window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara!

Harry · 14 Jun, 2021 09:00

Pada tahun 2019 lalu di kawasan Senayan, Jakarta, PT Piaggio Indonesia (PID) merilis Vespa GTS Super Tech 300. Motor ini hadir sebagai pengganti Vespa GTS 300 yang telah ada sebelumnya.

Motor dengan kasta tertinggi dari keluarga Vespa ini tak hanya tampil baru, tapi juga lebih bertenaga dan canggih. Kami pun mengakui jika performa mesin serta kecanggihan teknologinya ini memang juara!

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 01

Vespa GTS Super Tech 300 dilepas Rp 154,2 juta.

Ya motor satu ini bisa dikatakan mendobrak kebiasaan, karena motor Vespa identik dengan performa yang smooth dan teknologi yang sederhana. Vespa GTS Super Tech 300 dibuat justru dengan status sebagai Vespa terkencang dan tercanggih yang pernah dibuat.

Baca juga : Modal Rp 150 Jutaan, Pilih Vespa GTS Super Tech 300 2021 Yang Bertenaga Atau Si Klasik Royal Alloy TG300S 2021?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi seberapa kencang dan canggih motor yang dilepas Rp 154,2 juta on the road Jakarta ini? Kami mengujinya untuk Anda dengan menggunakan Autofun Rating System yang menjadi ciri khas kami.

Mari ketahui hasil pengetesan selengkapnya.

Performa Vespa GTSS Super Tech 300 2021 : 54 / 70 Poin - Respon Mesinnya Istimewa

Pada model ini, mesin Quasar yang sebelumnya dipakai sudah ditinggalkan. Gantinya adalah mesin HPE (High Performance Engine), walau masih menggunakan basis yang sama dengan Quasar, seperti dikatakan pihak PID beberapa waktu lalu.

Hanya saja semua komponen di dalamnya berubah, mulai dari bentuk kepala piston yang dibuat untuk memaksimalkan aliran gas bakar, lalu diameter klep diperbesar hingga 3 mm, crankcase mesin pun berubah.

Baca juga : Royal Alloy TG 300S, Pesaing Vespa GTS Super Tech 300 Ini sudah Ludes Terjual!

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 01

Mesin dengan performa menyenangkan.

Tak ketinggalan fuel pump juga diganti dengan tekanan bahan bakar mencapai 3,5 bar dari sebelumnya hanya 2,5 bar. Lalu ukuran throttle body lebih besar, injektor dengan empat lubang serta ECU Magneti Marelli G4 yang mampu letikkan dua api busi dalam sekali siklus pembakaran.

Spesifikasi mesinnya sendiri 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan kubikasi 278,3 cc, berkat menggunakan piston 75 mm dan langkah piston 63 mm. Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 23,8 PS di 8.250 rpm dan torsi 26 Nm di 5.250 rpm.

Baca juga : Vespa GTS Super Tech 300 Bisa Dicicil Tanpa Bunga, Masih Ada Untungnya?

Karakter mesinnya sangat responsif, putar tuas gas dengan cepat mesin akan langsung sigap merespon. Meski pada saat awal, ada sedikit jeda sebelum akhirnya motor langsung melaju cepat.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 02

Kinerja mesin yang halus menambah kenyamanan.

Selama menggunakan motor ini untuk pengetesan, tak ada gejala CVT gredek. Semua kinerjanya sangat sempurna, meski ada sedikit selip ketika awal berakselerasi, tapi itu sangat minim terasa.

Dari pengukuran menggunakan Racebox, akselerasinya memang tergolong impresif. 0-60 km/jam hanya butuh waktu 3,84 detik saja dengan bobot rider 74 kg dan tinggi 172 cm.

Baca juga : Semakin Dekat ke Indonesia, Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Thailand

Kecepatan tertinggi yang bisa diraih diangka 129 km/jam, itu pun karena terbentur limiter mesin. Namun sejatinya, mesin masih bisa melaju lebih kencang lagi jika limiter mesin dihilangkan. Data selengkapnya bisa Anda lihat di tabel bawah ini.

