window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ada Andil Orang Kebumen yang Turut Membuat Pecco Juara Dunia MotoGP 2022

Herdi · 7 Nov, 2022 18:30

Francesco Bagnaia sukses menyabet gelar juara musim

Francesco Bagnaia sukses menyabet gelar juara musim. (Crash)
  • Francesco Bagnaia sukses menyabet gelar juara dunia MotoGP 2022
  • Ada andil orang kebumen dibalik kemenangan Francesco 'Pecco' Bagnaia
  • Mugiono teknisi Helmet Racing Rervice di MotoGP

MotoGP 2022 telah berakhir. Francesco Bagnaia sukses menyabet gelar juara musim ini sekaligus memecahkan paceklik jawara bagi Ducati setelah 15 tahun menanti.

Namun tahukah Anda, dibalik kemenangan pebalap yang akrab disapa Pecco, terdapat peran penting orang Indonesia, yaitu Mugiono.

Baca juga: Alex Rins Menang di MotoGP Valencia, Perpisahan Manis Buat Suzuki

Mugiono harus selalu dekat para pembalap saat balapan akan dimulai.

Mugiono harus selalu dekat para pembalap saat balapan akan dimulai.

Ya, pria asal Kebumen tersebut memang bukan keluarga atau teknisi motor, melainkan helmet racing service atau teknisi khusus helm Suomy dan KYT yang digunakan para pembalap di ajang MotoGP, Moto2 dan Moto3.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Selesai sudah tugas saya di tahun ini 2022, Alhamdulillah berhasil menghantarkan 2 juara dunia MotoGP dan Moto2. Terima Kasih, semuanya karena Allah," ungkap Mugiono dalam akun Instagram pribadinya.

Ya, Mugiono cukup bangga, pasalnya, di ajang Moto2, Augusto Fernandez juga menjadi juaranya. Kebetulan dia juga memakai helm KYT.

Baca juga: Helm RSV Windtail Ryujin 'Reborn' di IMOS 2022

Selama beberapa tahun musim balapan MotoGP, Mugiono ikut andil, dan memastikan helm yang digunakan para pembalap khususnya mereka yang menggunakan brand KYT dan Suomy aman serta nyaman saat dibawa ngebut.

Tak heran selama event berlangsung, Mugiono kerap berpindah-pindah negara yang tentunya menyesuaikan jadwal dan lokasi balapan.

Perjalanan Helm KYT dan Suomy

Mugiono telah menjadi teknisi helm di ajang balapan bergengsi MotoGP, pasca KYT mengakuisisi helm asal Italia Suomy pada tahun 2014.

Bagnaia pecco di malaysia motogp

Francesco 'Pecco' Bagnaia saat melewati tikungan di Malaysia MotoGP 2022

Nah, perjalanan Suomy dan KYT sampai bisa bersatu ini ternyata ada ceritanya. Singkat kata, pada tahun 2014, sejumlah negara di Eropa termasuk Italia mengalami krisis.

Hingga akhirnya, KYT yang merupakan brand lokal dan salah satu manufaktur produksi helm terbesar di dunia hingga saat ini, mengakuisisi Suomy.

Selang dua tahun atau pada tahun 2016, KYT langsung turut ikut membuat helm untuk MotoGP yang kala itu digunakan untuk Andrea Iannone.

Mugiono dan pembalap MotoGP Enea Bastianini yang menggunakan helm KYT

Mugiono dan pembalap MotoGP Enea Bastianini yang menggunakan helm KYT

Saat ini ada beberapa pembalap yang menggunakan helm KYT dan Suomy, seperti pembalap Aprilia yaitu Aleix Espargaro, dan Gresini Racing Enea Bastianini menggunakan KYT, sedangkan Francesco Bagnaia menggunakan Suomy.

Untuk kelas Moto2, helm KYT digunakan selain Augusto Fernandez, ada juga Simone Corsi, Lorenzo Dalla Porta, dan Niccolo Antonelli. Adapun untuk kelas Moto3, helm KYT dipakai oleh Jaume Masia, Dennis Foggia, Riccardo Rossi, dan juga Mario Suryo Aji.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });