi bekas sudah turun jauh, menarik dibeli?

Skutik yang dikenalkan pertama kali tahun 2018 ini merupakan kasta terendah dari keluarga Maxi Yamaha. Dimensinya lebih besar dari skutik sekelas, namun paling ringkas diantara keluarga Maxi Yamaha lain.

Secara segmen memang keduanya tak head to head, tapi dari sisi harga masih relatif mirip. Honda BeAT 2022 sekarang dijual mulai Rp 16,665 juta. Beda tipis dari Yamaha Lexi 125 yang harga bekasnya mulai dari Rp 15 jutaan.

Bimbang mau menentukan pilihan yang mana?

Harga pasaran Yamaha Lexi.

1. Besar Atau Kecil?

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, dimensi Yamaha Lexi 125 ini terasa besar. Panjangnya 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm, dengan sumbu roda mencapai 1.350 mm.

Tinggi joknya 785 mm dengan berat isi 112 kg. Karena dimensinya yang besar tadi, skutik satu ini memiliki bagasi yang lumayan luas di balik joknya untuk membawa barang bawaan, dengan kapasitas bagasi 12,8 liter.

Dimensi Yamaha Lexi 125 lebih besar.

Dengan dimensi yang lebih besar ini, Yamaha Lexi 125 terlihat proporsional dikendarai siapa pun. Dengan mereka yang berpostur lebih dari 170 cm akan lebih nyaman mengendarai skutik ini.

Baca Juga : Yakin Kepingin Yamaha Lexi Baru? Unit Bekasnya mulai Rp15 Jutaan, loh!

Tapi jika motor tersebut nantinya akan digunakan oleh seluruh anggota keluarga, maka akan sedikit menyulitkan jika dikendarai wanita. Bobotnya jauh lebih berat dari Honda BeAT 2022 yang hanya 90 kg saja.

Begitu pula dengan dimensi skutik Honda tersebut yang hanya punya panjang 1.877 mm, lebar 669 mm dan tinggi 1.074 mm. Ukuran yang lebih mungil jadi memudahkan dikendarai.

Honda BeAT disukai karena praktis digunakan.

Yang unik, keduanya kompak mengandalkan tangki berkapasitas 4,2 liter. Andai tangki Yamaha Lexi 125 lebih besar, tentu akan menambah value dari skutik satu ini.

Perkara bagasi pun ternyata masih beda tipis, karena ruang penyimpanan skutik Honda tersebut mencapai 12 liter. Sama-sama tak muat helm baik full face atau pun open face.

Baca Juga : Punya Bujet Rp24 Jutaan, Pilih Benelli Panarea 125 atau Yamaha Lexi S?

2. Fitur Lengkap Yamaha Lexi 125

Yamaha Lexi 125 memiliki panel meter full digital berukuran besar. Honda BeAT masih pakai paduan digital-analog dengan informasi yang lebih sederhana.

Panel meter Yamaha Lexi 125 sudah full digital.

Lalu fitur Stop Start System tersedia untuk tipe tertentu dari keduanya. Yamaha Lexi S dan Lexi S-ABS punya fitur tersebut. Lantas Honda BeAT hanya bisa dirasakan pada tipe CBS-ISS dan Deluxe.

Keduanya juga punya fitur Brake Lock, Side Stand Switch, starter halus yang disebut Smart Motor Generator (Yamaha) dan ACG Starter (Honda). Dua skutik ini juga kompak dibekali Power Outlet.

Panel meter digital-analog dan rem CBS Honda BeAT 2022.

Lampu depan keduanya sama-sama LED, tapi Yamaha Lexi sudah ada lampu hazard. Jika Honda BeAT masih andalkan kunci pengaman magnet, pemilik Yamaha Lexi bisa merasakan Smart Key System jika membeli dua tipe teratas.

Ya bisa dibilang Yamaha Lexi 125 lebih unggul soal fitur. Semua yang disebut tadi belum termasuk suspensi model tabung di belakang loh.

Baca Juga : Honda BeAT Series Kini Punya Warna Spesial, Tampil Lebih Menarik Harga Tak Naik

3. Mesin Yamaha Lexi 125 Kuat

Karena berbeda kapasitas mesin, skutik Yamaha kali ini unggul. Selain andalkan mesin 125 cc, jantung pacunya juga dilengkapi teknologi katup VVA yang membuat performa mesin terasa stabil.

Yamaha Lexi 125 dibekali teknologi katup VVA.

Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 11,8 PS pada putaran 8.000 rpm. Lantas untuk torsinya berada diangka 11,3 Nm saat putaran mesin menyentuh 7.000 rpm.

Honda BeAT sejak awal kemunculannya konsisten dengan kapasitas mesin 110 cc. Namun kapasitas murninya, pada model terbaru sedikit naik menjadi 109,5 cc dari yang sebelumnya 108,2 cc.

Mesin eSP generasi baru Honda BeAT yang sangat irit.

Dengan mesin tersebut, Honda BeAT 2022 memiliki output maksimal hingga 9 PS di 7.500 rpm dengan torsi sebesar 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Lebih kecil memang, namun punay efisiensi lebih baik, klaim pabrikan bisa mencapai 60,6 km/liter!

4. Tersedia Tiga Tipe

Baik Yamaha Lexi 125 atau Honda BeAT 2022 sama-sama ditawarkan dengan tiga tipe terbeda. Yamaha Lexi tersedia tipe Standard, lalu Lexi S dan Lexi S ABS.

Baca Juga : Honda BeAT Series Kini Punya Warna Spesial, Tampil Lebih Menarik Harga Tak Naik

Pada tipe standard memiliki semua fitur yang disebutkan pada poin nomor 2. Lalu Lexi S terdapat tambahan fitur Stop & Start System dan juga Smart Key System. Yamaha Lexi S ABS ketambahan rem dengan teknologi ABS.

Yamaha Lexi tampil stylish digunakan selegram Anya Geraldine.

Honda BeAT tipe terendah memiliki semua fitur pada poin nomor 2, tapi sudah dibekali rem CBS (Combi Brake System). Tipe selanjutnya ada CBS-ISS yang ketambahan fitur Idling Stop System (ISS). Teratas ada tipe Deluxe dengan tampilan lebih mewah menggunakan emblem 3D namun berbasis tipe CBS-ISS.

Baca Juga : Mesin dan Sasis Sama, Kenapa Honda BeAT 2021 Lebih Diminati Daripada Honda Genio 2021?

Kesimpulan

Dengan harga yang relatif sama, Yamaha Lexi 125 menawarkan fitur yang lebih lengkap serta performa mesin yang lebih kuat. Jika kalian pria dengan postur lebih dari 170 cm, skutik ini pas digunakan.

Namun jika ingin skutik yang ringan dan irit, Honda BeAT 2022 bisa jadi pilihan. Selisih bobot sampai 20 kg lebih tentu akan sangat terasa dari sisi handling dan manuver.

Honda BeAT 2022 masih tetap digemari konsumen.

Belum lagi efisiensi mesin yang sangat irit untuk digunakan sehari-hari. Tapi tentu jangan berharap banyak akan performa yang memang tak bisa sebaik Yamaha Lexi.

Baca Juga : Berstatus Skutik Terlaris di Indonesia, Ini Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT 2021

Harga Yamaha Lexi 125 bekas memang murah, mulai dari Rp 15 jutaan saja. Namun patut diingat kalian juga harus menyiapkan dana ekstra untuk mengganti sejumlah komponen dan melakukan servis setelah menebus motor bekas.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Lexi
Lihat