Data Akselerasi Vespa GTS Super Tech 300 2021
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga 23,8 PS @ 8.250 rpm
Torsi 26 Nm @ 5.250 rpm
0-60 km/jam 3,84 detik
0-80 km/jam 6,45 detik
0-100 km/jam 10,91 detik
60-100 km/jam 7,08 detik
0-100 meter 6,94 detik
0-201 meter 10,86 detik
0-402 meter 17,59 detik
Top speed Spidometer 129 km/jam
Top speed Racebox 119 km/jam

Tak hanya soal mesin, performa keseluruhan dari motor ini juga memuaskan. Handling misalnya, dibuat lebih kaku dengan gerak setang terasa berat supaya lebih stabil kala melaju cepat.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 03

Data akselerasi diukur menggunakan Racebox.

Hanya saja yang menjadi catatan, kinerja remnya lebih terasa menggigit pada rem belakang ketimbang rem depan. Namun tak perlu khawatir roda terkunci, karena sudah dibekali teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System) pada kedua roda.

Detail Nilai Performa Berkendara
Mesin Akselerasi 8/10
Akselerasi Menengah 8/10
Respon Bukaan Gas 9/10
Transmisi Kehalusan Kinerja 4/5
Efisiensi 3/5
Putaran Menengah 1/2
Handling Keseimbangan 5/6
Kemudahan Manuver 4.5/7
Kinerja Suspensi 4/7
Rem Daya Pengereman 3,5/5
Feeling Pengereman 4/5
Total    54 / 70 poin

Kenyamanan Berkendara Vespa GTS Super Tech 300 2021 : 32 / 50 Poin - Sedikit Kurang Lincah

Motor ini masuk dalam kategori Vespa berbodi besar, ukurannya memang nampak lebih berisi ketimbang keluarga Vespa lainnya seperti Sprint atau Primavera. Bentuk bodinya membulat, padat dan lebar.

Harus diakui memang kala dipakai dikondisi jalan yang padat, agak sedikit kesulitan untuk bermanuver. Terlebih jika tinggi badan Anda kurang dari 170 cm, kaki yang harus jinjit akan memaksa Anda pasrah mengikuti arus lalu lintas dan sedikit rasa khawatir menyenggol kendaraan lain.

Baca juga : Nih 7 Warna Baru Vespa Rayakan 75 Tahun, Warna Birunya Vespa Sprint S 2021 Semakin Menggoda

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 04

Dimensi Vespa GTS Super Tech 300 besar dan berat.

Tapi dengan postur tester Autofun.co.id, Vespa GTS Super Tech 300 ini terasa nyaman. Posisi duduknya pas, dengan busa jok tebal dan lebar meski busanya tak bisa dikatakan empuk. Pijakan kaki cukup luas dan posisi setang yang rendah juga lebar, sangat nyaman dikendarai.

Kinerja suspensinya pun terbilang baik, terlebih pada suspensi belakang yang memiliki setelan preload. Hanya saja redaman untuk suspensi depan terasa kaku, tak sebaik suspensi belakang soal kenyamannya.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 05

Setang lebar memudahkan pengendalian.

O iya, diameter roda yang hanya 12 inci akan membuat guncangan sangat terasa. Untuk itu pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. Jika terlalu keras jadi tak nyaman, jika terlalu kempis, handling motor akan semakin berat dan boros BBM.

Kinerja mesin yang halus terutama saat dipakai cruising pada kecepatan 60-80 km/jam, sangat nyaman. Tak ada gejala getar mesin yang merembet hingga setang, sehingga untuk perjalanan lama pun akan menyenangkan.

Baca juga : Mewahnya Vespa Primavera 2021 dan GTS Super Tech 300 2021 Edisi 75 Tahun, Pakai Ban Serep Lagi?

Detail Nilai Kenyamanan Berkendara
Suspensi 7/15
Kenyamanan Jok 6/10
Ergonomi 11/15
Kehalusan Mesin 8/10
Total 32 / 50 Poin

Konsumsi Bahan Bakar Vespa GTS Super Tech 300 2021 : 22 / 30 Poin - Terbilang Irit

Mengingat kapasitas mesinnya yang tergolong besar, lalu cara berkendara yang cenderung agresif, kami cukup salut dengan efisiensi bahan bakar dari Vespa GTS Super Tech 300 ini.

