Mau Beli Honda BeAT 2022? Cek Dulu Yamaha Lexi, Bekasnya Cuma Rp 12 Jutaan Lho!

Sebelum beli Honda BeAT baru, coba deh cek spesifikasi Yamaha Lexi bekas dulu.
  • Sebelum beli Honda BeAT, coba cek Yamaha Lexi bekas dulu harganya lebih murah
  • Secara fitur, Yamaha Lexi lebih lengkap
  • Yamaha Lexi juga ditunjang mesin yang lebih bertenaga

Awal tahun mau beli motor baru murah misalnya Honda BeAT 2022 yang harganya kini Rp17 jutaan? Sebelum itu ada baiknya cek model lain. Seperti Yamaha Lexi bekas tahun produksi 2018-2019 yang harganya mulai Rp12 jutaan. Selisih dari dua model motor matic ini lumayan jauh, dan tentunya jadi pilihan value for money. 

Kenapa demikian? Bila dibandingkan dengan harga barunya kini sudah menyentuh Rp22,2 jutaan buat tipe standar. Padahal dulu ketika meluncur pertama kali pada 2018, banderolnya masih sekitar Rp19 jutaan. Secara psikologi harga tidak terlampau mahal lantaran masih di bawah Rp20 juta. 

Yamaha Lexi bekas 2018 harganya mulai Rp12 jutaan tergantung kondisi.

Baca Juga: Jadi Keluarga Maxi Yamaha Termurah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi 2022

Yamaha Lexi Punya Jok Lebar 

Namun kini Yamaha Lexi khususnya tipe S dan yang sudah dilengkapi rem ABS banderolnya makin tinggi. Masing-masing Rp25,2 dan Rp27,8 juta. Tambah sedikit lagi bisa dapat model yang lebih besar lagi perawakannya seperti Yamaha Aerox. Tapi balik lagi ke topik, kenapa harus Yamaha Lexi bekas dibanding Honda BeAT baru? 

Yamaha Lexi ditunjang desain jok yang lebar dan panjang.

Selain harga, motor matic yang masuk keluarga Maxi Yamaha ini dari dimensinya lebih besar, nggak begitu terlalu ringkas. Kemudian ditunjang oleh jok yang lebar nan panjang, jadi bisa dibilang siapa saja yang duduk bokongnya dapat tertopang dengan baik. Ruang kaki juga lebar, bisa dimaksimalkan bawa barang.  

Fitur Yamaha Lexi Lebih Banyak

Selanjutnya bicara fitur. Honda BeAT terbaru yang dijual sekarang memang kaya akan fitur kekinian guna menunjang mobilitas penggunanya. Sebut saja fasilitas power charger hingga penggunaan lampu depan LED. Yamaha Lexi bahkan tipe terendah sekalipun sudah dilengkapi kedua fitur tersebut, malah lebih lengkap lagi. 

Varian standar Yamaha Lexi telah dilengkapi power charger dan SSS.

Dalam keadaan standar bawaan pabrik fiturnya lebih unggul. Sebut saja spidometer sudah digital sepenuhnya jadi lebih futuristik, disematkan lampu hazard, pakai Stop Start System buat mengefisiensikan bahan bakar. Juga posisi kaki ala-ala maxi, tapi nggak sampai selonjoran banget sih. 

Mesin Yamaha Lexi Lebih Powerful

Secara kelas, keduanya mengisi segmen berbeda sebenarnya. Honda BeAT dari dulu tetap mengandalkan mesin 110 cc yang diklaim irit dan cocok di perkotaan, sementara Yamaha Lexi menggunakan mesin 125 cc berpendingin cairan yang juga diklam irit sekaligus lebih bertenaga. 

Panel instrumen Yamaha Lexi telah sepenuhnya digital.

Di atas kertas tentunya benar mesin 125 cc lebih berperforma. Perbandingan tenaganya 9 PS/9,3 Nm dengan 11,8 PS/11,3 Nm. Selain karena kubikasi mesin, Yamaha juga membenamkan teknologi katup variabel VVA di mesin Blue Core-nya, sehingga penyaluran tenaga merata di setiap putaran mesin. 

Baca Juga: Yamaha Lexi Bekas kian Bertebaran, Ada Unit 2019 cuma Rp13 Jutaan nih!

Tak lupa, baik Honda BeAT dan Yamaha Lexi telah dilengkapi komponen yang mampu mensenyapkan suara starter. Honda menyebutnya sebagai Alternaticng Current Generator atau ACG starter, adapun Yamaha melabelinya sebagai Smart Motor Generator (SMG). 

Kemampuan Akomodasi Hampir Mirip

Lanjut ke kemampuan akomodasi kedua matic ini. Bisa dibilang untuk yang satu ini hampir sama. Karena untuk barang bawaaan bisa disematkan di hook atau cantelan di bagian dek tengah motor. Kemudian bisa manfaatkan slot laci penyimpanan sebelah kiri. 

Volume kapasitas bagasi Yamaha Lexi 12,8 liter, tapi nggak cukup menyimpan helm.

Hanya saja Yamaha Lexi tidak dilengkapi slot laci kanan karena sebagai rumah kunci, Honda BeAT masih ada. Selain itu, tentunya bisa manfaatkan akomodasi bagasi di bawah jok. Kapasitas bagasi Yamaha lexi 12,8 liter, sedikit lebih besar dari Honda BeAT yakni 12 liter. Meski begitu sayangnya tidak bisa menyimpan helm. 

Ditunjang Ban Lebar

Terakhir dari kaki-kaki. Keduanya sama-sama mengadopsi sistem pengereman kombinasi cakram dan tromol. Suspensi depan dan belakang juga sama-sama teleskopik beserta lengan ayun dengan single shockbreaker. 

Yamaha Lexi juga ditunjang penggunaan ban tapak lebar.

Tapi yang bikin beda antara Honda BeAT dan Yamaha Lexi dari penggunaan ban. Honda memasangkan ban standar dengan profil 80/90 dengan 90/90 ring 14, sedangkan Yamaha mengandalkan ban yang profilnya lebih lebar yakni 90/90 dengan 100/90 yang juga menyelimuti pelek 14 inci. Benefitnya tentu kendali motor lebih stabil, bahkan saat menikung. 

Baca Juga: Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Lexi
Lihat