Bagaimana tidak, angka rata-rata 25 km/liter bisa kami capai, dengan menggunakan bahan bakar oktan 92. Padahal itu sudah termasuk kami siksa kala mengambil data akselerasi, dimana motor kami geber hingga batas maksimal berulang kali.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 06

Selain performanya kuat, konsumsi bahan bakarnya terhitung hemat.

Kami pun sempat beberapa kali mematikan fitur ASR (Anti Slip Regulation) supaya penyaluran tenaga mesin menuju roda belakang lebih instan. Tak jarang sampai ada gejala selip, meski masih bisa dikendalikan. Melihat cara kami memperlakukannya, motor ini terbilang irit.

Detail Nilai Konsumsi Bahan Bakar
Konsumsi Bahan Bakar 14/20
Akurasi Indikator Fuel Meter 8/10
Total 22 / 30

Kualitas dan Fitur Vespa GTS Super Tech 300 2021 : 38,5 / 50 Poin - Produk Kelas Atas

Harga memang tak pernah bohong, hal ini juga berlaku untuk Vespa GTS Super Tech 300 yang kami uji saat ini. Harus dipahami dulu, jika Vespa merupakan motor yang dibangun menggunakan sasis monokok.

Ya bodi Vespa yang terbuat dari pelat alumunium, yang menyatu dengan rangkanya. Ini sudah jadi ciri khas dari pabrikan Italia tersebut sejak dulu hingga kini.

Baca juga : Vespa Picnic 2021 Segera Menyapa Indonesia, Teman Asyik Buat Jalan-Jalan

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 07

Kualitas bodi dan cat patut diacungi jempol.

Kualitas pengecatannya rapi, celah antar panelnya rapat. Kualitas barang impor memang bagus. Tombol-tombol di setang nampak berkualitas dan kokoh. Hanya saja stiker pada pelek mulai terkelupas, lemnya kurang kuat. Tapi tentu itu bukan masalah besar.

Perkara fitur, ini adalah Vespa yang paling canggih yang pernah dibuat. Apalagi kalau bukan karena kehadiran teknologi konektivitas dengan smartphone, yang bisa untuk petunjuk arah, mendengar musik, notifikasi pesan dan telepon masuk.

Bahkan bisa terhubung dengan interkom helm dan melakukan panggilan suara. Semuanya bisa Anda nikmati setelah sebelumnya mengunduh aplikasi Vespa pada smartphone.

Baca juga : Penjualan Vespa Sprint 150 2021 dan Vespa Primavera 2021 Laris, PID Buka Showroom Premium

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 08

Tampilan navigasi Vespa GTS Super Tech 300.

Semuanya itu ditampilkan lewat layar TFT yang bisa diubah tampilannya dan juga tingkat kecerahan layarnya. Belum lagi ragam menu yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan, seperti menu bahasa misalnya, siapa tahu Anda mahir bahasa Jerman, menu tersebut sudah tersedia.

Tak hanya itu, lampu depan dan belakang motor ini juga sudah LED. Terdapat pula lampu LED DRL yang menyatu dengan lampu sein depan. Sayang lampu sein masih pakai bohlam.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 09

Lampu depan dan belakang sudah pakai LED.

Pengereman pun sudah dibekali dengan ABS (Anti-lock Braking System) dengan kinerja yang sangat halus. Sudah pasti rem cakram mengawal pergerakan kedua rodanya.

Untuk membuat motor ini lebih jinak, telah dipasangkan teknologi ASR (Anti Slip Regulation) untuk mencegah roda belakang spin. Tugasnya memutus tenaga mesin jika terbaca pergerakan roda depan dan belakang tak sinkron.

Baca juga : Perhatikan:Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing pada Vespa Sprint Tanpa Setting Ulang ECU!

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 10

ASR akan membaca pergerakan kedua roda.

Maka jika ada salah satu roda yang kempis, jangan heran jika ASR ini terlalu sering aktif, bahkan kala berakselerasi halus. O iya, ASR ini juga bisa dimatikan dengan hanya menekan tombol yang ada di atas tombol starter.

Perkara akomodasi, telah tersedia bagasi di balik jok meski ukurannya besar namun agak ngepas untuk menyimpan sebuah helm. Kemudian bagasi depan, agak sempit, meski telah dibekali power outlet untuk mengisi baterai smartphone.

Baca juga : Berpenampilan Stylish, Vespa Sprint 2021 memang Skutik Favorit Anak Muda Masa Kini! 

Detail Nilai Kualitas & Fitur
Kualitas Keseluruhan Material 5/6
Kualitas Perakitan 4,5/6
Kualitas Cat 5/6
Fitur Fitur Keselamatan 8/12
Akomodasi 7/10
Informasi 9/10
Total   38,5 / 50 Poin

Harga Vespa GTS Super Tech 300 2021 : 34,5 / 50 - Harga Sesuai Kualitas

Sejauh ini belum ada perubahan yang dilakukan oleh Vespa untuk Vespa GTS Super Tech 300 2021. Model yang sama masih dijual sejak tahun 2019 lalu, termasuk perkara warna yang hanya tersedia opsi hitam (black vulcano) dan abu-abu (grey materia).

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 11

Harga jualnya tetap lebih murah dari Royal Alloy TG300S.

Saat ini Vespa GTS Super Tech 300 dilepas dengan harga Rp 154,2 juta. Harga yang tergolong tinggi untuk sebuah skuter, namun ternyata lebih murah dari pesaingnya yang baru saja hadir yakni Royal Alloy TG300S 2021 dengan harga jual Rp 159 juta on the road Jakarta.

Lalu bagaimana dengan biaya servis rutin dari Vespa satu ini? Ternyata untuk sekali servis rutin biayanya berkisar Rp 500 ribuan saja untuk penggantian oli mesin, filter oli, jasa servis dan pemeriksaan menyeluruh.

Baca juga : Vespa 946 Christian Dior Siap Diluncurkan padaTahun Depan untuk Puaskan Penggemar Fashion Dunia

Harga & Biaya
Harga Harga Unit 12/20
Garansi 8/10
Biaya Perawatan 7,5/10
Bahan Bakar 7/10
Total   34,5 / 50

Kesimpulan Vespa GTS Super Tech 300 2021 : 184 / 250 Poin

Jarang ada yang menawarkan motor dengan penampilan elegan dan mewah, tapi juga memiliki performa yang memuaskan. Hal inilah yang bisa Anda dapatkan kala mengendarai Vespa GTS Super Tech 300 2021.

Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara! 12

Vespa GTS Super Tech 300 untuk penyuka performa dan teknologi.

Kecanggihannya juga patut diacungi jempol, pasalnya fitur konektivitas dipadu perintah suara dan petunjuk navigasi, merupakan fitur kelas atas yang dimiliki oleh motor berharga ratusan juta.

Perkara rem yang lebih pakem pada rem belakang, masih bisa diakali dengan melakukan upgrade. Banyak bengkel spesialis Vespa yang bisa menawarkan jasa perbaikan kinerja remnya itu, jika dirasa kurang memuaskan untuk Anda.

Total Poin Keseluruhan
Performa 54/70
Kenyamanan Berkendara 32/50
Konsumsi Bahan Bakar 22/30
Kualitas & Fitur 38,5/50
Harga & Biaya 34,5/50
Total 184 / 250

Jadi jika Anda ingin mengendarai sebuah skuter yang kalem dan mewah, namun ternyata memiliki performa buas, Vespa GTS Super Tech 300 tak boleh dilewatkan begitu saja dari daftar.

Spesifikasi Vespa GTS Super Tech 300 2021
Dimensi
Panjang 1.950 mm
Lebar 755 mm
Sumbu Roda 1.375 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Berat Kering 148 kg
Kapasitas Tangki 8,5 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup
Kapasitas 278,3 cc
Diameter x Langkah 75 x 63 mm
Tipe Pendingin Cairan
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimum 23,8 PS @ 8.250 rpm
Torsi Maksimum 26 Nm @ 5.250 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe sasis Monokok
Suspensi Depan Tunggal, pegas helikal
Suspensi Belakang Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 120/70-12
Ban Belakang 130/70-12
Harga Rp 154,2 juta
*harga on the road Jakarta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });